#LoveInAction : Terbukti Secara Ilmiah, Ini 4 Dampak Kalau Kamu Berbuat Baik Kepada Sesama

#LoveInAction : Terbukti Secara Ilmiah, Ini 4 Dampak Kalau Kamu Berbuat Baik Kepada Sesama

Puji Astuti Official Writer
799

Sebagai orang Kristen kita diajarkan untuk mengasihi sesama, hal itu kita lakukan sebagai ungkapan syukur kita kepada Tuhan Yesus Kristus karena kita terlebih dahulu dikasihi oleh Allah. 

Sebagai orang yang telah ditebus oleh Kristus di kayu salib dan menerima kehidupan baru, Alkitab mengingatkan kita untuk tidak jemu-jemu berbuat baik, seperti yang dituliskan dalam Galatia 6:9-10 ini, "Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman."

Selain itu penulis kitab Ibrani mengajarkan bahwa selain mempersembahkan korban syukur dan ucapan yang memuliakan Allah, Tuhan mau agar kita tidak lupa berbuat baik dan memberi bantuan, karena itulah korban-korban yang berkenan kepada Tuhan. 

Sebab itu marilah kita, oleh Dia, senantiasa mempersembahkan korban syukur kepada Allah, yaitu ucapan bibir yang memuliakan nama-Nya. Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah. (Ibrani 13:15-16).

Baca juga : 

Berbuat Baik

Studi: Orang yang Suka Berbuat Baik Cenderung Bahagia Dalam Asmara

Yesus sendiri memberikan teladan bagaimana selama pelayanannya ia peduli dan menolong orang-orang yang sakit. Dia mencelikan mata yang buta, menyembuhkan yang sakit kusta, membebaskan orang yang dirasuk setan, dan banyak hal lainnya. Ia menunjukkan kepedulian pada sesama, tanpa melihat latar belakangnya. 

Bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah melakukan hal tersebut?

Tahukah kamu bahwa berbuat baik kepada sesama bukan hanya berdampak pada orang yang kita tolong, namun juga berdampak positif bagi kita yang melakukannya? Ya, hal ini bukan hanya Alkitabiah tetapi telah terbukti secara ilmiah loh.

1. Berbuat baik bisa meningkatkan kondisi kesehatan dan memperpanjang umur

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Univesitaas California Berkley menyatakan bahwa orang berusia lanjut yang bersedia menjadi sukarelawan untuk dua atau lebih organisasi 44% lebih Panjang umur sekitar 5 tahun dari pada yang tidak. 

Selain itu ada penelitian juga yang menyatakan bahwa menolong sesama dapat menurunkan tingkat tekanan darah serta berdampak positif secara mental. 

Jadi, saat kita mempraktekan kasih, belas kasihan kepada sesama dan kemurahan hati, kita tidak hanya sedang mempraktekan firman Tuhan dan menolong sesama, tapi sebenarnya kita juga berbuat baik kepada diri sendiri. 

2. Mereka yang suka memberi dengan murah hati lebih berbahagia

Penelitian yang dilakukan Univeristas Bristish Columbia dan Harvard Business School pada tahun 2008 menyatakan bahwa mereka yang suka menggunakan uangnya untuk memberi hadiah kepada orang lain atau menyumbang untuk amal merasa lebih berbahagia. 

Hal ini sejalan dengan yang dituliskan dalam Kisah Para Rasul 20:35, “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.”

3. Menolong orang lain akan menimbulkan rasa syukur dalam hati kita

Ternyata baik orang yang menerima kebaikan dan yang melakukan kebaikan, sama-sama mengalami sebuah perasaan penuh syukur. Selain itu mereka yang sering berbuat baik, menurut penelitian juga akan merasa lebih optimis dan merasa lebih baik dengan kehidupan mereka. 

4. Berbuat baik bersifat menular, dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama

Berdasarkan penelitian oleh James Fowler dari Universitas San Diego dan Nicholas Christakis dari Universitas Harvard, orang-orang yang suka memberi kepada sesama menginspiriasi orang lain untuk melakukan hal serupa, hal itu akhirnya melipatgandakan dampak dari pemberian mereka.

Nah, setelah membaca pemaparan fakta-fakta tentang berbuat baik kepada sesama tadi apakah kamu juga mau mengalami hal serupa. Yuk kita lakukan dengan langkah kecil seperti ikutan gerakan #LoveInAction dengan memberikan sumbangan untuk mereka yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok  karena wabah corona virus ini. 

Dengan sumbanganmu, mereka akan menerima paket sembako yang akan meringankan beban kehidupan mereka. Untuk lebih lengkap, kamu bisa kunjungi link berikut ini: https://www.jawaban.com/loveinaction


Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami