Studi: Orang yang Suka Berbuat Baik Cenderung Bahagia Dalam Asmara

Studi: Orang yang Suka Berbuat Baik Cenderung Bahagia Dalam Asmara

Lori Official Writer
3818

Sebuah survei mengungkapkan bahwa orang-orang yang suka melakukan kebaikan kepada orang lain pada umumnya akan cenderung memiliki hubungan asmara yang bahagia dan menyenangkan.

Hal ini diungkap dalam hasil survei yang dilakukan di Universitas Nipissing, Ontario, Kanada. Studi ini menyatakan bahwa kepedulian kepada orang lain (altruisme) berkaitan dengan peningkatan kebahagiaan diri sendiri. Pria dan wanita yang gemar mendonasikan uang dan waktunya untuk membantu sesama ternyata menyumbang dampak positif bagi hubungan romansa mereka. Tak pelak, mereka bahkan terbukti jauh lebih mudah mendapatkan pasangan hidup.

Studi ini melibatkan 800 responden berusia rata-rata 20 tahun. Mereka diwawancarai dengan mengajukan pertanyaan tentang kebaikan yang pernah mereka lakukan; mulai dari membantu orang lain menyalakan mesin mobil sampai membantu mengerjakan pekerjaan rumah. Lalu para responden ini diminta mengevaluasi ketertarikan mereka terhadap tindakan itu. Kemudian mereka kembali diuji dengan menanyakan apakah mereka bersedia menyumbangkan bayaran dalam keikutsertaan dalam survei ini untuk sumbangan. Hal itu dilakukan untuk menemukan orang-orang yang benar-benar altruistik sejati.

Setelah menyelesaikan survei, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang berbuat baik secara tulus mengalami peningkatan yang baik dalam hubungan asmara bahkan pernikahan mereka.

Kebaikan yang dilakukan para altruisme ini tidak hanya berkisar menyumbangkan uang untuk amal, tetapi sebagian lainnya juga melakukan tindakan yang menantang. Seperti menolong anak kecil yang terjebak di sungai, atau bahkan membelikan kopi kepada tuna wisma.

Sementara survei serupa yang dilakukan oleh para peneliti dari Pusat Penelitian Opini Nasional di Universitas Chicago mengungkap bahwa agama turut berperan aktif dalam menumbuhkan rasa kepedulian dan kebaikan yang ada pada diri seseorang. Secara khusus, orang-orang yang mengatakan mereka berdoa setiap hari lebih mungkin melakukan tindakan altruism daripada mereka yang tidak pernah berdoa.

“Kami menemukan bahwa, seseorang yang ikhlas atau altruistik lebih memiliki hubungan asmara yang baik ketimbang mereka yang berpenampilan menarik,” ujar Daniel Farrelly seorang pengajar di Institute of Health and Society, Universitas Worcester.

Hasil studi ini menyimpulkan bahwa orang-orang suka menolong dan peduli kepada orang lain jauh lebih menarik bagi lawan jenisnya. Sehingga mereka lebih mudah mendapatkan kesempatan mendapatkan pasangan dan yang juga mau berkomitmen. 

Sumber : Berbagai Sumber

Ikuti Kami