Claudia Jessica

Official Writer
708


Banyak perceraian terjadi, dan banyak pula alasan dibaliknya. Jika kamu merasa hubunganmu sudah mulai tidak sehat, kamu harus segera menyadarinya dan memperbaikinya.

Jangan tunggu masalah yang kamu alami saat ini semakin besar. Segera perbaiki hubunganmu yang mulai toxic dengan cara ini.

1. Belajar Berkelahi

Eits, jangan salah paham. Berkelah bukanlah hal yang baik. Itu adalah hal buruk, bahkan menyakitkan. Alih-alih berkehelasi dan saling menyerang dengan tuduhan, kesalahan, kata-kata yang menyakitkan membanting pintu dan sikap dengki memenuhi setiap pertengkaran yang tidak membawa solusi dan mambuat luka berlipat ganda, berikanlah Tuhan kesempatan untuk mengubahmu.

Perubahan harus dimulai dengan pikiran karena pikiran yang menentuk kata-kata dan tindakan kita. Dan kata-kata lah yang memberi hidup bagi hubungan atau mungkin juga kematian.

Efesus 4:29 “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.”

Doa: Tuhan, Terima kasih telah mengajari kami untuk menjaga mulut kami, karena memberi kami kebijaksanaan untuk mengucapkan kata-kata kehidupan dan dorongan semangat. Jadilah kekuatan kami untuk mengatakan kebenaran dan mengucapkan kata-kata yang meneguhkan.

2. Belajar Mendengarkan

"Dia tidak mau mendengarkan," adalah keluhan paling umum dari para istri di seluruh dunia.

Pada dasarnya, ada begitu banyak gangguan untuk kita dapat mendengarkan secara efektif seperti adanya media sosial, dan gangguan lainnya yang sulit dihindari.

Yakobus 1: 19-20 “Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.”

Cepat mendengar dan lambat bicara sulit dilakukan karena seringkali kita menyiapkan jawaban sebelum pasangan kita menyelesaikan pernyataan mereka. Namun jika kita memiliki belas kisah yang tulus, tentu kita ingin dan perlu tahu apa yang dialami pasangan dan meresponnya.

Doa: Bapa, tunjukkanlah pada kami cara untuk rendah hati untuk mendengarkan, cukup bijaksana untuk memahami pasangan kita dan cukup penuh kasih untuk bereaksi dengan kebaikan.

3. Belajar Memaafkan

Bagi Pete dan Linda, kehidupan pernikahan mereka yang berusia delapan tahun telah dilalui denan penuh kebahagiaan, juga lika-liku kehidupan. Mereka dikaruniai tiga orang anak dan perselingkuhan Pete mengguncang dunia Linda.

Setelah berbulan-bulannya lamanya Linda bergumul dan berdoa, Tuhan menjawab doanya, kata-Nya “Maafkan dia.”

Maafkan perselingkuhannya? Sepertinya musatahil. Bahkan hatinya telah hancur dan taka da tempat yang tersisa.

Matius 19:26 “Yesus memandang mereka dan berkata: "Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin.””

Suatu malam ketika Pete pulang, Linda duduk di meja dapur dan berkata “Setelah apa yang kamu lakukan, aku hancur,” kata Linda, “Tetapi Tuhan mengatakan kepadaku untuk memaafkanmu. Dan aku lakukan. Jadi, sekarang kamu bebas untuk pergi. Anak-anakku dan aku akan baik-baik saja. Yesus akan menjadi ayah mereka dan jika kamu pergi, Ia akan menjadi suamiku.”

Pete terdiam. Dan beberapa hari kemudian, dia mengumumkan akan meninggalkan segalanya. Hal ini dilakukan khusus untuk anak-anak mereka dan untuknya.

Pernikahan mereka berlanjut selama beberapa dekade dan hatinya bersukacita dalam kebebasan yang diberikan pengampunannya.

Doa: Tuhan, tidak ada rasa sakit yang terlalu besar sehingga kamu tidak bisa tenang. Tidak ada sakit hati yang begitu dalam sehingga Engkau tidak dapat menyembuhkan. Bantu kami untuk menyenangkan-Mu dengan pengampunan di hati kami dan dengan percaya pada-Mu.

4. Pelajari Resepnya

Seperti makanan yang akan terasa nikmat dan lezat ketika memiliki resepnya sendiri. Itulah sebabnya Tuhan menawarkan miliknya dalam 1 Korintus 13:4. Definisi cinta yang Dia sajikan mencakup bahan-bahan yang dapat kita tambahkan rasa kita sendiri.

Ayo berdoa:

Cinta itu sabar. Tuhan, di saat-saat frustrasi, penuhilah kami dengan kesabaran.

Cinta itu baik. Biarkan pikiran kami dipenuhi dengan kebaikan.

Cinta tidak iri, tidak membanggakan, tidak bangga, tidak kasar, tidak mementingkan diri sendiri. Bapa, kami meminta hati yang kosong dari musuh-musuh yang dapat merusak ini. Kami menyatakan bahwa hati kami akan bersih dan menyenangkan hatiMu.

Kami meminta Engkau menenangkan hati kami agar kami tidak mudah marah. Izinkan pengampunan untuk mengatur setiap reaksi kami sehingga kami tidak melakukan kesalahan.

Tuhan, biarkan cinta kami murni sehingga tidak menyenangkan kejahatan tetapi bersukacita dengan kebenaran.

Tidak peduli betapa menyakitkannya situasinya, betapa kosongnya sukacita yang kami rasakan, betapa tidak jelasnya hari esok, bantu kami untuk selalu melindungi janji pernikahan kami, untuk selalu percaya pada kekuatanMu di tempat kerja, selalu berharap pada kemampuanmu untuk memulihkan, dan untuk selalu bertahan dan jangan menyerah. Amin

Di tengah dunia yang kacau, kita masih memiliki Tuhan yang mencintai kita dan mampu menolong kita. Tidak peduli sebesar apa masalahnya, Dia mampu menyelesaikannya. 

Sumber : crosswalk.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7254

advertise with us