8 Alasan Kenapa Kita Perlu Tergabung Dalam Komunitas Orang Percaya (1/2)

8 Alasan Kenapa Kita Perlu Tergabung Dalam Komunitas Orang Percaya (1/2)

Claudia Jessica Official Writer
744

Komunitas orang percaya memiliki peran yang penting dalam kekristenan, setiap gereja mungkin memiliki sebutannya masing-masing. Seperti tubuh yang terbentuk dari sel, begitu pula tubuh Kristus.

Dengan bergabung dalam komunitas juga kamu memiliki hubungan yang sedikit lebih istimewa karena kalian dapat lebih mengenal dengan anggota tubuh Kristus lainnya secara lebih erat.

Komunitas atau yang sering disebut juga kelompok sel bukan hanya mempersiapkan orang Kristen agar hidup dalam anugerah Allah, tetapi juga menolong orang Kristen agar dapat bertahan terus di masa-masa sulit sebab tidak bergantung pada gedung tertentu.

1. Yesus Sendiri Membutuhkan Kelompok Sel

Alkitab mengatakan bahwa tidak baik sendirian. Bahkan Yesus memiliki dua belas teman (murid-Nya) dan tiga orang teman akrab.

Sebelum pergi ke Yerusalem, Yesus pergi menemui teman baiknya, Maria, Marta dan Lazarus karena Ia tahu bahwa Dia akan disalibkan.

Kemudian pada malam sebelum penyaliban, Yesus meminta kepada murid-muridNya berdoa untukNya meskipun Ia mendapati mereka tertidur.

2. Yesus Memilih Dua Belas Murid dan Membagi Mereka menjadi Tiga Kelompok Kecil

Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan membagi mereka ke dalam kelompok kecil untuk mengusir roh-roh jahat dan melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya

Kedua, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus

Ketiga, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia

Terkadang, mungkin lebih mudah bagi orang untuk pergi ke sebuah kebaktian yang besar. Namun ada juga, bagi sebagian orang lebih mudah untuk pergi ke kebaktian dalam kelompok kecil.

3. Yesus Menggunakan Kelompok-Kelompok Kecil Sebagai Modelnya untuk Pelayanan

Yesus memilih beberapa metode untuk pelayanannya meskipun Dia bisa melakukan segalanya.

Dia bisa saja mengutus satu orang yang telah dilatih dengan cukup baik atau Dia bisa berkonsentrasi dan memusatkan pengajaran pada kedua belas muridNya.

Bahkan Dia juga bisa melipatgandakan pelayanan dan muridNya. Dia bisa menggunakan metode manapun.

Tapi kenyataannya adalah bahwa Yesus memilih kelompok kecil jangka panjang, yang dekat, sebagai strategi utama-Nya untuk komunitas dan pelayanan pribadi.

4. Yesus Menempatkan Prioritas Tertinggi pada Kelompok Kecil-Nya

Yesus harus menyelamatkan seluruh dunia. Tapi dia menjadikan dua belas murid-Nya sebagai yang utama. Kita tahu bahwa kedua belas murid-Nya akan menjadi perantara menyelesaikan pekerjaanNya untuk menyelamat seluruh dunia.

Matius 13: 10-11 "Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?" Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak."

Yohanes 17: 6, 26 "Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka."

Inilah empat alasan mengapa kita membutuhkan kelompok sel. Simak empat alasan lainnya pada artikel selanjutnya.

Sumber : crosswalk.com

Ikuti Kami