Lori

Official Writer
608


Kita tahu kalau Tuhan berkuasa atas segala sesuatu. Karena itu Dia bisa berkomunikasi dengan kita lewat apapun. Bisa secara audible lewat suara, lewat mimpi maupun lewat orang lain. Biasanya sih, Tuhan akan berkomunikasi ke kita waktu ada sesuatu atau pesan penting yang mau Dia sampaikan.

Sebagai orang Kristen, kita harus tahu kalau cara komunikasi Tuhan itu gak bisa dibatasin hanya lewat satu media saja.

Tapi kita juga harus tahu, walaupun Tuhan bisa bicara lewat mimpi. Bukan berarti semua mimpi yang kita alami itu berasal dari Tuhan juga. Karena itulah kita butuh penafsir mimpi sama kayak beberapa tokoh Alkitab yang punya karunia menafsirkan mimpi. Contohnya Yusuf yang bisa mengartikan mimpi juru minuman raja dan juru roti raja. Dia juga yang mengartikan mimpi dari Raja Firaun.

"Berkatalah Firaun kepada Yusuf: "Aku telah bermimpi, dan seorangpun tidak ada yang dapat mengartikannya, tetapi telah kudengar tentang engkau: hanya dengan mendengar mimpi saja engkau dapat mengartikannya."...Lalu kata Yusuf kepada Firaun: "Kedua mimpi tuanku Firaun itu sama. Allah telah memberitahukan kepada tuanku Firaun apa yang hendak dilakukan-Nya." (Kejadian 41: 15 & 25)

Kemampuan yang sama juga dimiliki oleh Daniel, dimana dia waktu itu mengartikan mimpi Raja Beltsazar dan Nebukadnezar. Dia sendiri bahkan pernah bermimpi soal akhir zaman yang pada waktu itu dia sendiri belum paham betul apa maksudnya. Tapi kemudian Tuhan menuntun Daniel untuk memahami apa yang direncanakan Tuhan atas dunia.

“Bertanyalah raja kepada Daniel yang namanya Beltsazar: "Sanggupkah engkau memberitahukan kepadaku mimpi yang telah kulihat itu dengan maknanya juga?"Daniel menjawab, katanya kepada raja: "Rahasia, yang ditanyakan tuanku raja, tidaklah dapat diberitahukan kepada raja oleh orang bijaksana, ahli jampi, orang berilmu atau ahli nujum.Tetapi di sorga ada Allah yang menyingkapkan rahasia-rahasia; Ia telah memberitahukan kepada tuanku raja Nebukadnezar apa yang akan terjadi pada hari-hari yang akan datang. Mimpi dan penglihatan-penglihatan yang tuanku lihat di tempat tidur ialah ini...” (Daniel 2: 26-28)

Tapi kita perlu hati-hati. Karena gak semua mimpi juga bisa diartikan sebagai pesan dari Tuhan. Kadang kita juga bisa mendapat mimpi yang ternyata bukan dari Tuhan. Nah, gimana cara membedakan mimpi yang dari Tuhan dan yang bukan dari Tuhan?


Baca Juga:

#KataAlkitab – Apakah Boleh Bohong Demi Kebaikan? - FEZZ MONTEZUMA

#KataAlkitab : Masa Isolasi Kok Malah Nonton Film Terlarang


Caranya gampang. Kita hanya perlu memeriksanya berdasarkan firman Tuhan. Jadi, setiap kali mimpi kita perlu memeriksanya lewat firman Tuhan. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan setelah kita mendapat satu mimpi yang kita gak pahami, diantaranya:

1. Tulis mimpi dengan detail. Lalu apa perasaan yang kamu dapatkan waktu dalam mimpi, entah itu rasa takut, dikejar-kejar, diserang, marah, sedih dan sebagainya.

2. Ambil waktu untuk berdoa dan minta tuntunan Roh Kudus. Mintalah apakah ada ayat Alkitab yang bisa menafsirkan mimpi yang kamu alami?

3. Mintalah petunjuk dari pembina rohani di gereja, yang pastinya dikenal punya karunia untuk memahami mimpi. Sembari meminta supaya Roh Kudus untuk memberikan hikmat ke dia untuk memahaminya sesuai dengan apa yang disampaikan Roh Kudus.

4. Kita juga bisa meniru apa yang dilakukan oleh Daniel. Waktu mendapatkan mimpi yang sama sekali gak dia pahami, dia memilih untuk menyimpannya dalam hati, menguji dan mendoakannya sampai pada waktu yang tepat Tuhan menggenapinya.

Sebagai orang Kristen, kita harus tahu bagaimana cara menyikapi mimpi yang kita dapatkan. Intinya adalah kita harus selalu terpaut sama firman Tuhan. Jangan pernah memilih untuk menguji atau memahami mimpi dengan cara-cara yang dilakukan dunia, seperti yang dilakukan orang Jawa yang biasanya mengaitkan mimpi dengan Primbon atau yang lainnya yang memilih menafsirkan mimpi lewat orang pintar atau dukun. Apalagi kalau itu diikuti sama beberapa ritual-ritual yang gak wajar.

Jangan pernah terjebak sama cara-cara penafsiran mimpi yang dilakukan oleh orang dunia. Apalagi kalau ternyata mimpi itu justru berasal dari si jahat yang berusaha menakut-nakuti kita. Ingatlah bahwa Tuhan memberikan kita mimpi untuk menyampaikan sesuatu yang penting. Karena itu Dia mau kita menemukan jawaban dari arti mimpi itu dari firman-Nya dengan bantuan tuntunan Roh Kudus. 

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2