Lori Mora

Official Writer
492


Sadar atau gak, masa yang kita jalani sekarang ini adalah dunianya para introvert. Namun di tengah dunia menyenangkan bagi para introvert ini, para tipe ekstrovert pun mulai memberontak.

Para ekstrovert mulai mengeluh dengan rasa bosan selama tinggal di rumah. Sementara para introvert tampak tenang-tenang saja. Tapi bukan berarti introvert pun selamanya tidak merasa bosan karena berada di luar ruangan juga jadi salah satu kegemaran pemilik tipe ini.

Jadi, bagaimana kedua tipe ini menghadapi kebosanan selama di rumah?

Ekstrovert

Peluang kecil untuk bersosialisasi secara langsung dengan orang lain, seperti kehilangan momen hang out, olahraga di luar ruang dan hal-hal menyenangkan lainnya membuat orang-orang ekstrovert menjadi sengsara selama di rumah.

"Aku seorang ekstrovert dan isolasi ini sangat berat buatku," kata Jennifer McGinley, seorang professional komunikasi dari Hunt Valley.

Tapi di tengah masa-masa ini, mereka pun mencoba mengubah cara tatap muka yang biasa mereka lakukan dengan orang lain dengan terkoneksi lewat teks, video, telepon dan sosial media.

Tanpa teknologi, bisa jadi para ekstrovert akan mengalami gangguan mental karena merasa dunianya runtuh oleh keterbatasan.

Selain itu, para ekstrovert yang rata-rata aktif gak kehilangan akal untuk membuat dirinya tetap aktif selama di rumah. Salah satunya adalah menciptakan beragam permainan menyenangkan di dalam rumah, mulai dari mmebuat seluncuran, memainkan peralatan yang ada di rumah sampai bereksperimen dengan hal-hal gila yang menyenangkan seperti berjoget, bernyanyi keras dan bahkan memasak.

Introvert

Sementara bagi para introvert, mengurung diri di kamar sepanjang hari sama sekali bukan masalah. Tapi di sisi lain, kadang mereka juga perlu menemukan sesuatu yang membuat mereka lebih bahagia secara emosional.

Untuk memenuhi hal ini, banyak diantaranya yang memilih untuk terkoneksi dengan orang lain di beberapa kesempatan. Mereka butuh bertukar pikiran dengan orang lain dan tertawa mendengar lelucon. Hal inilah yang mmebuat kondisi emosional mereka jauh lebih stabil.

Sama seperti ekstrovert, para penyendiri ini juga suka melakukan eksperimen yang tak biasa. Mereka bisa menghabiskan waktu dalam seni baik menggambar, bermusik maupun menulis. Mereka bisa menyelesaikan sebuah karya seorang diri dengan fokus. Atau mereka bisa betah bermain di rumah dengan hewan peliharaannya.


Baca Juga:

Punya Pasangan Introvert? Cobalah Mengerti Dia Dengan 4 Curhatan Ini

Orang Introvert Bisa Seimbangkan Bahkan Mengubah Dunia?


Baik ekstrovert dan introvert punya masa bosannya masing-masing. Karena itulah penting baik keduanya untuk membangun kesibukan setiap hari. Beberapa hal rutin yang menyenangkan yang bisa dilakukan diantaranya:

1. Berkomunikasi setidaknya ke satu orang setiap hari. Entah dengan Video Call atau telepon, cobalah itu dengan orang-orang terdekat. Dapatkan komunikasi yang membangun dan menyenangkan dengan orang tersebut. Karena hal itu bisa membuatmu jauh lebih bahagia.

2. Banyak bermain entah dengan keluarga maupun teman. Ajaklah teman atau keluarga bermain game online di waktu-waktu yang fleksibel setiap hari. Hal ini isa meningkatkan rasa bahagia dan mengusir kebosanan yang ada.

3. Dorong dirimu untuk melakukan hal baru. Misalnya, mengubah rumah jadi teman rekreasi yang menyenangkan. Menciptakan permainan-permainan senggang yang gak membosankan. Atau kamu juga bisa mengundang teman-temanmu untuk melakukan satu tantangan yang mendorong kreativitas kalian keluar. Hal ini bisa membuatmu jauh lebih sibuk sehingga kamu gak lagi fokus sama rasa bosan.

4. Bangun skill baru yang belum pernah kamu lakukan. Entah itu olahraga, memasak, membuat video, menulis atau berkebun. Cobalah untuk menghabiskan waktu-waktu senggangmu untuk melakukan hal-hal yang produktif.

Jangan sias-siakan masa-masa tinggal di rumah ini hanya terus mengeluh karena bosan. Justru di masa inilah, gak peduli entah kamu ekstrovert maupun introvert, untuk bisa membangun diri dan mencari cara mengatasi kebosanan dengan sesuatu yang kreatif dan membangun karaktermu. Bersyukurlah bahwa kondisi ini terjadi dan melatih kita untuk selalu bisa survive dalam segala keadaan.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7257

Banner Mitra Maret Week 3