Lori Mora

Official Writer
588


Seorang wanita harus membatalkan pernikahannya karena sang tunangan memutuskan hubungan setelah berselingkuh dengan wanita lain.

Padahal sebenarnya pasangan ini sudah mempersiapkan pernikahan dan menghabiskan lebih dari Rp 101 juta. Pada akhirnya wanita ini menuntut sang tunangan membayar kerugian yang dia keluarkan.

Ada banyak pasangan di luar sana yang mungkin mengalami kegagalan pernikahan. Berselingkuh adalah salah satu alasannya. Sementara alasan lainnya muncul karena beberapa faktor seperti:

  • Selalu bertentangan secara karakter
  • Salah satu pihak menyimpan rahasia
  • Adanya konflik dengan keluarga
  • Gak sepaham soal pernikahan
  • Salah satu pihak gak siap berkomitmen dan sebagainya.

Untuk memutuskan pembatalan pernikahan, apalagi dalam kondisi sudah mempersiapkan semua keperluan pesta, pastinya sangat sulit. Tapi sekalipun itu sulit, cobalah untuk tetap memandang kepada ke masa depanmu. Apakah kamu mau menyesal seumur hidup atau menerima pembatalan pernikahan ini demi masa depanmu yang lebih baik.

Terlepas dari alasan apapun itu, pastinya siapapun yang gagal melangsungkan pernikahan akan mengalami emosi yang campur aduk antara sedih dan juga bersyukur di sisi lain.

Dan untuk menghadapi kondisi ini, lakukanlah beberapa tips ini:

Sembuhkan Dirimu Lebih Dulu

Semakin besar pernikahan, semakin besar punya uang dan emosi yang diinvestasikan di dalamnya. Dan saat pernikahan harus dibatalkan, maka semuanya akan berujung pada stress, malu, merasa bersalah, takut dan sedih.

Pastinya kamu ingin mengakhiri semua keadaan ini dengan mencari persembunyian. Dan pergilah untuk menenangkan diri dan fokuslah untuk menyembuhkan perasaan dan pikiranmu. Lepaskan semua kekuatiranmu tentang apa yang dipikirkan orangtua dan juga orang lain atasmu.

Kendalikan Pola Pikirmu

Gagal menikah mungkin akan membuat hidupmu hancur. Tapi alih-alih memenuhi pikiranmu dengan hal-hal negatif, lebih baik mengisinya dengan hal-hal positif.

Motivasilah dirimu dengan memperkatakan beberapa hal ini:

  • Aku akan baik-baik saja dan semuanya akan baik-baik saja
  • Kondisi ini akan berakhir
  • Aku bisa melewati masa ini
  • Aku tahu Tuhan mengijinkannya untuk kebaikanku dan sebagainya

Cari Orang yang Bisa Kamu Percaya

Jika kamu merasa sendiri dan butuh bantuan orang lain, carilah orang yang bisa kamu percayai. Bagikanlah apa yang kamu rasakan. Minta dukungan doa jika memungkinkan. Tapi kalau kamu gak punya seorangpun yang bisa dipercaya, carilah bantuan dari terapis.

Minta Bantuan Dari Orang-orang Terdekat

Batal menikah berarti membatalkan semua persiapan, termasuk gedung, katering makanan, undangan dan parsel.

Nah, untuk mengurangi kerugian atas gagalnya pernikahanmu, yang bisa dilakukan adalah mengurus pembatalannya sebelum hari H. Jadi mintalah orang-orang terdekat, seperti orangtua, kakak, adik atau teman dekat untuk mengurus semuanya.

Selain itu, kamu mungkin juga harus mengurus hal-hal yang sangat personal seperti gaun pengantin dan cincin pertunangan.

Apa yang harus kamu lakukan dengan cincin dan gaun pernikahanmu? Secara umum, kalau memang pernikahan dibatalkan oleh pihak wanita maka kewajiban sang wanita untuk mengembalikannya. Dan kalau ternyata pernikahan dibatalkan oleh pria, maka pihak wanita punya hak untuk memutuskan apakah akan dikembalikan atau tidak. Tapi kalau ternyata cincin itu berasal dari warisan keluarga, maka pihak wanita harus mengembalikannya.

Sementara untuk gaun pengantin, pihak wanita punya keputusan sendiri. Apakah menjualnya atau menyimpannya.


Baca Juga : Batal Nikah, Wanita Ini Alihkan Pengeluaran Nikah dengan Memberi Makan para Tunawisma


Temukan Cinta Baru

Gagal menikah bukanlah akhir dari kehidupan. Banyak wanita atau pria yang memilih menyerah untuk tidak lagi berkencan setelah gagal menikah. Tapi sayangnya itu bukanlah pilihan yang tepat. Karena bagaimanapun kamu pantas mendapatkan yang terbaik dari mantan tunanganmu. Jadi, mulailah membuka diri dan menemukan cinta yang baru. Gak peduli seberapa sakit hatimu saat ini, tapi percayalah luka itu akan sembuh saat kamu membuka diri dan menemukan orang yang lebih baik.

Gak yang lebih menyakitkan dalam menjalani hubungan selain gagal menikah dengan orang yang selama ini kamu yakini akan jadi pasangan masa depanmu. Tapi jika hal ternyata harus terjadi, hadapilah dengan berani dan jangan menyesali keadaan tersebut. Karena keadaan itu diijinkan terjadi demi kebahagiaanmu ke depan. Lepaskanlah pengampunan kepada mantan pasanganmu dan berdamailah dengan dirimu sendiri.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7258

Banner Mitra Maret Week 3