Sudah Selesai!

Sudah Selesai!

Claudia Jessica Official Writer
      1014

Yohanes 19:30

Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 103; Lukas 15; Yosua 17-18

Sejak awal, tujuan Yesus datang ke dunia adalah untuk disalibkan. Kelahiran-Nya ada, agar kematian-Nya terjadi. Tujuannya adalah untuk menebus kita dari dosa. Dia dilahirkan untuk mati agar kita mendapat hidup. Kemudian ketika Dia telah menyelesaikan tugasnya, Dia menyimpulkannya dengan satu kata: "selesai."

Dalam Bahasa Yunani asli, kata-kata itu adalah kata yang umum. Yesus mungkin menggunakannya juga ketika Ia menyelesaikan tugasnya yang Dia dan Yusuf kerjakan bersama di toko pekerjaan tukang kayu. Yesus mungkin menoleh ke Yusuf dan berkata “Sudah. Sekarang ayo kita makan siang.” Itu sudah selesai. Misi selesai. Sudah selesai. Itu sudah berakhir.

Jadi, apa yang selesai? Selesai dan tuntas sudah penderitaan Kristus yang sangat buruk. Dia tidak akan lagi merasakan sakit di tangan orang jahat. Ia tidak akan pernah lagi menanggung dosa dunia. Dia tidak akan pernah lagi ditinggalkan oleh Allah bahkan hanya sesaat. Itu selesai. Semuanya sudah tuntas.

Juga selesai benteng Setan atas kemanusiaan. Yesus datang untuk memberikan pukulan telak terhadap iblis dan iblis-iblisnya di salib Kalvari. Ibrani 2:14 mengatakan "Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut."

Artinya, kita tidak perlu lagi berada di bawah kuasa dosa. Karena penebusan Yesus di kayu salib, runtuhlah benteng Setan atas manusia.

Yang terakhir, selesai sudah keselamatan kita. Sudah selesai, sudah tuntas.  Semua dosa kita telah dipindahkan kepada Yesus ketika Dia disalibkan. Kebenaran-Nya dipindahkan pada nama kita.

Maka Yesus berseru, "Sudah selesai!" Itu adalah rencana Tuhan yang disengaja dan dipikirkan dengan matang. Sudah selesai! Bersukacitalah!

Ikuti Kami