Claudia Jessica

Official Writer
1100


Kejadian 2:18 mengatakan, “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”

Tuhan menginginkan manusia untuk hidup berpasangan. Namun faktanya, pernikahan tidak sempurna dipraktikkan oleh manusia. Sekalipun Alkitab menjelaskan bahwa perceraian tidak diindahkah (Matius 19:6), tetapi perceraian kerap terjadi.

Bahkan tidak sedikit orang yang telah bercerai kemudian kembali menikah lagi dengan orang yang berbeda. Apakah orang Kristen boleh menikah lebih dari satu kali dengan orang yang berbeda?

Matius 19: 1-12 berbicara banyak hal tentang pernikahan. Dalam Matius 9:6 dikatakan “Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia”. Pada dasarnya, Tuhan tidak pernah menghendaki perceraian.

Namun, ada begitu banyak alasan dan ada begitu banyak kasus yang terjadi. Bagaimana jika pernikahan yang kita jalani membahayakan hidup kita, misalnya jika pasangan melakukan penganiayaan terhadap kita.

Apakah bercerai lantas diperbolehkan atas dasar perlindungan diri dari pasangan yang melakukan tindak kekerasan?

Menurut Ps. Raditya Oloan yang ditayangkan dari JC Channel, ada beberapa pernikahan yang tidak dipersatukan oleh Allah. Contohnya seperti pernikahan yang terjadi karena hamil di luar nikah dan kedua pihak tidak saling mencintai atau bahkan pernikahan yang dilakukan paska, “I don’t think ada berkat Tuhan di situ,” katanya.

Ps. Raditya juga memberikan contoh ketika dirinya menghadapi pasangan yang menginginkan perpisahan setelah beberapa hari menikah.

Menurut kesaksiannya, hubungan pasangan tersebut menjadi semakin hancur, dan ketika ditelusuri, pasangan yang diberkati oleh Ps. Raditya adalah perempuan yang ternyata sudah menikah dengan orang lain, dan tidak memiliki surat ‘belum pernah bercerai’.

“Jadi saya sedang memberkarti orang yang menipu saya dan mengatakan ‘saya nggak pernah menikah,’” ceritanya.

Kemudian Ps. Raditya melanjutkan “Tapi kalau kita tahu bahwa mereka menikah karena memang keputusan masing-masing, dan walaupun nggak sempurna, tapi memang mereka mendedikasikan diri untuk satu pernikahan yang kudus dan Tuhan memberkati, aku rasa nggak ada alasan apapun untuk bercerai apalagi untuk menikah lagi.”

Jika kamu bercerai, Ps. Radit mengatakan “Siaplah untuk menjadi single seumur hidup.”

Kemudian, Ps. Radit juga membagikan tips untuk menjaga hubungan pernikahan agar tidak bercerai.

Bawa Yesus masuk ke dalam pernikahan kita. Tidak hanya pada saat pemberkatan pernikahan saja tetapi juga sepanjang pernikahan kita berjalan.

Hukum tertinggi Tuhan adalah kasih. Kasih selalu percaya dan mengampuni. Tuhan memberikan gambaran tentang Hosea yang menikahi Gomer.

Gomer adalah pelacur yang dinikahi oleh Hosea. Mereka memiliki tiga orang anak tetapi Gomer kembali melacur dan menjual dirinya. Tetapi Tuhan mengatakan pada Hosea “Hei Hosea, nikahkan kembali istrimu. Karena begitulah kasihKu terhadap umatKu.”

Kasih Allah begitu besar sehingga mampu memberikkan pengampunan meskipun kita telah dikhianati berkali-kali. “Jika kita tidak mau cerai lagi, pastiin kita menikah nggak berdua, tapi bertiga sama Yesus sebagai pengikat.”

Sumber : JC Channel


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Kanan Agustus


7231

advertise with us