Bukan Sekadar Ucapan Selamat, Tapi 5 Pelajaran Ini Perlu Diajarkan ke Pasangan Muda
Sumber: Kita Muda

Marriage / 27 January 2020

Kalangan Sendiri

Bukan Sekadar Ucapan Selamat, Tapi 5 Pelajaran Ini Perlu Diajarkan ke Pasangan Muda

Lori Official Writer
2330

Saat menikah, pasangan muda biasanya akan dibanjiri dengan kata-kata nasihat dan harapan terbaik.

Gak banyak orangtua atau teman yang sudah lebih dulu menikah dengan jujur menyampaikan sulitnya membangun rumah tangga. Gak heran kalau banyak pasangan muda yang menyerah menghadapi kesulitan dalam pernikahan dan akhirnya mengalami kegagalan.

Banyak orang yang mungkin berpikir untuk menikah di usia yang lebih muda. Dengan harapan mereka akan jadi pasangan muda yang memberi dampak.

Sayangnya, gak ada satupun pernikahan yang terlepas dari kesulitan dan pasangan muda harus belajar mengatasi kesulitan tersebut.

Ada 5 pelajaran yang perlu diajarkan kepada pasangan muda.

1. Pria dan wanita itu secara kodrati BERBEDA

Adalah suatu keajaiban saat Tuhan mampu menyatukan dua pribadi yang berbeda menjadi satu.

Selain perbedaan fisik dan gender, pria dan wanita juga adalah dua pribadi yang punya keunikan pribadi. Perbedaan inilah yang kadang membuat pria dan wanita berselisih paham.

Jadi, jangan heran di awal-awal pernikahan suami dan istri akan mengalami banyak penyesuaian.

2. Pernikahan memang selalu sulit di segala usia

Salah satu pelajaran yang harus diketahui oleh pasangan muda tahu soal pernikahan. Bahwa di usia apapun kamu menikah, pernikahan itu akan selalu sulit. Gak ada rentang usia yang dipastikan akan terbebas dari proses pernikahan.

Hal inilah yang mengingatkan kita untuk tetap rendah hati dan berinvestasi dalam pernikahan kita, gak peduli seberapa bahagia awal pernikahan yang kita mulai.


Baca Juga:

Belajar Lika Liku Pernikahan Dari Film ‘Marriage Story’, Ini Pesan Moralnya…

Selain Konseling, Pernikahan Juga Bisa Diselamatkan Dari Kehancuran Lewat 5 Cara Ini


3. Pernikahan bicara tentang kerja sama

Sebanyak apapun pengetahuan seorang istri soal pernikahan kalau ternyata gak ditransfer ke suami, bisa dibilang istri hanya akan bekerja sendiri.

Pernikahan itu bicara tentang kerja sama. Saat istri ingin pernikahannya baik, dia perlu mengutarakan keinginannya ke suami. Dengan itu, mereka bisa mengambil kesepakatan untuk melakukan sesuatu yang baik bagi kedua belah pihak.

Gak ada pernikahan yang berjalan baik tanpa kerja sama.

4. Komunikasi adalah jembatan penghubung antara suami dan istri

Pria gak akan bisa tahu isi hati atau keinginan istri kalau gak dikomunikasikan. Sebaliknya, istri gak akan pernah bisa memahami kenapa seorang suami melakukan sesuatu tanpa menyampaikan tujuannya kepada istri.

Jadi, untuk hal apapun bangunlah komunikasi dengan pasangan. Karena ini adalah satu-satunya jalan untuk mencapai kesepakatan.

5. Investasikan waktu untuk pasangan

Pekerjaan bisa sangat menyita waktu dan pada akhirnya membuat kita lupa keluarga.

Gak ada yang lebih berharga dari membagi waktu antara kesibukan dan pasangan. Karena dengan itulah, hubungan suami istri bisa dijaga dengan baik.

Jadi, ambillah waktu bersama pasangan minimal sekali dalam seminggu.

Pernikahan adalah kuliah kehidupan yang paling bisa mendewasakan suami istri. Karena itu, jangan sampai ketidaktahuanmu dalam mengatasi beragam tantangan yang ada membuatmu harus memilih drop out dari pernikahan yang sudah kamu mulai bersama pasangan.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami