Lori Mora

Official Writer
502


Wabah virus corona bukan hanya mengancam nyawa, tapi juga diperkirakan akan sangat merugikan secara ekonomi. Karena virus ini, ada banyak pengusaha yang memutuskan untuk menutup bar, restoran, usaha online, bisnis makanan dan juga pasar selama waktu yang belum ditentukan.

Bukan hanya pemilik usaha saja yang mulai kuatir dengan masa depan usahanya, tapi juga para pekerja yang gak mendapatkan kepastian waktu kapan harus kembali bekerja seperti biasanya dan mendapatkan bayaran untuk biaya hidup sehari-hari.

Gak ada yang tahu pasti kapan kondisi ini akan berakhir. Tapi ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mendukung bisnis lokal tetap jalan dan kebutuhan kita juga tetap terpenuhi:

1. Dukung Lewat Pembelian Online

Banyak usaha lokal seperti restoran, supermarket dan usaha lain menawarkan pembelian secara online.

Cara ini masih sangat memungkinkan untuk dilakukan di tengah masa wabah ini. Kalau kamu misalnya gak bisa masak, maka pesanlah makanan secara online.

2. Tawarkan jasamu ke bisnis lokal

Apakah kamu seorang desainer website atau ahli sosial media? Tawarkanlah layananmu kepada bisnis lokal yang tidak mengerti tentang pemasaran secara online. Cara ini bisa membantu mereka memasarkan produknya tanpa harus menutup usaha secara total.

3. Bantu pengusaha lokal dengan mempromosikan produknya

Kalau kamu adalah salah satu influencer atau yang punya pengaruh besar di sosial media, bantulah para pengusaha lokalmu untuk menjual produknya secara online. Misalnya dengan memposting produk mereka dan mengundang orang lain untuk membelinya.


Baca Juga:

Buat Para Pekerja, Tetap Waspada Jaga Kesehatan Selama Wabah Corona Pakai 7 Langkah Ini

Berlakukan Lockdown, Apa Sebenarnya Tujuannya Selama Masa Wabah Corona Saat Ini?


4. Cari tahu strategi bisnis yang diterapkan pengusaha selama masa wabah ini

Bagi pengusaha yang melek teknologi, mereka mungkin sudah mengalihkan proses penjualan dengan cara yang lebih strategis. Jadi, cari tahulah lebih dulu bagaimana bisa membeli produk mereka dengan cara baru yang mereka terapkan. Mungkin kamu selama ini ingin kursus bahasa asing. Tapi selama wabah, lembaga penyedia memilih untuk tutup sementara. Tapi di sisi lain, mereka memutuskan untuk menyediakan kursus online. Jadi dengan mengetahui informasi ini kamu bisa mendukung mereka dengan ikut kursus ini.

5. Salurkan donasi

Apakah kamu adalah salah satu pengusaha yang tidak terdampak masalah keuangan selama wabah corona ini? Jika iya, kamu punya kesempatan untuk menolong pengusaha kecil lain yang masih bingung dengan masa depannya. Salah satu bantuan yang bisa kamu tawarkan adalah dalam bentuk donasi. Entah kepada para karyawan yang gak mendapatkan gaji selama penutupan akibat corona maupun bagi usaha yang butuh dana untuk mencoba peruntungan secara online.

Sementara itu para pengusaha kecil juga perlu melakukan tindakan untuk menyelamatkan usahanya. Salah satunya adalah membuat rencana jangka panjang. Inilah yang dilakukan oleh China di tengah menghadapi wabah virus corona yang melanda negara mereka. Rencana jangka panjang ini bisa dilakukan dengan beberapa pendekatan yaitu mulai berkomunikasi dengan pemasok, investor dan mitra tetang pasokan apa yang memungkinkan untuk tetap diproduksi dan yang tidak. Kerja sama inilah yang diharapkan bisa menekan angka kerugian yang bisa terjadi selama wabah corona.


Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan. Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling: http://bit.ly/inginKonseling.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra April Week 3


7254

Banner Mitra April Week 2