Selamatkan Karirmu Dengan Ikut Kartu Prakerja Ini, Berikut Syarat Jadi Peserta
Sumber: Tribunews.com

Finance / 13 April 2020

Kalangan Sendiri

Selamatkan Karirmu Dengan Ikut Kartu Prakerja Ini, Berikut Syarat Jadi Peserta

Lori Official Writer
2524

Pemerintah secara resmi membuka pendaftaran Kartu Prakerja online lewat laman www.prakerja.go.id.

Kartu Prakerja ini sendiri dibuat sebagai solusi untuk membantu sumber daya manusia di atas 18 tahun atau yang tidak sekolah/kuliah untuk mengembangkan kompetensi kerjanya.

Untuk mendapatkan Kartu Prakerja, pemerintah juga membuat beberapa syarat penting diantaranya:

- Berusia di atas 18 tahun dan tidak sekolah/kuliah (dipioritaskan untuk pengangguran muda serta pekerja dan pelaku usaha mikro yang terdampak wabah virus COVID-19).

- Kartu Prakerja terbuka bagi karyawan maupun korban PHK.

- Peserta disarankan untuk membuat aku Prakerja lewat situs resminya www.prakerja.go.id. Lalu melengkapi semua biodata seperti nama, tempat/tanggal lahir, nomor induk kependudukan (NIK).

- Setelah mendapatkan verifikasi, peserta harus melewati tahapan kedua yaitu mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama lebih kurang 15 menit.

- Lalu peserta bisa melanjutkan tahap pendaftaran yang tersedia.

Tentunya gak semua peserta yang ikut bisa lolos. Karena itu, bagi yang belum berhasil peserta bisa mengikuti tes berikutnya.


Baca Juga:

Saat Usaha Harus Tutup dan Bingung Cara Gaji Karyawan, Anne Avantie Bagikan Pesan Ini...

Saat Dalam Krisis Keuangan, Berdoalah Dengan 6 Ayat Alkitab Iniā€¦


Manfaat Kartu Prakerja

Adapun beberapa manfaat penting yang bisa didapatkan dari Kartu Prakerja diantaranya:

Peserta yang lolos berhak mendapatkan uang sebesar Rp 3550.000 dengan rincian: bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, intensif survey kebekerjaan sebesar Rp 600. 000 per bulan (untuk 4 bulan), insentif survey kebekerjaan sebesar Rp 50. 0 0 per survey (3 kali survei) atau total Rp 150. 000 per peserta.

Pembayaran dilakukan secara non-tunai dan akan diberikan sekali saja untuk biaya mengikuti beberapa kali pelatihan.

Sementara untuk kartu Prakerja sendiri tidak bisa dipindah tangankan kepada orang lain. Peserta juga akan mendapatkan Saldo Kartu Prakerja yang bisa digunakan untuk beberapa pelatihan. Masa berlaku saldo ini sendiri hanya selama 30 hari saja. Sehingga peserta wajib menggunakannya selama tahun anggaran berjalan. Jika saldo hangus, maka saldo akan dikembalikan kepada rekening kas negara.

Sementara untuk pilihan pelatihan kerja, peserta bisa mengambil beberapa pilihan mulai dari cara berjualan online, fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari sosial media dan sebagainya.

Pelatihan ini sendiri akan digelar selama 30 gelombang selama tahun 2020. Untuk gelombang pertama sudah dimulai sejak Sabtu, 11 April 2020.

Apa kamu salah satunya yang memenuhi kualifikasi di atas? Jangan sia-siakan kesempatan ini dan kembangkan potensimu dengan pelatihan-pelatihan kerja gratis yang disediakan pemerintah.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami