Makanan Wong Ndeso, Sepiring Nasi Dan Tempe Ternyata Bisa Penuhi Kebutuhan Makan Kita, Lho
Sumber: teknologi.news.viva.co.id

Health / 8 December 2017

Kalangan Sendiri

Makanan Wong Ndeso, Sepiring Nasi Dan Tempe Ternyata Bisa Penuhi Kebutuhan Makan Kita, Lho

Inta Official Writer
4507

Nama tempe memang sudah melanglang buana sampai ke negeri tetangga. Selain rasanya yang nikmat, tempe juga mengandung gizi yang cukup. Buat sebagian orang, mereka lebih memilih makan tempe, nasi hangat dan sedikit sambal. Memangnya itu saja cukup untuk penuhi kebutuhan gizi? Berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat satu porsi nasi dan tempe. 

Protein 

Tempe kaya akan kandungan protein, tak heran kalau disandingkan dengan protein dari daging atau telur. Makanan berbahan dasar kedelai ini mengandung protein sederhana yang mudah diserap oleh tubuh. Jika kita adalah salah satu orang yang tidak bisa makan ikan, maka mengganti ikan dengan tempe akan menjadi salah satu alternatif. 

Protein nabati yang terkandung dalam tempe juga mengandung beberapa manfaat, diantaranya Meregenerasi sel kulit, penetral zat-zat asing dalam tubuh, sumber energi, pembentukan sel darah merah,, pengatur metabolisme tubuh dan sebagai pembentuk otot.

Karbohidrat 

Nasi adalah salah satu makanan pokok yang ada di Indonesia. Awalnya, kita memang berpikir kalau karbohidrat hanya berasal dari nasi. Padahal, tempe sendiri juga mengandung karbohidrat, lho. Karenanya, mengonsumsi tempe dan nasi adalah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan makanan kita. 

Vitamin

Kedelai mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Salah satunya adalah vitamin B12 yang jarang didapat dari makanan yang bersumber dari tumbuhan. Selain itu, tempe juga mengandung vitamin B yang dapat membantu metabolisme sel darah merah, kesehatan otot dan kulit, hingga mencegah anemia dan kanker pankreas.

Serat 

Untuk menjaga kesehatan usus dan pencernaan kita, kita perlu mengonsumsi makanan yang berserat. Sementara serat pangan sendiri bisa didapatkan dari olahan makanan dari tumbuhan yang tersusun dari karbohidtrat. Tempe mengandung serat pangan yang dapat membantu pencernaan tubuh kita.

Baca juga: Terlalu Kurus? Konsumsi 4 Buah Ini Bisa Bantu Naikan Berat Badan

Antioksidan 

Selama ini, kita cuma tahu kalau antioksidan hanya di dapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Dalam tempe, kita dapat menemukan zat antioksidan dalam bentuk isoflavon. Sama seperti vitamin C atau E, isoflavon merupakan antioksidan yang dibutuhkan untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas. 

Jika kita mengonsumsi sehari-hari mengandung antioksidan yang cukup, maka kita dapat menghambat penuaan. Wah pantas saja orang-orang jaman dulu justru kelihatan lebih awet muda dibanding kita yang hobi konsumsi junk food, ya? 

Sekarang ini kayaknya kita harus mulai mengubah pikiran makanan wong ndeso ini, deh. Pasalnya, tempe ini memang kaya akan manfaat. Mengonsumsi tempe setiap hari sama saja dengan memenuhi 62% protein yang dibutuhkan oleh tubuh, 35% riboflavin, 34% magnesium, 108% mangan, dan 46% tembaga. 

Selain itu, tempe hanya mengandung 3,7 gram lemak jenuh dan kurang dari 329 kilo kalori. Wow. Walaupun satu porsi nasi dan tempe itu baik untuk tubuh kita, ada baiknya jika kita juga mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. 


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami