Dokter Sovian Anugrah dari OBI Beberkan 4 Fakta Soal Virus Corona

Dokter Sovian Anugrah dari OBI Beberkan 4 Fakta Soal Virus Corona

Lori Official Writer
950

Bagi masyarakat awam istilah virus corona mungkin masih dianggap baru. Karena virus ini sendiri ternyata sangat berbeda dengan jenis virus atau bakteri yang menyebabkan influenza musiman yang kita alami.

Untuk mengedukasi masyarakat soal hal ini, dokter Sovian Anugrah dari Yayasan Obor Berkat Indonesia (OBI) pun memberikan pemahaman baru yang bisa membantu kita untuk mencegah dan mengatasi penularan virus tersebut lewat 4 fakta ini:

Fakta 1: Cara Kerja Virus Diawali Dengan Menyerang Saluran Pernapasan

Dokter Sovian menjelaskan bahwa virus corona atau juga disebut dengan Covid-19 adalah virus yang dimulai dengan menyerang saluran pernapasan bagian atas. Gejalanya bahkan sangat mirip dengan flu.

"Contoh gejala-gejala yang sangat mirip seperti flu atau influenza adalah demam dimana demamnya itu lebih dari 38 derajat, disertai batuk yang cenderung kering dimana ada juga kadang-kadang yang disertai nyeri menelan dan diperberat dengan keadaan sesak napas yang berlebihan," kata dr. Sovian.

Saat seseorang mulai mengalami gejala-gejala awal seperti ini, dr Sovian menganjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Fakta 2: Virus Corona Bisa Dicegah

“Cara mencegahnya sangat simple,” kata dr. Sovian.

Salah satunya adalah dengan menjalani pola hidup yang bersih dan sehat. Seperti melakukan olahraga yang teratur setiap hari, mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup. Yang tak kalah penting adalah mengadopsi kebiasaan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun.

“Karena penularan virus tersebut dimulai dari droplet. Droplet adalah percikan air (yang mengandung bakteri atau virus flu) yang menempel pada tangan kita ketika kita sedang bersin ataupun batuk. Yang bisa bertahan 1 sampai 15 menit di tangan atau bahkan 2 sampai 9 jam pada barang-barang yang kita sentuh. Ataupun kontak langsung ketika kita sedang bersin ada orang lain yang di radius satu meter di depan kita,” terangnya.


Baca Juga:

Biar Sistem Imun Kuat Tangkal Virus, Yuk Olahraga Dengan Cara yang Tepat

Wabah Virus Corona Terus Meningkat di Korea Selatan, Begini Masa Penularan Virus Kata Ahli


Fakta 3: Virus Corona Sangat Mudah Disembuhkan

Meskipun penularannya sangat mudah. Tapi virus corona tidak semenakutkan yang kita bayangkan. Dr. Sovian menegaskan bahwa jenis virus Covid-19 ini sebenarnya sangat mudah disembuhkan.

“Virus ini sangat mudah untuk disembuhkan. Sesuai dengan penelitian yang ada, mortality rate ataupun tingkat kematiannya hanya 3%. Jadi kita tidak perlu panik. Untuk penanganan pertama yang kita lakukan adalah jangan keluar rumah,” jelasnya.

Cara ini dianggap sangat efektif untuk menghindari penularan yang lebih luas kepada orang lain saat berada di luar ruangan.

Fakta 4: Virus Corona Tidak Tertular Melalui Hewan Peliharaan

Selain itu, dr Sovian juga menegaskan bahwa hewan peliharaan tidak akan menularkan virus corona kepada manusia. Hal ini dia sampaikan sesuai dengan pernyataan Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahwa kasus penularan penyakit melalui hewan peliharaan sangat jarang terjadi dibanding dengan hewan yang hidup liar.

Dengan mengetahui fakta-fakta di atas, dr Sovian berharap masyarakat tidak terlalu panic atau bahkan diserang ketakutan yang berlebihan. Karena itu dia menyarankan supaya setiap kita tetap menjaga kesehatan, mencuci tangan sesering mungkin dan tetap mendekatkan diri kepada Tuhan.

 

Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terbubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan

Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling.

http://bit.ly/inginKonseling

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami