15 Ayat Alkitab yang Ajarkan Kita Soal Cara Berinvestasi yang Tepat

15 Ayat Alkitab yang Ajarkan Kita Soal Cara Berinvestasi yang Tepat

Lori Official Writer
1040

Investasi sudah jadi kata yang lazim buat kita. Salah satu bayangan tentang investasi adalah menaruh atau menanam sejumlah uang ke sebuah akun untuk ditabung atau dikelola demi tujuan mendapatkan untung atau laba.

Tapi definisi berinvestasi ternyata bahkan jauh lebih luas dari itu kalau kita mempelajarinya dari Alkitab. Di dalam Alkitab, kata investasi selalu berkaitan dengan sistem Kerajaan Allah. Kalau orang dunia mengaitkannya hanya untuk mencari laba atau menggandakan uang atau kekayaan, maka investasi menurut Alkitab harus selalu bertujuan untuk Kerajaan Allah.

Apa artinya? Berinvestasi untuk Kerajaan Allah berarti kita sebagai pengelola yang dipercayakan Allah bisa mempergunakan uang kita dengan murah hati, gak hanya selalu dilakukan dengan uang tapi juga dengan tindakan.

Jadi, bermurah hati dengan uang yang kita punya bisa juga berarti kita mendukung gereja lokal dan membantu setiap kebutuhan mereka serta menolong orang lain.

Kalau dipikir-pikir berinvestasi dalam pengertian dunia dengan pengertian Alkitab sama sekali berbeda. Bukannya kita melipatgandakan kekayaan seperti yang dilakukan orang dunia lewat menanam sejumlah uang, tapi kita malah harus mengeluarkan uang sebagai investasi bagi kerajaan Allah. Investasi di sini bukan tentang mengumpulkan kekayaan demi keuntungan finansial. Tapi kita dipanggil untuk menjadi penatalayan yang baik dari sumber daya yang kita kumpulkan dan menginvestasikan uang kita untuk kebutuhan kita dan untuk sesuatu yang bersifat kekal.

Ada 15 ayat Alkitab yang bisa mengajarkan kita tentang berinvestasi yang tepat yaitu:

1. Amsal 3: 9-10

Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

2. Amsal 6: 6-8

Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.

3. Amsal 13: 11

Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya.

4. Amsal 21: 20

Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya.

5. Amsal 21: 5

Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.

6. Amsal 28: 20

Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman.

7. Amsal 30: 24-25

Ada empat binatang yang terkecil di bumi, tetapi yang sangat cekatan: semut, bangsa yang tidak kuat, tetapi yang menyediakan makanannya di musim panas...

8. Kejadian 41: 34-36

Baiklah juga tuanku Firaun berbuat begini, yakni menempatkan penilik-penilik atas negeri ini dan dalam ketujuh tahun kelimpahan itu memungut seperlima dari hasil tanah Mesir. Mereka harus mengumpulkan segala bahan makanan dalam tahun-tahun baik yang akan datang ini dan, di bawah kuasa tuanku Firaun, menimbun gandum di kota-kota sebagai bahan makanan, serta menyimpannya.Demikianlah segala bahan makanan itu menjadi persediaan untuk negeri ini dalam ketujuh tahun kelaparan yang akan terjadi di tanah Mesir, supaya negeri ini jangan binasa karena kelaparan itu.

9. Pengkhotbah 11: 2

Berikanlah bahagian kepada tujuh, bahkan kepada delapan orang, karena engkau tidak tahu malapetaka apa yang akan terjadi di atas bumi.

10. Pengkhotbah 11: 6

Taburkanlah benihmu pagi-pagi hari, dan janganlah memberi istirahat kepada tanganmu pada petang hari, karena engkau tidak mengetahui apakah ini atau itu yang akan berhasil, atau kedua-duanya sama baik.

11. 1 Korintus 16: 2

Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing--sesuai dengan apa yang kamu peroleh--menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan, kalau aku datang.

12. Matius 25: 14-15

Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.

13. Kolose 3: 17

Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

14. 1 Timotius 6: 17-19

Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati. Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya.

15. Maleakhi 3: 10

Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.


Apakah kamu siap berinvestasi? Yuk belajar lebih banyak bagaimana cara berinvestasi yang tepat lewat acara Solusi Talks ‘Mengatasi Utang & Menemukan Penghasilan Tambahan di Masa Pandemi’. Untuk bergabung bisa langsung daftar melalui link DI SINI.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami