Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
567


Seorang pria diberi tanggung jawab untuk memimpin dalam segala bidang kehidupannya, termasuk keuangan.

Sebagai kepala keluarga, pria mengambil peran sebagai suami sekaligus ayah. Dan hal inilah yang mendorongnya untuk jadi tulang punggung atau pencari nafkah keluarga. Bisa dibilang pendapatan seorang suami sangat menentukan kesejahteraan keluarganya.

Namun di masa ini, ada banyak istri yang juga memilih untuk bekerja. Gak sedikit pula dari istri yang bahkan punya penghasilan yang lebih besar dari suami. Dalam kondisi ini muncul pertanyaan, apakah penghasilan istri yang lebih tinggi dari suami bisa mempengaruhi peran suami?

Di tengah masyarakat modern ini, ada banyak istri yang mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Banyak wanita lulusan perguruan tinggi mendapatkan pekerjaan penuh waktu dengan bayaran yang sangat baik.

Bagi pasangan menikah yang belum punya anak, biasanya suami istri akan memutuskan untuk bekerja. Dan saat istri hamil mereka kemudian akan memutuskan apakah dia akan terus bekerja atau di rumah saja. Ada banyak dari istri yang sudah punya pekerjaan bagus dan penghasilan yang tinggi memilih untuk terus bekerja. Hal ini seolah-olah jadi gambaran dari figur seorang wanita yang digambarkan dalam Amsal 31.

Tapi gak dipungkiri, persaingan pria dan wanita di dunia kerja bisa sangat mengkuatirkan banyak pria. Beberapa pria bisa merasa dikalahkan saat penghasilan istrinya jauh lebih tinggi. Saat suasana persaingan ini mulai muncul, hubungan pun jadi taruhannya.

Karena itu, penting sekali bagi suami-suami Kristen untuk memahami prinsip pernikahan saat berada dalam situasi dimana istri punya penghasilan lebih tinggi dari suami.

1. Identitas gak ditemukan dari pekerjaan

Sebagai anak Tuhan, suami harus menemukan makna dan nilai dirinya yang sejati sebagai anak yang sudah ditebus oleh Yesus.

Bekerja adalah bagian dari tanggung jawab seorang pria. Tapi setiap pria gak akan berhenti jadi anak saat gak punya pekerjaan yang mencukupi. Saat gak bisa bekerja hari ini, seorang pria masih tetap jadi ayah, suami dan pemimpin rumah tangga. Tuhan sendirilah yang memberikan peran itu.

2. Seorang pria sudah ditetapkan sebagai pemimpin sejak semula

Sebah pernikahan yang ideal adalah situasi dimana istri menghormati suaminya dan suami mengasihi istrinya serta anak menghormati orangtuanya.

Gak ada alasan yang mengubah posisi seorang suami sebagai pemimpin rumah tangga sekalipun istrinya punya penghasilan yang lebih tinggi.

Setiap pria harus memahami kalau dia sudah dipilih oleh Tuhan sebagai pemimpin sejak semula (baca Kejadian 1; 1 Korintus 11: 2-16; 1 Petrus 3: 1-7; Efesus 6: 22-33; Kolose 3: 18-19; 1 Timotius 2: 8-14).


Baca Juga:

Belajar Lika Liku Pernikahan Dari Film ‘Marriage Story’, Ini Pesan Moralnya…

Bukan Sekadar Ucapan Selamat, Tapi 5 Pelajaran Ini Perlu Diajarkan ke Pasangan Muda


3. Buktikanlah dengan kerja keras

Seorang suami akan dihargai sekalipun penghasilannya lebih sedikit jika dia benar-benar sudah bekerja keras.

Seorang pria yang bekerja sepenuh hati meski dibayar tidak sesuai akan jauh lebih dihargai. Dia gak perlu malu dengan penghasilan yang dia dapatkan, karena dia toh sudah memberikan semua yang dia punya.

Masalahnya hanya akan muncul saat suami malas bekerja dan membiarkan istri sendiri bekerja memenuhi kebutuhan keluarga.

“Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.” (Kolose 3: 23)

Setiap suami yang hidup dalam Tuhan diberikan kuasa kepemimpinan atas istri dan anak-anaknya. Kepemimpinan itu sendiri gak ditentukan dari berapa besar penghasilan yang didapatkan suami. Tapi bagaimana dia bertanggung jawab penuh atas perannya, untuk bekerja keras demi memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

upin ipin 20 February 2020 - 06:10:46

Hewan yang penakut

0 Answer

ria rahmadani 19 February 2020 - 20:05:36

Pengertian dari masalah sosial

0 Answer

Benedicto Morio Wada 18 February 2020 - 14:51:23

Riri Panjaitan

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (2)