Jangan Mudah Percaya! Gak Semua yang Kamu Dengar Itu Benar

Jangan Mudah Percaya! Gak Semua yang Kamu Dengar Itu Benar

Lori Official Writer
      1133

Amsal 14: 15

Orang yang tak berpengalaman percaya kepada setiap perkataan, tetapi orang yang bijak memperhatikan langkahnya.


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 104; Lukas 16; Yosua 15-16

Kalau kamu menghabiskan waktu di ponsel atau menonton televisi hari ini, kamu akan mendapatkan banyak informasi dari banyak sumber yang berbeda. Tapi hari ini, mari mengingat bahwa gak semua yang kamu dengar itu benar.

"Orang yang tak berpengalaman percaya kepada setiap perkataan, tetapi orang yang bijak memperhatikan langkahnya." (Amsal 14: 15)

Gak semua orang yang bicara di interet, media sosial, televise atau radio tahu apa yang mereka bicarakan. Gak semua orang yang bicara tentang kondisi krisis karena wabah virus corona layak didengarkan. Kamu harus menyeleksinya!

Banyak orang memanfaatkan krisis dan menjalankan agenda masing-masing. Akan ada beberapa yang mencoba untuk memakai hari-hari yang tidak pasti untuk mendapatkan keuntungan politik atau keuangan mereka sendiri. Mereka akan mulai menggali harga dan memakai taktik ketakutan dan teori konspirasi untuk menakut-nakuti orang untuk membuat keputusan yang buru-buru. Jangan mau tertipu!

Dalam Amsal 14: 8 dituliskan, “Mengerti jalannya sendiri adalah hikmat orang cerdik, tetapi orang bebal ditipu oleh kebodohannya.”

Alkitab berulang kali mengatakan bahwa, terutama di tengah krisis, bahwa kita harus selalu mendasarkan keputusan dan tindakan kita pada fakta-fakta. Bukan statistik, ketakutan atau perasaan yang salah.

Tuhan sudah memberi semua yang kamu butuhkan untuk jadi pribadi yang bijaksana saat menghadapi krisis. Kamu bisa menguji segala sesuatunya dengan firman-Nya dan punya keyakinan bahwa itu akan selalu mengarahkanmu di jalan kebijaksanaan. Sebagai pengikut Yesus, kamu punya Roh Kudus untuk memberimu kepekaan. Dan, kamu punya akal sehat! Itu adalah hadiah dari Tuhan dan ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan alasan dan kewaspadaanmu.

Sebagai murid Kristus, kita seharusnya tidak hanya menjadi orang beriman. Kita harus menjadi orang yang didasarkan oleh fakta-fakta kebenaran firman Tuhan.

“Belilah kebenaran dan jangan menjualnya; demikian juga dengan hikmat, didikan dan pengertian.” (Amsal 23: 23)


Hak cipta Rick Warren, disadur dari Crosswalk.com

Ikuti Kami