Fenomena Nikah Online Makin Marak, Begini Cerita Unik Pasangan Menikah di Berbagai Negara

Fenomena Nikah Online Makin Marak, Begini Cerita Unik Pasangan Menikah di Berbagai Negara

Lori Official Writer
710

Social distancing selama pandemi virus corona seakan gak bisa menghentikan sebagian besar pasangan yang hendak menikah.

Terbukti kalau mereka memilih untuk tetap melangsungkan pernikahannya baik dengan atau tanpa keluarga dan teman-teman terdekat.

Di Toronto, Amerika Serikat, sepasangan kekasih memilih melangsungkan pernikahan mereka di apartemen yang hanya dihadiri oleh orangtua. Sementara rekan-rekan dan keluarga lain terpaksa menyaksikan pernikahan mereka melalui aplikasi online. Di Australia, sepasang kekasih memutuskan untuk menikah tanpa orangtua masing-masing karena terpisah jarak.

Beginilah cerita-cerita unik pernikahan online beberapa pasangan dari berbagai negara di tengah pandemi corona ini.

1. Cheryl Low dan Kane Hamilton

Sabtu, 25 April 2020 pekan lalu, Cheryl dan Kane memutuskan untuk mengikat janji di Carlton Gardens, Melbourne, Australia.

Mereka memilih tempat sederhana ini, setelah membatalkan semua persiapan pernikahan yang sudah mereka booking di Bellarine Peninsula, Melbourne, Australia pada 18 April 2020 karena aturan social distancing dari pemerintah.

Cheryl sendiri yang merupakan warga negara Malaysia harus merelakan keluarganya untuk tidak hadir di pernikahan sakral dan sederhana tersebut karena terpisah jarak yang jauh.

Keputusan menikah online inipun diambil oleh Kane karena mereka tak ingin menunda pernikahan sampai tahun depan. Sementara mereka menemukan ide untuk membuat pernikahan sesederhana mungkin dan bisa disaksikan oleh seluruh keluarga dan teman-teman terdekat melalui Zoom online.

Pernikahan itu pun hanya diikuti oleh lima orang. Diantaranya satu pendeta dan dua teman terdekat. Hal ini sesuai dengan imbauan dari pemerintah Melbourne untuk membatasi tidak lebih dari 5 orang dalam sebuah pertemuan.

2. Preet Singh dan Neet Kaur

Pasangan India ini membuktikan bahwa keinginan mereka untuk menikah tidak bisa dibatalkan oleh pandemi corona.

Preet Singh yang merupakan seorang tentara ini pertama kali berkenalan dengan Kaur melalui online satu tahun yang lalu. Kemudian mereka memutuskan untuk menikah pada bulan April 2020 ini.

Sayangnya, pandemic harus membatasi semua hal termasuk rencana pernikahan mereka. Namun, tak patah arang Singh memutuskan untuk meminang Kaur secara online.

Mereka pun mengadakan upacara pernikahan sederhana yang dihadiri oleh sebanyak 50 keluarga dan teman secara online.

"Kami mau mengakhiri pacaran kami pada 4 April. Jadi kami memutuskan untuk melakukan rencana itu dan aku juga ingin memberikan contoh tentang social distancing selama lockdown ini," ucap Singh.


Baca Juga: 4 Cara Melanjutkan Pernikahan yang Tertunda


3. Christie dan Jeff

Christie dan Jeff adalah pasangan asal California yang memimpikan pernikahan yang tak terlupakan. Sayangnya, rencana pernikahan impian itu harus tertunda karena lockdown.

Namun dengan keputusan yang bulat, pasangan ini memilih untuk tetap melangsung pernikahan di tengah pandemi melalui online.

Keduanya diberkati di sebuah ruangan sederhana oleh seorang pendeta. Sementara seluruh keluarga dan kerabat menyaksikan momen indah tersebut melalui online.

Menariknya, saat membacakan janji suci Jeff berjanji kepada Christie akan tetap selalu ada dan menjadi pasangan yang penuh pengertian dan penghormatan selama masa-masa tak menentu ini. Dia juga menyampaikan betapa bersyukurnya dia menyaksikan bahwa Christie adalah sosok yang begitu tenang dan nyaman. Sehingga dia percaya bisa melewati apapun tantangan di depan.

Momen inipun membuat seluruh keluarga dan kerabat yang menyaksikannya lewat online menjadi sangat terharu dan bahkan meneteskan air mata. Walaupun tak bisa menyaksikan secara langsung tapi mereka merasa ada di sana secara langsung. Momen kesakralan pernikahan tersebut sama sekali tidak berkurang.

Sementara di Indonesia sendiri, fenomena menikah online ini sudah diterapkan oleh beberapa pasangan. Sebut saja seperti pasangan artis Vebby Palwinta dan suaminya Razie serta pasangan Mohammad Nurjaman dan Ugi Lestari Widya Bahri. Meskipun risikonya tak banyak yang bisa menyaksikan pernikahan tersebut, tapi kedua pasangan ini sudah bulat untuk tidak menunda pernikahan di tengah pandemi corona.

Dan untuk diketahui, pernikahan online ini memang sudah disahkan oleh pemerintah sendiri yaitu setelah KUA membuka pelayanan pernikahan online bagi pasangan yang berencana untuk menikah dalam waktu dekat ini.

“Bagi pendaftar baru, bisa mendaftar secara online melalui website simkah.kemenag.go.id,” kata Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin.

Kemenag sendiri menghimbau kepada semua pasangan yang hendak menikah dalam waktu dekat untuk menunda acara sampai keadaan dinyatakan baik.

“Jika memungkinkan, waktu seremonial acara pernikahan dijadwal ulang sehingga prosesnya bisa berjalan dalam suasana dan kondisi yang lebih baik," kata Kamaruddin.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu punya kerabat dekat yang berencana menikah dalam waktu dekat ini? Yuk sampaikan informasi ini ke mereka dan dukung mereka untuk tetap sabar menunggu sampai keadaan membaik.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami