Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
532


Faktanya ada saja orang yang gak terlalu menghiraukan jenis golongan darahnya bahkan sampai sudah beranjak remaja dan dewasa.

Padahal kalau dipikir-pikir mengetahui golongan darah sendiri penting buat kesehatan loh!

Menurut penelitian dari Interdisciplinary Reviews: Systems Biology and Medicine menemukan bahwa golongan darah berkaitan dengan berbagai risiko penyakit seperti jantung, demensia sampai infeksi saluran kemih dan norovirus.

Penelitian ini menegaskan pentingnya bagi kita tahu jenis golongan darah kita. Apakah A, AB, B atau O dan bagaimana hal itu bisa mempengaruhi kesehatan kita.

Berikut 8 alasan kita harus tahu golongan darah kita.

1. Golongan darah A, AB dan B berisiko menyebabkan penggumpalan darah

Sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark mempelajari bagaimana dolongan darah berinteraksi dengan kecenderungan genetik terhadap penggumpalan darah (deep vein thrombosis (DVT)) di kaki bawah sampai ke paru-paru dan bisa berujung pada kematian.

Setelah meneliti sebanyak 66.000 data selama lebih dari 30 tahun, mereka menemukan bahwa golongan darah tipe AB, A dan B berisiko 40% lebih tinggi mengalami DVT dibanding dengan tipe golongan darah O.

Dari ketiganya, AB adalah tipe golongan darah yang berisiko 20% menyebabkan pembekuan darah, 11% mutasi genetik, 16% obesitas dan 6% kecenderungan merokok.

2. Golongan darah AB, B dan A rentan terhadap penyakit jantung

Mereka dengan golongan darah A, B dan AB memiliki peningkatan risiko penyakit jantung atau masa hidup yang lebih pendek daripada mereka bertipe golongan darah O.

Penelitian yang dilakukan oleh BMC Medicine membuktikan fakta ini dengan melibatkan 50.000 responden usia menengah dan usia lanjut selama tujuh tahun. Hasilnya ditemukan bahwa rata-rata golongan darah ini mengalami masalah kesehatan di bagian kardiovaskularnya. Sebanyak 9% dari penyakit ini menyebabkan kematian.

Tapi, selain karena golongan darah penyakit juga bisa muncul akibat gaya hidup para pemilik golongan darah tertentu. Merokok dan makan tidak teratur bisa menyebabkan risiko penyakit jantung yang lebih besar.

3. Golongan darah A dan AB berisiko mengalami kanker perut

Para peneliti menemukan kalau mereka yang bergolongan darah A dan AB berisiko terkena kanker lambung.

Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian terhadap populasi manusia di China. Dari 39 studi yang sudah dilakukan, rata-rata menemukan hasil yang sama.

4. Golongan darah O rentan terhadap kesuburan

Wanita dengan dolongan darah O dua kali lebih tinggi memiliki kandar hormon FSH yang menyebabkan pembuahan di ovarium rendah.

Meski begitu, para peneliti masih belum bisa memastikan apakah hal ini umum terjadi atau tidak. Karena sebagai golongan darah yang netral, kesuburan sebenarnya juga bisa dipengaruhi oleh faktor usia.

5. Setiap golongan darah berisiko menyebabkan dampak negatif terhadap kehamilan

Golongan darah apapun itu, setiap wanita hamil dipastikan rentan terkena masalah saat kehamilan. Sebagaimana diketahui faktor Rhesus (Rh) bisa menentukan golongan darah positif dan negatif pada bayi. Komplikasi bisa terjadi saat kehamilan jika golongan darah Rh bayi berbeda dari ibu. Misalnya, jika ibu punya golongan darah positinf, tubuh ibu sebenarnya bisa membangun antibody terhadap golongan darah bayi. Untungnya, hal ini tidak mempengaruhi bayi, tapi bisa berdampak negatif pada kehamilan berikutnya.

Untungnya, dokter bisa mencegah masalah ini di awal kehamilan dengan memberikan ibu hamil suntikan yang bisa mencegah masalah ketidakcocokan Rhesus.


Baca Juga : 

Komik Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah

Setelah Donorkan Darah, Ini Hal yang Patut Dilakukan!


6. Golongan darah AB rentan mengalami demensia dan alzheimer

Mereka yang bergolongan darah AB 82% lebih besar berisiko mengalami penurunan kognitif di usia tertentu.

Menurut ahli neurologi, risiko ini bisa terjadi karena golongan darah AB mengandung lebih banyak protein Facktor VIII, yang mendukung pembekuan darah.

Mereka yang memiliki kadar protein yang lebih tinggi dari 24% kemungkinan akan mengalami penurunan daya ingat.

7. Golongan darah O kecil kemungkinan mengalami stroke

Mereka yang bergolongan darah O kemungkinan kecil mengalami masalah kardiovaskular dan stroke dibanding dengan golongan darah yang lainnya.

Penelitian yang dilakukan Journal of Thrombosis dan Haemostasis ini menyampaikan bahwa alasan kenapa hal ini terjadi kemungkinan karena golongan darah O mengandung protein penyebab pembekuan darah dan stroke dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

8. Golongan darah O lebih disukai oleh nyamuk

 Apa kamu suka digigit nyamuk dibandingkan dengan teman lain yang bukan golongan darah O. Maka kamu harus tahu alasannya. Para peneliti menemukan bahwa tipe golongan darah O dua kali lebih menarik bagi nyamuk karena kandungan darahnya memproduksi aroma yang lebih menarik bagi nyamuk.

Mengetahui tipe golongan darah ternyata sangat penting untuk tahu kondisi kesehatan kita loh! Jadi, bagi kamu yang belum tahu golongan darahmu, yuk segera lakukan medical check up dan tanyakan lebih jelasnya tentang kondisi kesehatanmu kepada dokter yang menanganimu.

Sumber : Readerdigest.ca | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

upin ipin 20 February 2020 - 06:10:46

Hewan yang penakut

0 Answer

ria rahmadani 19 February 2020 - 20:05:36

Pengertian dari masalah sosial

0 Answer

Benedicto Morio Wada 18 February 2020 - 14:51:23

Riri Panjaitan

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (2)