Claudia Jessica

Official Writer
345


Banyak hal terjadi akibat wabah corona (COVID-19) seperti pekerja yang diperintahkan untuk Work From Home (bekerja dari rumah), anak sekolah yang diliburkan juga mahasiswa yang melaukan kuliah secara online.

Hal ini dilakukan untuk mencegah virus corona menyebar lebih cepat dan lebih luas. Setelah Presiden Jokowi menghimbau para pekerja untuk bekerja dari rumah, banyak perusahaan pun melakukan sistem Work From Home jika memungkinkan.

Mungkin kalian merasa senang karena merasa bekerja menjadi lebih fleksibel dan menyenangkan. Namun sadar atau tidak, hal ini sedikit-banyak mengganggu pekerjaanmu. Ntah deadline yang dirasa semakin mengejar ataupun pertemuan yang menjadi lebih sulit terkendala jarak.

Karenanya, ayo kita lakukan hal-hal berikut ini agar Work From Home tetap produktif.

Pertama. Siapkan tempat kerja.

Usahakan membuat ruang untuk membantumu focus bekerja. Sediakan ruang dimana kamu bisa merasa bebas dan nyaman melakukan apa pun yang berkaitan dengan pekerjaanmu. Jangan lupa untuk dibersihkan supaya kamu merasa lebih nyaman.

Siapkan barang-barang keperluanmu seperti saat di kantor. Siapkan barang apapun yang kamu butuhkan untuk bekerja. Misalnya, laptop beserta perangkat lainnya seperti mouse dan charge. Siapkan juga earphone jika memang dibutuhkan. Kemudian air untuk kamu minum, dan ATK jika memang dibutuhkan. Buat tempat kerjamu senyaman mungkin.

Kedua. Atur jadwal.

Mungkin kamu adalah tipe pekerja yang tekun sehingga merasa bersemangat untuk segera mulai bekerja. Eits, tunggu dulu. Agar pekerjaanmu teratur, buatlah jadwal terlebih dahulu.

Meskipun berada di rumah, tetapkanlah waktu kapan kamu harus sarapan, mandi, dan mulai bekerja seolah-olah kamu bekerja di kantor. Tentukan juga kapan kamu harus beristirahat dan waktu makan.

Ketiga. Tetapkan batasan.

Bekerja di rumah sangat fleksibel bukan? Kamu bisa bekerja sambil ngemil makanan, bahkan kamu bisa bekerja di atas tempat tidur jika mau. Tapi perlu diingat, apapun yang membuatmu tergoda, segera jauhi.

Jika kamu merasa sudah terlalu banyak makan cemilan dan kerjaanmu mulai lambat, segera hentikan. Kamu juga bisa bekerja sambil bermain dengan hewan peliharaan kesayanganmu, tapi ingat bahwa kamu masih berada di jam kerja dan sudah seharusnya kamu fokus pada pekerjaanmu.

Keempat. Tentukan goals hari ini.

Buat data tentang apa yang harus kamu selesaikan hari ini. Kamu bisa membuatnya berdasarkan skala prioritas mana pekerjaan yang penting dan mendesak yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Kelima. Bangun dan bergerak.

Mungkin kamu terlalu fokus pada pekerjaanmu hingga kamu lupa bahwa kamu perlu bangun dan bergerak untuk melakukan peregangan badan.

Punggung bawah dan atas adalah bagian tubuh yang perlu kita regangkan setelah bekerja berjam-jam di depan layar. Lakukan peregangan ringan dengan menggerakkan pinggul atau berjalan tegap. Kamu juga bisa melakukan jalan santai di sekitar rumahmu. Jangan terlalu jauh dan jangan terlalu lama ya.

Gunakan kesempatan untuk bekerja dari rumah untuk mengembangkan kebiasaan baik.

Keenam. Tetaplah terhubung dengan rekan kerja.

Berkerja dari rumah dan tidak bertemu dengan rekan kerja bisa membuatmu merasa asing jika terlalu lama tidak bertemu. Karenanya tetaplah terhubung satu sama lain. Manfaatkan kecanggihan teknologi seperti pesan teks, pesan suara, atau bahkan panggilan video.

Tidak melulu soal pekerjaan, kamu bisa menayakan kabar dan kesehatannya.

Ketujuh. Tetapkan kapan harus berhenti.

Meskipun kamu bekerja di rumah, kamu tetap memiliki jam kerja. Berhentilah jika waktunya sudah selesai.

Semoga dengan Work From Home ini bisa membuat kita tetap sehat ya. Gunakanlah kebijakan Work From Home ini dengan sebagai mana mestinya ya JCers. Meskipun bos kita tidak melihat namun, bos besar kita Tuhan Yesus Kristus melihat ktita dan kepada Dial ah kita bertanggung jawab atas  pekerjaan kita. God bless!

Sumber : jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7244

Banner Mitra Juli 1-2