Bangun Kerja Sama Selama Pandemi, Menag Apresiasi Kerja Keras Majelis Agama dan FKUB

Bangun Kerja Sama Selama Pandemi, Menag Apresiasi Kerja Keras Majelis Agama dan FKUB

Lori Official Writer
631

Sudah hampir tiga bulan, Indonesia berjuang menghadapi pandemic Covid-19. Sepanjang masa ini, pemerintah pun bekerja untuk menangani pencegahan penyebaran virus.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan berkoordinasi dengan berbagai lembaga, diantaranya lembaga keagamaan di Indonesia.

Kerja sama inipun dirasakan amat bermanfaat sepanjang menghadapi pandemi. Karena itulah Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyampaikan apresiasinya kepada seluruh majelis agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ikut mendukung pemerintah untuk menciptakan kerukunan antarumat beragama.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada majelis agama dan FKUB yang selama ini telah membantu pemerintah dalam membangun kerukunan umat beragama, terutama kita merasakan di masa pandemi Covid-19," kata Fachrul saat menyampaikan materi di acara Webinar  oleh Pusat Studi Agama dan Demokrasi Yayasan Wakaf Paramadina (PUSAD Paramadina) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) pada Senin (15/6).


Baca Juga: Menag Sebut Gak Ada Alasan Bupati Minahasa Tolak Ijin Musala yang Dirusak Warga


Dia mengaku, salah satu hikmah yang didapatkan lewat masa pandemi ini adalah munculnya peradaban baru, yang belum pernah ada di tengah masyarakat.

Dia juga meyakini kalau majelis agama dan FKUB tetap mengambil perannya supaya untuk terus memupuk kepedulian antarumat beragama.

“Saya yakin, majelis agama dan FKUB sangat berperan untuk membentuk peradaban baru ini,” ucapnya.

Dia juga menyampaikan bahwa peradaban baru ini juga bisa dilihat dengan munculnya cara beribadah baru yang dilakukan umat beragama, dimana tata caranya sendiri telah dirumuskan dalam panduan khusus yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Kami mengeluarkan surat edaran yang berlaku bagi semua agama sebagai (panduan) induknya, dan hal-hal teknis dilakukan masing-masing agama melalui majelis agama. Di sini lah peran majelis agama dan FKUB untuk membentuk peradaban baru,” ujar Menag.

Dia juga berpesan supaya majelis agama, FKUB dan jajaran pemerintah terus bekerja sama guna menciptakan kehidupan beragama yang semakin baik dan terhindar dari berbagai gesekan.

“KUA dan penyuluh agama kami tekankan agar bersama-sama dengan elemen terkait lainnya untuk menangkal dan mencegah gesekan antarumat beragama. Bila terlanjur sudah ada, maka harus mencari penyelesaiannya dengan bijak dan baik bersama elemen masyarakat,” jelasnya.

Ada banyak pekerjaan yang harus dikerjakan oleh pemerintah. Pekerjaan ini tentunya akan bisa diselesaikan dengan baik jika seluruh elemen masyarakat juga ikut bekerja sama di dalamnya. 

Sumber : Okezone.com | Jawaban.com

Ikuti Kami