Lori Mora

Official Writer
720


Setelah menikah, ada banyak lika liku hubungan yang akan dihadapi pasangan suami istri. Salah satunya adalah masalah tidur pasangan. Ada saja ditemukan bagaimana istri yang gak suka mendengar dengkuran suami atau suami yang gak bisa tidur sepanjang malam karena istri suka tidur gelisah sepanjang malam.

Dan hasil studi terbaru menemukan bahwa untuk menyelamatkan pernikahan dari situasi-situasi ini, beberapa ahli kesehatan mental menyarankan supaya suami istri lebih baik tidur terpisah untuk sementara waktu.

Menurut survey tahun 2017 dari National Sleep Foundation, satu dari empat pasangan menikah tidur di tempat tidur terpisah memberikan dampak yang lebih baik bagi pernikahan mereka.

"Banyak pasangan kehilangan waktu tidur. Mereka saling membangunkan, dan ada kebencian yang mulai meningkat dalam hubungan. Jika kamu tidak mengatasinya, jelas hubungan kalian akan menderita, pekerjaan kalian dipertaruhkan," ucap Jill Lankler, seorang psikolog klinis da pelatih kehidupan di New York.

Lankler menjelaskan bahwa bagi pasangan yang ingin mengatasi masalah seperti mendengkur, sindrom kaki gelisah atau berjuang dengan jadwal kerja yang berbeda, memilih tidur secara terpisah bisa jadi solusi terbaik. Meski begitu, ada banyak pasangan yang masih kuatir dengan masalah keintiman mereka jika harus tidur terpisah.

Namun, Lankler membantah hal ini. Dia justru menilai jika tidur terpisah akan membuat kehidupan seks pasangan lebih sehat. Sementara untuk masalah keintiman, dia menyarankan untuk selalu membangun komunikasi yang terbuka dan jujur dengan pasangan. 

“Ada cara yang sangat sehat untuk melakukannya yaitu meningkatkan komunikasi dan kebebasan dalam hubungan. Saya suka fakta bahwa mendengkur, seperti semua hal lain dalam hidup adalah kesempatan untuk lebih mencintai (pasangan),” katanya.

Dia juga menekankan bahwa tidur secara terpisah juga bisa dilakukan bukan saat sedang menghadapi masalah. Tapi keputusan tidur terpisah juga bisa diambil sebagai bentuk kesepakatan dengan pasangan.


Baca Juga:

Belajar Lika Liku Pernikahan Dari Film ‘Marriage Story’, Ini Pesan Moralnya…

Bukan Sekadar Ucapan Selamat, Tapi 5 Pelajaran Ini Perlu Diajarkan ke Pasangan Muda


Sementara Sophie Jacobi-Parisi, seorang pengacara di New York menyampaikan pandangannya bahwa tidur terpisah justru bisa jadi ancaman hubungan yang berujung pada perceraian.

“Sangat mudah untuk menjadi kapak di malam hari saat kamu mencoba untuk hidup dan bekerja dan membesarkan anka-anak. jika kamu tidak memiliki titik kontak dengan pasanganmu…sangat mudah untuk kehilangan perasaan bahwa kamu lebih dari sekadar rekan kerja pengasuhan,” kata Jacobi-Parisi.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa pasangan yang memilih tidur terpisah tanpa membicarakannya lebih dulu bisa jadi langkah menuju perceraian.

Dalam beberapa kasus yang terjadi, pasangan menikah mungkin mengatakan mereka tidur terpisah untuk alasan tertentu. Namun untuk tidak menyebabkan dampak rusaknya keintiman, pasangan perlu mengusahakan bagaimana mereka bisa merawat hubungan yang lebih romantis selama tidur secara terpisah. Salah satunya bisa dilakukan dengan cara melakukan kencan bersama secara intens.

Tentunya tidur terpisah gak akan baik jika dilakukan secara diam-diam. Karena itu, penting untuk menyepakatinya bersama pasangan. Terutama jika salah satunya memang sedang menghadapi masalah tertentu, seperti mendengkur.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7254

Banner Mitra Juni Week 1-2