Rayakan Peringatan 70 Tahun PGI, Gereja Diajak Saling Tolong Menolong di Masa Sulit Ini

Rayakan Peringatan 70 Tahun PGI, Gereja Diajak Saling Tolong Menolong di Masa Sulit Ini

Puji Astuti Official Writer
524

Tepat pada 25 Mei ini, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia merayakan 70 tahun berdirinya lembaga ini. Masa peringatan ini menjadi bulan oikoumene dengan tema, "Satu Tubuh Satu Beban: Jadilah Sahabat di Masa Susah dan Senang," dengan mengacu kepada apa yang tertulis dalam Galatia 6:2: 

"Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus."

Melalui surat resmi yang dirilis pada 5 Mei 2020 lalu, yang ditandatangani oleh Ketua PGI Pdt. Gomar Gultom dan Sekretaris PGI Pdt. Jacklevyn F. Manuputty, Majelis Pekerja Harian PGI menyatakan bahwa "Ulang Tahun PGI ke-70 saat ini berlansung dalam sebuah tahun yang sangat istimewa." Mereka memandang bahwa sejak awal tahun ini, bahkan akhir tahun lalu, kasih Allah pada dunia diteriakkan begitu lantang, justru di tengah penderitaan yang menguat akibat pandemic COVID-19.

Kasih Allah yang teriakkan dengan lantang tersebut menurut PGI bisa disaksikan melalui apa yang dilakukan para pekerja medis yang berada di garda terdepan demi merawat dan memperjuangkan kehidupan pasien yang terinfeksi  COVID-19 dan juga demi masyarakat luas. 

Baca juga :

Ini Alasan PGI Minta Gereja Kosong Jadi Tempat Isolasi Pasien Corona

Haruskah Merayakan Paskah di Tengah Wabah Corona? Ini Kata PGI

Selain mereka yang berjuang sebagai petugas medis dan relawan, PGI juga melihat bahwa masyarakat yang tinggal di rumah juga telah berusaha keras untuk menampilkan wajah Kristus yang penuh kasih, walau ada sebagian orang yang harus keluar rumah untuk menjalankan tugasnya. 

Untuk itu, PGI menjadikan Galatia 6:2 menjadi sebuah nasihat yang harus dihidupi dalam mewujudkan "hukum Kristus" dengan cara saling bertolong-tolongan menanggung beban. Karena di masa pandemi ini, tidak seorangpun yang bebas dari beban. 

Berbeda dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya, perayaan ulang tahun PGI kali ini lakukan secara online melalui siaran ibadah online di Channel YouTube Yakoma PGI pada Senin (25/5/2020) pada pukul 17.30 WIB. 

PGI sendiri lahir pada 25 Mei 2950 di Jakarta sebagai perwujudan dari kerinduan umat Kristen di Indonesia untuk mempersatukan kembali Gereja sebagai Tubuh Kristus, hal ini dinyatakan dalam tujuan pembentukannya yaitu, "Mewujudkan Gereja Kristen Yang Esa di Indonesia." Saat pembentukan Namanya adalah Dewan Gereja-gereja di Indonesia (DGI) atau Council of Churches in Indonesia. 

#LOVEINACTION : Yuk bantu sesama yang terdampak COVID-19 dengan pemberian sembako, donasi KLIK DISINI

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami