Lori Mora

Official Writer
560


Bagi para pengusaha yang harus terpaksa menutup usahanya untuk sementara waktu, menghemat pengeluaran jadi hal yang sangat penting.

Di tengah masa-masa ekonomi yang bahkan juga lagi surut ini, ada banyak orang yang mulai berpikir bagaimana caranya berhemat yang tepat supaya penghasilan atau uang yang masih tersisa tetap cukup untuk biaya sehari-hari.

Nah, untuk membantu kamu yang kesulitan dalam mengelola keuangan di masa-masa ini cobalah untuk melakukan beberapa langkah berhemat sederhana ini:

1. Periksa nominal uang yang masih kamu punya di rekening

Mengetahui nominal uang yang masih ada di dalam rekening akan membantu kita untuk bisa mengalokasikan uang dengan bijaksana. Sehingga kita bisa memperkirakan berapa lama waktunya kita bisa bertahan dengan uang yang kita punya.

Karena itulah, kita perlu menetapkan prioritas-prioritas apa yang penting untuk kita penuhi selama masa-masa tidak bekerja ini.

2. Hindari penggunaan kartu kredit dalam bertransaksi

Akan sedikit sulit bagin sebagian orang untuk menghindari hal ini. Apalagi di masa ini banyak orang yang mulai tidak lagi memakai uang tunai dalam melakukan transaksi.

Sekalipun sulit, cobalah untuk melakukannya. Karena hal ini bukan hanya akan menyelamatkanmu dari krisis keuangan, tapi juga melatihmu untuk bisa mempergunakan uang dengan cara yang tepat.

Jangan buang uangmu untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Sebaliknya, di dalam kondisi sulit penting untuk hanya fokus memenuhi kebutuhan yang paling mendesak saja, seperti kebutuhan makan sehari-hari dan tagihan-tagihan bulanan.


Baca Juga: 21 Ayat Alkitab Soal Berbagi Yang Bisa Kita Lakukan Kepada Orang Lain di Masa Sulit Ini


3. Berbelanjalah dengan bijak

Salah satu kebutuhan yang perlu dipenuhi setiap hari adalah kebutuhan sandang. Di masa-masa pandemi ini, kebanyakan pengeluaran kita pasti untuk makanan. Walaupun mungkin merasa kuatir tidak bisa mendapatkan perbekalan untuk beberapa minggu ke depan, bukan berarti kamu harus membeli semua yang terlihat oleh mata.

Menghemat belanja makanan juga sangat membantumu untuk tetap punya simpanan uang di rekening . Karena itu, jangan terburu nafsu dan membelanjakan semua uang hanya untuk kebutuhan makanan saja.

Pikirkanlah bagaimana cara berbelanja yang hemat. Salah satunya bisa dengan membuat daftar makanan atau kebutuhan apa yang perlu dibeli dari rumah. Tentukan jenis makanan apa yang bersifat tahan lama sehingga kamu gak merasa dirugikan saat membelinya dalam jumlah besar.

Selain itu, cobalah untuk membandingkan harga. Jangan langsung memborong semua bahan makanan yang kamu lihat tanpa mengetahui harganya.

Untuk mengurangi kerugian, kamu juga bisa membuat stok seperti makanan kalengan atau makanan beku yang pasti akan tahan jauh lebih lama.

4. Hentikan beberapa langganan bulanan

Apakah kamu berlangganan lebih dari satu aplikasi setiap bulannya? Entah itu langganan fitness, aplikasi musik atau film?

Supaya keuanganmu jauh lebih aman, mulailah untuk menghentikan beberapa layanan yang menurutmu tidak terlalu penting. Entah iu berhenti dari keanggotaan fitness atau yang lain. Hal ini akan membantumu untuk bisa mengalokasikan kembali sisa penghasilanmu untuk sesuatu yang jauh lebih penting.

Selain beberapa hal di atas, kamu juga bisa survive  melewati masa-masa sulit keuangan ini dengan cara mencari ide baru yang bisa menghasilkan uang. Ada banyak orang di luar sana yang bahkan memberikan kesaksiannya bagaimana mereka justru menemukan ide bisnis yang sangat bagus untuk menambah penghasilan hanya dari rumah saja. Salah satunya yaitu berjualan makanan ringan dari rumah. Nah, buat kamu yang mungkin berbakat di dapur boleh mencobanya lebih dulu. 

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra April Week 3


7254

Banner Mitra April Week 2