Naomii Simbolon

Official Writer
554


Kebanyakan orang Indonesia, sangat jarang mau berjalan kaki kemana-mana. Meski ada beberapa yang melakukannya, tetapi sangat jarang.

Meskipun ada yang berjalan kaki, tampaknya langkah kakinya begitu lambat ditambah jarak tempuh dijalani pun tidak begitu jauh.

Nah, tau nggak bahwa melakukan jalan cepat bisa meningkatkan peluang untuk hidup lebih lama loh dan baik untuk kesehatan kamu.

Nggak peduli seberapa berat tubuh kamu, yang jelas sebuah studi yang diterbitkan dalam Mayo Clinic Procesdings, mengatakan orang yang berjalan cepat memiliki harapan hidup lebih lama.

Jadi, jika kamu ingin hidup lebih lama dan lebih sehat maka berjalan kakilah dengan cepat.

Menurut para peneliti yang memantau bahwa hampir 475.000 orang dan rata-rata dipantau mulai di usia 50-an menyatakan bahwa wanita yang berjalan kaki lebih lambat (jarang berjalan kaki) usianya hanya mencapai 72 tahun , sementara itu orang yang berjalan cepat memiliki rentang hidup sekitar 87 tahun.

"Apa yang aku mau katakan adalah jika kamu berjalan lebih cepat, maka kamu akan melakukan kardio dengan intensitas yang sangat rendah dan jika itu dilakukan secara teratur, maka itu akan menguatkan kondisi jantung kamu. Entah kamu memiliki kelebihan berat badan atau tidak, berjalan cepat memang memiliki efek fisik yang positif pada tubuh dan harapan hidup, "kata Jamie Hickey, seorang pelatih sekaligus ahli gizi di Truism Fitness, yang dikutip dari Healthline.

Selain itu, inilah beberapa manfaat berjalan cepat untuk kesehatan kamu :

1. Menjaga kebugaran

Selain membangkitkan semangat, jalan cepat juga akan membantu tubuh kamu membakar kalori lebih banyak bahkan lebih cepat. Asal, kamu melakukannya secara rutin.

Tetapi tidak hanya itu, namun metabolisme tubuh kamu pun akan terjaga dengan baik setiap harinya. Akhirnya perputaran energi dalam tubuh membuat pikiranmu menjadi lebih jernih, segar dan lebih tajam.

2. Menjaga kebugaran jiwa kamu

Seperti yang tadi sudah saya katakan di atas bahwa jalan cepat bisa membuat pikiran kamu menjadi lebih jernih sehingga cara kerja otak kamu tetap sehat.

Sementara itu, jika otak kamu sehat dan jernih itu akan mempengaruhi tubuh kamu dan jiwa kamu, sehingga mencegah terjadinya demensia atau penurunan mental. 

BACA JUGA :

Sering Kelelahan dan Sesak Nafas? Rutinlah Melakukan 2 Hal Ini, dan Rasakan Khasiatnya!

3. Mengurangi stress fisik dan mental

Siapa yang ketika libur weekend, mengurung diri seharian di rumah?

Aku pernah melakukan itu, hanya tidur dan bersantai di rumah selama berhari-hari, apalagi anak kosan. Dan itu benar-benar membuat saya tersiksa, tubuh saya pegal semua dan pasti kamu pernah alami itu kan?

Akhirnya saya mulai malas, dan tidak ada kebahagiaan dan hanya melihat-lihat Instagram orang lain yang membuat saya iri, kadang-kadang.

Daripada kamu seharian dari pagi sampai malam, sampai berhari-hari, mending di pagi hari atau di sore hari, jalan cepat. Karena jalan cepat itu mampu memicu timbulnya hormon endorfin yang akan memberikan efek senang dan bahagia untuk tubuh kamu dan mental kamu.

Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak:” (Amsal 6:6)

Jadi, anak Tuhan, dari hari ini jangan malas ya untuk jalan cepat. Mulailah kehidupan berolahraga dengan melakukan ini.

 

 

 

Sumber : healthline/jawaban


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra April Week 2


7268

Banner Mitra April Week 2