Jangan Tunggu Tua! Ini Waktu yang Pas Buat Cek Kolesterol
Sumber: canva.com

Health / 10 April 2022

Kalangan Sendiri

Jangan Tunggu Tua! Ini Waktu yang Pas Buat Cek Kolesterol

Claudia Jessica Official Writer
3792

Jika kamu seorang yang sehat berusia 20-30 tahun, kamu mungkin lebih khawatir pada stres kerja dan keuanganmu daripada kolesterol. Tapi penting untuk kamu mengetahui 'angka' kesehatanmu, lagi pula itu bukan sesuatu yang perlu kamu tunda hingga paruh baya terlebih dahulu.

Mengapa? Studi menunjukkan bahwa kolesterol tinggi bisa mempengaruhi kesehatan hati jangka panjang.

 

Mengapa Penyaringan Kolesterol Sangat Penting?

Tubuhmu membutuhkan beberapa kolesterol (zat lilin, seperti lemak dalam darah) untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu. Tapi ketika kolesterol terlalu banyak dari sirkulasi dalam tubuhmu, itu bisa mulai menumpuk di dinding bagian dalam pembuluh darahmu yang menghalangi aliran darah ke jantung dan otak. Bahkan bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Terapi dan perubahan gaya hidup adalah cara yang efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi ke kisaran yang sehat. Tapi banyak orang tidak mengetahui jika dirinya memiliki kolesterol yang tinggi karena mereka mereka tidak merasakannya.

Disinilah penyaringan perlu dilakukan. "Panel lipid adalah tes darah penyaringan yang mudah dan murah, yang dapat sangat membantu dalam mengidentifikasi pasien yang berisiko penyakit kardiovaskular." ahli jantung preventif Luke Laffin, MD menjelaskan.

 

BACA JUGA: Ini Dia! Cara Mengalahkan Kolesterol Jahat!

 

Apa itu tes darah panel lipid?

Survei Cleveland Clinic baru-baru ini menemukan  bahwa hanya satu dari lima orang Amerika yang sadar bahwa tes kolesterol panel lipid harus dimulai pada usia 20-an, bahkan sekali pun mereka tidak memiliki gejala penyakit jantung.

Pedoman terbaru dari American College of Cardiology dan American Heart Association menyerukan kepada orang dewasa yang sehat yang tidak memiliki penyakit jantung untuk diuji kadar kolesterolnya setiap empat hingga enam tahun, dimulai pada usia 20 tahun.

Orang-orang yang memiliki penyakit jantung atau yang menggunakan obat penurun kolesterol, atau mereka yang memiliki faktor risiko tambahan, mungkin perlu dites lebih sering. Anak-anak tertentu yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung juga harus melakukan penyaringan.

Doktermu juga bisa melakukan test ini. Meskipun ada alat tes kolesterol yang bisa kamu beli di took obat atau online, Dr. Laffin merekomendasikan untuk tidak menggunakannya.

"Ada terlalu bayak variabel dalam pengukurannya dari merek satu dengan merek yang lain" katanya.

"Saya akan merekomendasikan untuk melakukan ini dengan laboratorium profesional."

 

BACA JUGA: 14 Makanan yang Haram Disantap Penderita Kolesterol, Yang No. 3 Wajib Hukumnya!

 

 

Panel lipid akan mengukur beberapa hal sebagai berikut:

Total kolesterol. Level kolesterol total optimal adalah <200 mg / dL.

Kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL), juga disebut kolesterol "jahat". Level LDL optimal adalah <100 mg / dL.

Lipoprotein densitas tinggi, juga disebut kolesterol "baik". Kadar HDL yang optimal adalah> 60 mg / dL.

Trigliserida yang merupakan jenis lain dari molekul lemak. Tingkat optimal trigliserida adalah <150 mg / dL.

Jika nomor kamu tidak termasuk dalam kisaran yang sehat, doktermu mungkin meresepkan statin atau merekomendasikan untuk melakukan beberapa diet atau perubahan gaya hidup.

Manajemen kolesterol adalah kunci untuk meminimalkan risiko penyakit jantung dan stroke. Tapi penting untuk mengingar bahwa itu hanyalah satu faktor yang berkontribusi terhadap risikonya.

Doktermu bisa bekerja denganmu untuk memastikan risikomu berdasarkan angka kolesterolmu ditambah dengan risiko lainnya seperti riwayat keluarga, merokok, tekanan darah dan juga usia.

Sumber : health.clevelandclinic.org
Halaman :
1

Ikuti Kami