Lori

Official Writer
794


Ada banyak buku pengasuhan yang ditulis dan dijual. Tapi tahukah kamu bahwa orang Kristen sebenarnya tanpa sadar sudah punya buku pengasuhan yang terbaik sepanjang masa yaitu Alkitab.

Kalau dunia berlomba membuat pola pengasuhan anak yang terbaik dengan standar supaya anak bisa sukses di masa depannya. Maka Alkitab mengajarkan pola pengasuhan yang sejati yaitu mencontoh apa yang dilakukan oleh Yesus sendiri.

Pola pengasuhan Kristen menuntut pengorbanan, sama seperti yang dilakukan oleh Yesus.  

Di Perjanjian Baru, Paulus menggambarkan dirinya sebagai seorang ayah (1 Tesalonika 2: 11-12) dan seorang ibu (Galatia 4: 19) kepada orang-orang percaya. Dia adalah prototype bagi semua ayah dan ibu.

Setiap ayah dan ibu rela berkorban untuk anak-anaknya dan inilah semangat pengasuhan dari sudut pandang kekristenan. Semua orangtua ini menjadi pengasuh yang sejati.

Jauh sebelum Paulus menyampaikan pandangan soal pengasuhan ini, Yesus sendiri mengungkapkan prinsip yang sama dalam pengajaran-Nya dan memberian teladan melalui kematian-Nya bagi semua anak-anak Allah (Yohanes 6: 33).

Yesus menunjukkan bahwa Dialah pembuka jalan masa depan bagi anak-anak Allah. Dan hal yang sama diharapkan juga bisa dilakukan oleh setiap ayah dan ibu bagi anak-anaknya.

Jadi,  para ayah dan ibu, jangan pernah lelah atau putus asa saat kamu melewati hari ke hari atau jam demi jam dan momen demi momen dengan mengorbankan sesuatu yang terpenting dalam hidupmu. Karena pengorbanan yang kamu lakukan gak pernah sia-sia Sekalipun seringnya kita gak pernah melihat hasilnya secara langsung.


Baca Juga:

Lagi Ngetren, Kenapa Orangtua Mulai Terapkan Organic Parenting?

Anak Tinggal Jauh Dari Rumah? Biar Ortu Gak Cemas Yuk Lakukan Ini


Pertumbuhan anak-anak yang baik sepadan dengan semua pengorbanan orangtua. Tapi yang paling penting adalah bagaimana semua orangtua mencerminkan Yesus dalam pengasuhan, dimana anak bisa belajar tentang teladan yang sudah dilakukan Yesus lebih dulu.

Tuhan sendiri akan membantu kita secara konsisten berdoa bagi setiap orangtua dan anak-anak.

Nah, bagi setiap orangtua mari ucapkanlah doa ini dengan penuh percaya bahwa Tuhan sendirilah yang akan memberimu kekuatan untuk menghadapi setiap proses pengasuhan, sekalipun itu harus dibayar dengan pengorbanan.

Bapa, aku mengerti bahwa baik atau buruk anak-anakku akan belajar lebih banyak dengan apa yang mereka lihat dalam hidupku daripada apa yang aku ajarkan dari Alkitab. Jadi aku memohon kepadaMu untuk memberikan kepadaku kemampuan untuk menjadi teladan bagi mereka soal pengorbanan yang bisa membuat mereka semakin baik saat mereka beranjak dewasa. Karena itulah mereka ada.

Semoga pengorbanan yang mereka lihat dari apa orangtua mereka menjadi sesuatu yang tidak asing bagi mereka setelah mereka beranjak dewasa. Karena pengorbanan sudah biasa mereka saksikan melalui kehidupan orangtuanya.

Berikan aku kebijaksanaan untuk menafsirkan kehidupan ini kepada mereka setiap saat. Berikan aku kerendahan hati untuk bertobat saat aku sering gagal jadi teladan bagi anak-anakku.

Berikan juga mereka kemampuan untuk memahami semuanya supaya mereka bisa dengan senang hati memeluk orang-orang yang berkorban dan dengan demikian mencerminkan Engkau sebagai Allah. Di dalam nama Yesus, aku berdoa. Amin

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

sastrapin 8 September 2020 - 04:21:18

menyembah

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Valentino Rumaseb 18 September 2020 - 21:07:46
Shalom, Salam sejahtera, salam kenal, saya Valent ... more..

Dosma Panjaitan 17 September 2020 - 16:23:12
Shalom bapak/ibu. Saya minta dukungan doa dari bap... more..

Rico Andhika 1 September 2020 - 22:45:30
Saya mohon bantuan doanya untuk diberikan jawaban ... more..

Edward Budi Setiawan 1 September 2020 - 12:24:55
Supaya Yesus, memberkati, mengurapi & menyertai se... more..

advertise with us


7182

advertise with us