Lori Mora

Official Writer
406


Gak ada orangtua yang bakal senang waktu anaknya harus pergi dari rumah dan tinggal di tempat yang jauh. Apalagi kalau itu alasannya adalah untuk sekolah.

Bagi orangtua yang punya anak tunggal, perasaan ini pasti campur aduk. Terbiasa memperhatikan semua kebutuhan anak di rumah akan membuat orangtua berat melepas anak tinggal sendiri. Apalagi kalau sesuatu mulai terjadi, seperti masa-masa wabah sekarang ini, kecemasan orangtua pasti makin menjadi-jadi.

Untungnya di zaman yang serba canggih ini, orangtua gak perlu terlalu kuatir. Karena kapanpun dan dimanapun orangtua selalu bisa terhubung dengan anak.

Membangun komunikasi yang rutin adalah salah satu cara terbaik untuk orangtua selalu bisa tahu keadaan anak. Cara ini bisa dilakukan melalui panggilan telepon, videocall atau facetime, sms maupun email.

Untuk anak-anak yang sedikit tertutup dan kurang komunikatif dengan orangtua. Cara terbaik bagi orangtua untuk tetap bisa memantau kehidupannya dari jarak jauh adalah:

1. Membuat jadwal panggilan telepon rutin setiap minggunya. Jangan berharap bisa menelepon mereka di luar dari jadwal tersebut. Karena anak yang tertutup pasti akan cenderung akan mengabaikannya.

2. Jika panggilan telepon membuatnya merasa tidak nyaman, cobalah untuk berkomunikasi lewat sms, pesan instan atau email. Anak bisa saja lebih nyaman berkomunikasi tanpa melibatkan komunikasi suara atau video call.

3. Jangan menginterogasi anak saat sedang menghubunginya. Tapi jadilah pendengar yang baik karena untuk mendapatan informasi lebih banyak soal kehidupannya, orangtua perlu menggalinya sebagai pendengar.

4. Selalu berikan dukungan positif setiap hari. Cara ini bisa sangat membantu anak di tengah kehidupannya yang serba sendirian. Dia bisa saja sedang kesepian atau menghadapi masalah. Jadi, sampaikanlah dukungan dengan pesan-pesan yang memotivasinya. Mungkin bagi orang Kristen, bisa dengan menyampaikan ayat Alkitab ataupun doa.

5. Kirimkan hadiah mengejutkan. Bertindak peduli dan romantis gak hanya bisa kamu lakukan kepada pasangan. Tapi anak juga bisa sangat senang saat orangtuanya memperhatikan mereka. Saat terpisah jarak yang jauh, cobalah untuk mengirimkannya hadiah, paket atau surat dengan kemasan indah untuk menunjukkan bahwa orangtuanya selalu ada untuk dia dan mencitainya.

Meninggalkan rumah baik untuk sekolah maupun untuk bekerja adalah cara terbaik bagi anak untuk belajar dewasa dan bertanggung jawab atas hidupnya sendiri. Meski begitu normal bagi orangtua untuk mencemaskan anaknya sendiri dan tidak apa-apa menunjukkan kecemasan tersebut dengan memberikan perhatian.


Baca Juga: Saat Pandemi Corona Bikin Kamu dan Pasangan Terpisah Jarak, Jangan Sedih! Lakukanlah Ini


Selain itu orangtua juga bisa sekali-kali membuat jadwal kunjungan ke tempat anak. Manfaatkanlah sebagian waktu untuk menghabiskan waktu dengan anak dan melihat bagaimana dia menjalani rutinitasnya.

Atau saat waktu liburan tiba, mintaah anak untuk pulang. Dan selama masa liburan, perbanyaklah membicarakan hal-hal yang dia lalui di dalam hidupnya. Tanyakan bagaimana dia bisa melewati setiap masalahnya dan apa hal-hal yang paling dia senangi selama masa-masa tinggal sendiri.

Percaya atau gak, anak akan sangat senang dan merasa dipedulikan saat orangtuanya bertanya tentang kehidupannya pribadi. Hal itu juga akan menumbuhkan hubungan yang lebih dekat antara orangtua dan anak.

Dan untuk tips yang terakhir adalah jangan pernah membiarkan momen-momen kebersamaan dengan anak berlalu begitu saja. Bila perlu abadikanlah setiap momen menjadi dokumen yang bisa kalian buka saat sudah terpisah jauh. Dan kenangan ini bisa sangat menyembuhkan rasa rindu.

Jadi, kalau kamu adalah orangtua yang harus terpisah jauh dari anak. Jangan sedih! Pertahankanlah komunikasi yang intens dan selalu tunjukkan kepedulianmu kepada anak setiap hari. Dan yang gak kalah penting adalah selalu bawa anak dalam doamu. Karena akan banyak tantangan yang dia hadapi dan mintalah Tuhan untuk selalu menjagai dan memberikan dia perlindungan yang sempurna.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7259

Banner Mitra Maret Week 3