Puji Astuti

Official Writer
487


Sebuah riset menyatakan bahwa mereka yang berjalan cepat ternyata memiliki kemungkinan untuk hidup lebih lama, dari mereka yang  berjalan lambat. Bahkan hal tersebut tidak dipengaruhi oleh berat badannya.

Orang yang masuk dalam kategori berjalan cepat adalah mereka yang bisa jalan 100 langkah permenit atau 4,8 km/jam. Mereka yang berjalan cepat memiliki ekspektasi hidup yang lebih lama, berapapun berat badannya, demikian penelitian dari Mayo Clinic Proceedings. 

"Hasil ini mengindikasikan bahwa fungsi fisik penentu yang kuat atas umur Panjang seseorang daripada indeks massa tubuhnya, dan juga orang dengan indek massa tubuh yang tinggi tetapi memiliki kesehatan yang baik mungkin akan lebih berumur Panjang," demikian jelas Dr. Francesco Zaccardi, seorang epidemiologis klinis dari Universitas Leincester, Inggris yang menjadi pemimpin riset tersebut. 

Riset membuktikan bahwa wanita yang berjalan cepat memiliki masa hidup hingga 87 tahun, dibandingkan dengan yang berjalan lambat hanya mencapai 72 tahun. 

Sedangkan untuk pria yang berjalan cepat akan mencapai masa hidup hingga 86 tahun, sedangkan yang tidak hanya berusia hingga 65 tahun. 

Jika dirata-ratakan dari 475.000 orang yang menjadi subjek penelitian maka ada perbedaan  umur 15 tahun untuk wanita dan 20 tahun untuk pria yang berjalan cepat dibandingkan yang tidak.

Jalan cepat adalah olahraga kardio dengan intensitas rendah

"Hal ini menunjukkan kepada saya bahwa kamu yang berjalan cepat, kamu sedang melakukan olahraga kardio dengan intensitas rendah, dan jika hal ini dilakukan secara terartur, hal ini akan memperkuat jantungmu. Jadi, baik kamu kelebihan berat badan atau berbadan ideal, jalan cepat memiliki dampak positif secara fisik untuk tubuhmu dan ekspektasi hidupmu," demikian jelas Jamie Hickey, seorang pelatih pribadi dan nutrisionis bersertifikat dari Truism Fitneess kepada Healthline.  

Manfaat olahraga kardio dengan intensitas rendah

Tahukah kamu kalau olahraga kardio intensitas rendah seperti berjalan cepat akan membantu tubuh kamu untuk memproses karbohidrat dan lemak yang masuk ke tubuh menjadi energi? Ya, berjalan cepat mampu meningkatkan metabolisme tubuhmu. 

Tidak hanya itu berjalan cepat mampu memperkuat otot tubuhmu,dan membantu mengalirkan oksigen ke otot secara efektif. 

Manfaat lainnya : 

- Meningkatkan sirkulasi darah 

- Meningkatkan daya tahan cardiovascular

- Meningkatkan daya tahan otot

- Mengurangi kelelahan

- Membakar lemak

- Mengurangi resiko cedera

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk jalan cepat agar terasa manfaatnya? 

Menurut para pakar, olahraga intensitas rendah seperti jalan cepat perlu dilakukan selama 30-60 menit untuk bisa membakar lemak. Bahkan jika bisa menjaga kecepatan dengan baik maka dapat menurunkan berat badan. 

Olahraga jalan cepat ini baik untuk mereka yang sudah mencapai usia 50an tahun ke atas, atau mereka yang sebelumnya punya penyakit jantung. Namun bukan berarti tidak baik buat anak muda loh.

Buat kamu yang mau menikmati hidup sehat, tanpa harus mengeluarkan biaya besar, maka jalan cepat bisa jadi pilihanmu untuk kamu lakukan di pagi atau sore hari.  

Baca juga :

Selain Hidup Senang, Ternyata Jalan Cepat Bisa Mengurangi Stres dan Membuat Jiwa Bahagia!

Jalan Cepat 3 Jam Per Minggu Lindungi Wanita dari Stroke

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2