Admin Spiritual

Official Writer
7419


Berkatalah aku kepada para pemuka dan para penguasa dan kepada orang-orang yang lain: "Pekerjaan ini besar dan luas, dan kita terpencar pada tembok, yang satu jauh dari pada yang lain. Dan kalau kamu mendengar bunyi sangkakala di suatu tempat, berkumpullah ke sana mendapatkan kami. Allah kita akan berperang bagi kita!". Demikianlah kami melakukan pekerjaan itu, sedang sebagian dari pada orang-orang memegang tombak dari merekahnya fajar sampai terbitnya bintang-bintang. (Nehemia 4:19-21)

Kehilangan semangat adalah penyakit unik yang menjangkiti umat manusia, dan itu adalah penyakit universal - bahkan semua orang mengalami hal itu, termasuk mereka yang ada dalam pelayanan. Saya tidak sangsi anda pasti pernah mengalami kehilangan semangat pada suatu waktu, mungkin dalam banyak kesempatan. Bahkan anda mungkin sedang tidak bersemangat saat ini.

Apakah anda tahu berapa kali saya ingin berhenti menjadi pendeta di Gereja Saddleback? Setiap hari Minggu pagi! Jadi apa yang saya tulis adalah apa yang saya pelajari tentang melawan apa yang disebut kehilangan semangat, berdasarkan apa yang saya alami.

Apa Penyebab Kehilangan Semangat

Penyebab Pertama - Keletihan
Ketika anda secara fisik atau emosional telah kehabisan tenaga, anda adalah kandidat utama untuk terinfeksi dengan "kehilangan semangat". Pertahanan anda begitu rendah dan banyak hal kelihatannya suram dibanding keadaan yang sebenarnya. Ini sering terjadi ketika anda separuh jalan melalui suatu proyek penting dan anda merasakan kelelahan.

Kedua - Frustasi
Ketika tugas yang tidak selesai tertumpuk, adalah alami jika kita merasa kebanjiran tugas. Dan ketika hal-hal sepele atau sesuatu yang tidak terduga menyela anda dan mencegah anda dari apa yang sebenarnya perlu dilakukan, frustasi anda dapat dengan mudah keluar dan membuat kehilangan semangat.

Ketiga - Kegagalan
Seringkali, rencana terbaik anda mengalami kegagalan, proyek anda runtuh, batalnya suatu kesepakatan, tidak ada usaha yang menunjukkan hasil. Bagaimana reaksi anda? Apakah anda menjadi mengasihani diri sendiri? Apakah anda menyalahkan orang lain?. Seorang pria mengatakan : "Hanya ketika saya berpikir saya dapat membuat pertandingan akhir, dan ternyata seseoranglah yang bergerak sampai akhir! Itulah kehilangan semangat!"

Keempat - Ketakutan
Ketakutan berada dibalik kehilangan semangat, dan ini yang paling akhir kita akui. Ketakutan terhadap kritik (apa yang mereka pikirkan?), ketakutan untuk bertanggung jawab (bagaimana jika saya tidak bisa mengatasi hal ini?), dan ketakutan terhadap kesalahan (bagaimana jika saya mengacaukan hal ini?) menjadi penyebab utama kesusahan hati.

Apa Pengobatan Bagi Kehilangan Semangat
Ada kisah mengagumkan dalam Alkitab tentang bagaimana seorang pria yang bernama Nehemia memobilisasi penduduk Yerusalem untuk membangun kembali benteng sekeliling kota. Di pertengahan jalan proyek berlangsung, penduduk mulai kehilangan semangat dan ingin menyerah - karena keempat penyebab yang telah diberikan diatas.
Inilah apa yang Nehemia ajarkan tentang menundukkan perasaan kehilangan semangat yang ditulis dalam Nehemia 4 :

Istirahatkan Tubuhmu
Jika anda membutuhkan istirahat - ambillah! Anda akan lebih efektif ketika anda kembali bekerja kelak. Jika anda membakar lilin di kedua ujungnya, anda tidak akan seterang yang anda pikirkan. Jadi seimbanglah!.

Benahi dan Atur Kembali Hidup Anda
Kehilangan semangat tidak berarti anda melakukan hal yang salah. Itu mungkin hanya karena anda melakukan hal yang benar dengan cara yang salah. Cobalah pendekatan baru. Ubahlah sesuatu seperlunya.

Ingatlah Bahwa Tuhan Akan Menolong Anda
Mintalah Tuhan. Dia dapat memberikan anda energi yang baru. Ada kuasa motivasi yang mengagumkan dalam iman pada Tuhan.

Menolak Kehilangan Semangat
Lawanlah perasaan itu!. Kehilangan semangat adalah suatu pilihan. Jika anda merasakan kehilangan semangat, itu terjadi karena anda memilih untuk merasakan perasaan itu. Tidak ada yang memaksa anda untuk merasakan perasaan yang buruk. Tunggu dulu! Lakukan apa yang benar bukan karena perasaan yang buruk. Hidup anda tidak dikuasai perasaan lagi.

Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat. (Amsal 15:3)

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. (Amsal 17:22)

Sumber : Sumber: Ps. Rick Warren - Saddleback Church - cbn


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7256

Mitra Banner Maret Week 3