Lori

Official Writer
555


Hari ini tepatnya kita kembali merayakan Hari Kartini.

Bagi para perempuan, ini adalah hari yang sangat istimewa karena pada akhirnya peran mereka dianggap penting di tengah masyarakat.

Jadi selain merayakannya dengan pakaian istimewa, seperti kebaya, para wanita juga bisa merayakannya dengan film-film motivasi tentang wanita ini.

1. The Hidden Figures (2016)

The Hidden Figures mengisahkan tentang tiga wanita kulit hitam yang bekerja di kantor NASA.

Sebagai kaum minoritas, kemampuan dan kecerdasan mereka kerap diabaikan. Mereka bahkan harus bekerja di tempat yang terpisah dari pekerja kulit putih lainnya.

Namun seiring dengan kevokalan dan kemampuan dari ketiganya dalam mengatasi masalah yang dihadapi NASA. Mereka membuktikan wanita kulit hitam pantas dihargai dan perhitungkan dalam dunia teknologi.

Berkat jasa-jasa mereka kepada NASA, Katherine G. Johnson salah satu dari ketiga wanita kulit hitam inipun mendapatan penghargaan Presidential Medal of Freedom, penghargaan jasa tertinggi Amerika Serikat di tahun 2015 atas bantuannya mengarahkan lintasan roket dan program pesawat ulang-alik Apollo 11.

2. Amelie (2001)

Amelie adalah film Prancis yang mengisahkan tentang kepribadian seorang wanita bernama Amelia. Dia bekerja di sebuah restoran setiap hari.

Namun di samping melakukan pekerjaannya, Amelie dikenal sebagai pribadi yang memiliki kepribadian yang sangat unik, salah satunya dia suka berimajinasi dan menciptakan dunianya sendiri.

Namun dalam kehidupan nyata, Amelie adalah seorang wanita yang sangat gemar menolong orang lain dan memprioritaskan kebahagiaan orang lain lebih dulu.

Film ini mengajarkan kita tentang tindakan Amelie yang tanpa pamrih karena selalu ingin membahagiakan orang lain. Karena itulah dia mendapatkan hal yang paling indah dalam hidupnya.

3. Kartini (2017)

Kartini adalah film biografi tentang Kartini sendiri di masa hidupnya.

Film ini mengisahkan tentang emansipasi wanita di masa lalu yang dimulai dari perjuangan seorang wanita Jawa yang terkekang oleh adat istiadat. Hingga pada akhirnya dia terdorong untuk membebaskan wanita dari kebodohan. Seperti yang kita tahu, Kartini adalah wanita yang mendobrak pandangan bahwa perempuan tidak perlu bersekolah. Hal inilah yang menciptakan slogan ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’.


Baca Juga:

Hari Kartini, Peran dan Rancangan Tuhan Atas Perempuan

Hari Kartini, Ini Pandangan Artis-Artis Wanita Soal Kesetaraan Gender


4. Little Woman (2019)

Little Woman diperankan oleh sederet artis-artis papan atas Hollywood seperti Meryl Streep, Emma Watson, Timothee Chalamet, Saoirse Ronan dan Laura Dern.

Film ini sendiri dianggap sebagai film wanita terbaik karena mengemansipasi tentang peran wanita di tengah masyarakat. Seperti menjadi wanita pekerja keras dan mandiri dalam hidupnya.

Film ini juga mengangkat tentang tema-tema seperti harapan, cinta dan keluarga. Ada banyak pelajaran hidup yang bisa kita petik lewat peran-peran setiap wanita yang ada di dalam film.

5. Legally Blonde

Film ini mengisahkan tentang seorang perempuan muda yang berambut pirang. Yang menurut banyak orang wanita berambut pirang identik dengan sosok yang tidak cerdas.

Menerima penilaian dangkal tersebut, perempuan muda bernama Elle Woods ini pun membuktikan bahwa dirinya adalah sosok wanita yang cerdas. Dia bahkan membuktikan bahwa dia bukan hanya sekadar punya penampilan fisik yang menarik, tapi juga punya otak yang cerdas. Elle pun membuktikan kalau dirinya bisa masuk sekolah Harvard dan banyak berdebat tentang hukum dengan dosen dan para professor.

Jadi bisa dibilang film ini mengingatkan kita untuk mengubah stereotype tentang wanita cantik identik dengan otak tumpul.

Jangan lupa untuk mendukung semua wanita di Indonesia ya. Pastikan supaya setiap wanita, untuk peran apapun yang mereka jalani, tetap memandang dirinya berharga dan penting. 

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2