Posisi Gak Tepat Bikin Punggung Sakit, Lakukan Ini Selama Kerja Dari Rumah

Posisi Gak Tepat Bikin Punggung Sakit, Lakukan Ini Selama Kerja Dari Rumah

Lori Official Writer
801

Banyak dari pekerja yang mulai mengeluhkan rasa sakit bagian belakang punggung selama bekerja dari rumah. Ya, kondisi ini bisa dibilang wajar terjadi karena saat kita harus bekerja dari rumah ada banyak pekerjaan yang gak punya fasilitas memadai untuk bekerja salah satunya meja dan kursi yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan sepanjang hari.

Apalagi di masa-masa pusat-pusat kebugaran masih harus ditutup sehingga para pekerja yang merasa kelelahan gak bisa memulihkan kondisi tubuh mereka. Akibatnya, rasa sakit di bagian punggung pun semakin besar. Hal ini menyebabkan kekakuan di bagian belakang punggung, bahu dan leher.

Tentu saja kondisi ini sangat tidak baik bagi kesehata fisik. Karena itulah Josephine O’Callaghan, seorang kepala fisioterapi di Soho Klinik memberikan beberapa tips yang bisa diterapkan oleh para pekerja untuk mengurangi rasa sakit di bagian punggung belakang dan mencegah supaya postur tubuh tetap dalam keadaan baik.

Adapun tips tersebut diantaranya:

1. Berpindah tempat sesering mungkin

O’Callaghan menyampaikan bahwa posisi duduk atau berdiri dalam waktu yang lama akan berdampak pada postur tubuh. Dia menjelaskan bahwa bekerja dengan satu posisi sepanjang waktu hanya akan membuat bagian otot tegang dan mengurangi elastisitasnya. Karena itulah dia menyarankan untuk berpindah tempat dan posisi sesering mungkin selama bekerja.

"Terjadi ketegangan otot dan berkurangnya efektivitas dan efisensi dari otot," katanya.

Dia pun menyarankan untuk berpindah posisi atau bergerak setiap 20-30 menit sekali. Entah itu bergerak untuk minum, melakukan peregangan atau jalan-jalan di sekitar rumah.

2. Ambil waktu istirahat di pertengahan hari

Ambillah istirahat di pertengahan hari untuk mencegah ketegangan pada bagian tubuh yang dipaksa bekerja sepanjang hari.

“Sebagian besar dari kita merasa bersalah karena mengambil posisi membungkuk di beberapa titik dan masalah dimulai saat kita membungkuk dalam waktu yang lama saat otot belakang dan leher dibiarkan dalam posisi tegang,” katanya.

Dia menjelaskan efek drastis pada leher. “Saat kamu membungkuk, kepalamu bergerak maju dan beban di leher meningkat menjadi sekitar 14 kg, hampir tiga kali lebih besar dari berat kepala rata-rata yang hanya 5 kg. Berat kepala tidak lagi seimbang secraa efektif pada tulang belakang. Seiring waktu ini bisa membuat otot-otot lehermu lelah yang bisa menyebabkan sakit pada leher,” terangnya.


Baca Juga: 4 Tips Aman dari Gangguan Anak Saat Work From Home


3. Ambil waktu untuk olahraga dan peregangan

O’Callaghan merekomendasikan latihan seperti pilates dan kardiovaskular di rumah setelah selesai bekerja.

Bahkan ada banyak latihan ringan dan sedang yang bisa kita ikuti secara online. Dengan mengambil waktu sekitar 30 menit setiap harinya berolahraga akan sangat membantu mengembalikan keelastisan tubuh.

4. Beli alat pijat elektrik

Kalau kamu merasa otot bagian belakang sudah mulai tegang, cobalah untuk merelaksasinya dengan alat pijat elektrik. Alat ini bisa kamu pakai bahkan saat kamu sedang bekerja.

Pijatlah bagian tubuh yang sakit sektar 10-15 menit atau lebih sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Posisikan komputer sejajar atau lebih tinggi dari mata.

O’Callaghan merekomendasikan para pekerja untuk menempatkan komputer diposisi yang lebih tinggi atau sepertiga lebih tinggi dari mata. Selain itu, pastikan pula bagian siku tertekuk 90 derajat dan pastikan kursi yang digunakan mampu menahan bagian punggung belakang dan membuatnya rileks.

Dia juga menyarankan memakai keyboard dan mouse nirkabel jika memang dituntut bekerja dari komputer.

Nah dengan mengetahui postur tubuh yang tepat, setidaknya kamu bisa mengurangi ketegangan otot di bagian punggung. Dengan itu bekerja di rumah gak lagi bikin kamu menderita sakit punggung.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami