Lori Mora

Official Writer
1369


Seseorang pernah nanya begitu. “Aku pikir Tuhan itu mungkin gak peduli sama apa yang terjadi sama hal-hal kecil yang kita alami. Alam semesta cukup besar dan kita itu kecil sekali. Jadi kenapa Dia harus memikirkan kita? Dia Tuhan yang terlalu sibuk untuk peduli sama apa yang terjadi ke kita.”

Mari membahas pertanyaan ini dari sudut pandang Tuhan sendiri.

Kalau kita menyamakan Tuhan dengan manusia, yang notabenenya terbatas, dan yang hanya fokus sama beberapa hal sama dalam satu waktu, maka kita orang yang keliru. Sebagai manusia, kita sendiri kadang gak bisa tahu apa yang sedang terjadi dalam hidup kita sendiri, apalagi dengan hidup orang lain.

Tapi berbeda dengan Tuhan. Dia bukan pribadi yang terbatas. Kalau kita gak bisa tahu semua hal, maka Dia adalah Allah yang maha tahu. Waktu kita bilang Tuhan itu terlalu besar, itu artinya Dia bahkan tahu hal sekecil apapun dalam hidup kita secara detail. Akitab berkata, “Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.”

Inilah alasan kenapa kita harus mempercayai-Nya dan berbalik kepada Tuhan atas segala keprihatinan yang kamu alami. Kita gak sendiri. Kita juga gak dibiarkan menempuh jalan kita sendiri secara membabi buta lewat kehidupan. Tuhan menciptakan kita dan Dia mengasihi kita dan peduli akan setiap detail kehidupan kita. Buktinya adalah kalau Dia mengutus Anak-Nya, Yesus, ke dunia untuk menawarkan kepada kita kehidupan kekal.

Perjalanan hidup Yusuf membuktikan bagaimana Tuhan memperhatikan setiap detail yang dilewati Yusuf muda. Dan setiap detail itu sendiri dipakai Tuhan untuk mempersiapkan Yusuf dan menempatkan dia di tempat yang tepat sebagai pengawas bagi bangsa Mesir.


Baca Juga:

Gak Semua Hal yang Kita Alami Buruk, Pandanglah Hidupmu Dengan Berbeda

Hitunglah Hari-harimu Sedemikian dan Temukanlah Hikmat Dari Tuhan


Tuhan mengangkat seorang budak yang dibuang itu menjadi sosok terpenting kedua di Mesir.

Mungkin kita gak bisa lihat bagaimana cara Tuhan memperdulikan anak-anak-Nya. Karena itu, kita harus melihat apa yang Tuhan sudah ungkapkan ke diri kita dan tujuan-Nya. Sama seperti waktu kita berdoa, kenapa Tuhan menuntun kita berdoa dalam Roh? Karena Dia mau kita berdoa sesuai dengan apa yang Tuhan tunjukkan dan gerakkan, bukan berdoa dari apa yang kita lihat.

Kita harus percaya kalau Tuhan itu adalah pribadi yang detail atas hidup kita. Jadi gak heran kalau Dia berkuasa untuk 7 hal ini:

1. Punya Rencana Atas Alam Semesta

Alam semesta bukanlah mobol tanpa kemudi atau pengemudi tanpa peta. Dia punya tujuan atas alam semesta ini.

Alkitab sering berbicara tentang rencana besar Tuhan. Ini adalah tujuan dari ayat Alkitab yang tertulis dalam Roma 8: 28, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Tuhan adalah pembuat rencana dan Dia sudah memikirkannya jauh sebelum manusia diciptakan. Jadi pada akhirnya Dia akan mewujudkan rencana itu.

2. Tuhan Menyusun Cetak Biru Manusia

Rencana Tuhan juga disebut takdir. Tuhan memprogram semua yang akan terjadi (Efesus 1: 11). Dari dialah berasal segala sesuatu (Roma 11: 36). Dia gak hanya menciptakan semuanya (Kejadian 1: 1), tapi juga menyusun cetak biru atas segala sesuatunya. Dia menetapkan sebelumnya apa yang akan terjadi, dan Dia melakukan hal ini sebelumnya di dalam kekekalan. Dialah Allah yang meletakkan fondasi sebelum dunia ini dijadikan.

3. Tuhan Merencanakan Setiap Detail

Ada waktu untuk segala sesuatu yang terjadi kata Pengkhotbah 3: 1. Tuhan sudah merencanakan sebuah tujuan besar sedetail mungkin. Dia yang mepersiapkan kita bahkan sebelum kita dikandung. Dia tahu berapa jumlah helai rambut di kepala kita. Dia adalah sang arsitek dunia dan rencana-Nya selalu detail.

4. Gak Ada Yang Kebetulan Bagi Tuhan

Tuhan sudah menentukan segala sesuatunya lebih dulu. Jadi gak ada sesuatu hal yang terjadi yang bersifat kebetulan.

5. Rencana Tuhan Gak Bisa Dihindari

Rencana Tuhan harus terjadi. Kita gak bisa menghindari rencana-Nya karena hal itu bersifat berdaulat dan tak terbantahkan. Baik malaikat, iblis dan kita orang berdoa gak bisa menghentikan rencana-Nya (baca Titus 1: 2; Ibrani 6: 17 dan Ayub 42:1).

6. Tuhan Bahkan Memakai Seorang Pendosa

Di dalam Alkitab, ada begitu banyak orang berdosa yang justru dipakai Tuhan untuk menyatakan kehendak-Nya. Hal ini membuktikan kalau Tuhan peduli dengan apa yang kita lakukan, sekecil apapun itu. Karena dengan itu, Dia bisa memakainya untuk mendatangkan kebaikan.

7. Tuhan Peduli Kepada Semua Orang Karena Itu Dia Mengorbankan Anak-Nya

Karena begitu besar kasih Tuhan akan dunia ini, Dia rela mengorbankan anak-Nya yang tunggal. Dan gak ada kasih yang lebih besar dari itu. Tuhan peduli saat kita melakukan dosa, karena Dia gak ingin kita binasa. Karena itulah Dia merencanakan karya penebusan melalui Yesus.

Ada banyak kisah yang sudah kita dengar tentang bagaimana Tuhan bekerja dengan sangat detail. Jadi, percayalah kalau hal sekecil apapun di dalam hidup kita gak pernah luput dari perhatian-Nya.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7250

advertise with us