Jangan Anggap Sepele, Ini Manfaat Anak Mulai Ikut Komsel Gereja Sejak Kecil!

Jangan Anggap Sepele, Ini Manfaat Anak Mulai Ikut Komsel Gereja Sejak Kecil!

Lori Official Writer
1489

Mungkin banyak orangtua berpikir hanya ikut sekolah minggu sudah cukup buat anak-anak mereka.

Padahal, hanya mendengar pendalaman Alkitab di gereja setiap minggunya gak cukup loh! Kalau memang gereja punya komunitas kelompok kecil (komsel), kenapa gak anak juga ikut bergabung di sana?

Para orangtua mungkin bertanya, ‘Buat apa?’

Lewat komsel, anak-anak bisa belajar lewat berbagai cara dan melalui berbagai sumber. Entah orang lain maupun fasilitas yang tersedia. Mereka akan terus menerus dipengaruhi banyak hal saat orangtua mulai mengajarkan mereka tentang kebenaran, doktrin dan pelajaran kehidupan yang praktis. Hal-hal ini bisa dipelajari anak lewat komsel.

Selain itu, komsel memastikan anak berada dalam lingkaran pertemanan yang benar. Di dalam komunitas inilah anak akan belajar beberapa hal seperti:

1. Anak akan lebih mudah belajar soal firman Tuhan saat bersama-sama dengan teman seusianya

Perlu diketahui, komsel anak ini lebih kepada Bible Studi. Jadi, di sinilah mereka mulai diajari tentang cerita-cerita dan kebenaran Alkitab. Dengan pemahaman itu, anak bisa menjadikannya sebagai batu loncatan untuk memperdalam imannya.

2. Komsel memungkinkan anak untuk membangun kepercayaan diri anak

Diskusi terbuka akan memacu anak untuk mengeksplorasi dirinya. Seperti lebih berani bertanya soal apa yang dia tak mengerti. Atau anak juga akan lebih berani menyampaikan perasaannya sehingga setiap masalah yang dialami anak bisa terselesaikan dengan baik.

Para pemimpin komsel anak pun tentunya harus mampu membangun anak dan membuatnya bertumbuh menjadi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari, baik lewat caranya bertutur sapa, bertindak, berinteraksi dengan orangtua di rumah maupun di luar rumah.

Baca Juga:

Ayah dan Ibu Pindah Agama, Apakah Anak Harus Ikutan?

Parents, Ini Manfaat Ceritakan Kesaksian Imanmu ke Anak-anakmu…

3. Komsel mampu membuat anak lebih memiliki hubungan yang akrab dengan orang-orang yang dewasa secara rohani

Salah satu manfaat komsel bagi anak adalah membangun ikatan yang kuat dengan anak-anak lainnya. Terutama para pemimpin rohani yang sudah menginvestasikan iman mereka untuk anak. Pemimpin rohani bisa jadi role model yang bisa dicontoh oleh anak. Sehingga menuntun mereka untuk tumbuh menjadi seperti pemimpin mereka.

Apakah orangtua merasa komsel tidak punya manfaat apa-apa bagi anak? Faktanya, lebih dari setengah dari anak muda Kristen meninggalkan gereja setelah beranjak remaja dan dewasa. Kenapa? Karena mereka gak mendapat pengajaran yang benar dan bahkan teladan yang baik dari rumah maupun gereja.

Dengan melibatkan anak ke dalam komsel sejak kecil, dia akan jauh lebih dewasa dalam rohani. Seiring dia bertumbuh dia akan semakin terhubung dengan banyak orang yang mencintai Tuhan dan membuatnya menjadi lebih kuat.

Dan kualitas komsel di gereja juga sangat menentukan kualitas pertumbuhan anak. Komsel yang dijalankan dengan benar akan membantu anak-anak berkembang menjadi pengikut Yesus yang setia. A

Apakah orangtua tak ingin menyaksikan pertumbuhan iman anak-anakmu terus meningkat seiring mereka beranjak dewasa? Tentunya semua orangtua bersyukur kepada gereja yang menyediakan komsel anak.

Sumber : Churchleaders.com | Jawaban.com

Ikuti Kami