Lori Mora

Official Writer
597


Perayaan Tahun Baru Imlek sudah di depan mata. Biasanya perayaan ini identik dengan beragam menu makanan nan lezat dan bikin kita kepengen makan terus.

Buat kamu penggemar Chinese food pastinya bakal nyobain semua jenis menu apalagi kalau itu benar-benar enak di lidah.

Walaupun kita cukup menikmatinya, tapi bukan berarti semua makanan yang kita makan bermanfaat baik buat tubuh. Seperti contoh terlalu banyak makan bakmi terbukti bisa merusak kesehatan lambung. Begitu juga terlalu banyak makan seafood dan daging babi.

Nah, supaya kesehatan tubuh tetap terjaga setelah makan Chinese food. Perhatikanlah beberapa hal ini, pertama hindari makanan berminyak, daging berlemak dan ikan dengan segudang saus. Daripada mengkonsumsi makanan semacam itu, ada baiknya mencoba menu-menu sehat ini:

1. Makan beras merah

Sebagian besar Chinese food terdiri dari menu diet tradisional China. Salah satunya adalah nasi merah. Kamu bisa mengikuti tradisi makan orang China dimana saat makan mereka akan menakar nasi dalam mangkuk kecil dan memakannya dengan sumpit. Pastikan untuk tidak memakan nasi melebihi dari takaran nasi dan lebih banyak menambah menu sayuran yang kaya serat.

2. Pilihlah menu makanan berkuah seperti sup

Salah satu sup China yang paling sehat adalah sup Wonton. Dalam semangkuk sup mengandung 100 kalori. Dan dengan kandungan ini, kamu masih bisa menikmati beberapa menu makanan lain.

Beberapa studi bahkan menyarankan untuk menikmati sup sebelum menyantap menu utamanya.


Baca Juga:

5 Pilihan Makanan Sehat Untuk Santapan Imlek

Sehat Ala Imlek, Yuk Sajiin Pindang Bandeng Aja...


3. Awali makan dengan menu pembuka

Di restoran-restoran Chinese, seperti Imperial, biasanya mereka akan menyediakan makan pembuka atau dimsum seperti pangsit kukus atau bakpao. Nah, biar lebih sehat tanpa harus mengurangi kenikmatan makanannya, kamu bisa memilih hidangan yang dikukus seperti tahu dengan campuran sayuran.

Dengan menyantap menu makanan pembuka, setidaknya kamu bisa mengontrol keinginan makan yang berlebihan.

4. Makan makanan sehat seperti tahu

Sertakanlah hidangan yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung seperti tahu atau capcai goreng atau sayuran kukus lain yang kaya serat.

5. Jangan pesan makanan berlebihan

Saat makan di restoran Chinese Food, kita sering berpikir untuk menyantap semua menu makanan yang ada tanpa harus takut gak habis. Ini bukan persoalan habis gak habis. Lebih dari itu, waktu makan kita juga harus berpikir pada seberapa banyak tubuh kita bisa menampung makanan.

Kekenyangan adalah salah satu kebiasaan makan yang justru akan merusak kesehatan. Karena itu penting untuk tetap menakar seberapa banyak menu makanan yang harus dipesan untuk sekali makan. Jangan sampai berlebihan ya!

6. Hindari makanan-makanan berminyak dan berlemak

Bakmi goreng adalah salah satu andalan dari restoran Chinese Food. Sayangnya, kandungan karbohidrat dan juga minyaknya bisa sangat merusak kesehatan. Apalagi jika memadukan bakmi dengan karbohidrat lain dalam sekali makan. Kita tahu kalau terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, minyak dan juga lemak itu bisa menyebabkan kolesterol dan penyakit lainnya. Jadi, daripada harus merusak tubuh karena kebiasaan makan yang gak sehat, akan lebih baik mengontrol pola makan kita.

Pilihlah makanan yang sehat, aman dan berguna buat tubuh.

Nah, buat kamu yang mungkin akan mempersiapkan beragam menu makanan untuk perayaan Tahun Baru Imlek juga perlu memilih menu mana yang cocok untuk dihidangkan bagi keluarga dan juga kerabat terdekatmu.

Sumber : Thehealthy.com | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

advertise with us


7268

advertise with us