Gak Nyangka, 5 Hobi Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Sehat Loh!

Health / 17 January 2020

Kalangan Sendiri

Gak Nyangka, 5 Hobi Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Sehat Loh!

Lori Official Writer
2421

Kita berpikir kalau hobi hanyalah kebiasaan yang hanya bisa menyenangkan pikiran kita. Tapi tahukah kamu kalau melakukan berbagai hobi di bawah ini sangat bermanfaat untuk beberapa kondisi kesehatan ini:

1. Menari

Menari adalah salah satu hobi yang sangat baik bagi kesehatan. Selain mendukung kesehatan fisik, menari juga membantu menjaga kesehatan jantung, stamina dan memperkuat tulang dan otot.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cochrane Review 2011 meneliti 94 studi yang melibatkan 9917 peserta menemukan bahwa menari setidaknya tiga kali seminggu bisa meningkatkan keseimbangan bagi orang-orang lansia.

Menari juga berguna untuk kesehatan otak. Sebuah studi di New England Journal of Medicine melaporkan hubungan antara menari secara teratur bisa mengurangi risiko demensia sebanyak 76%. Menakjubkan bukan?

2. Berkebun

Berkebun mungkin awalnya dianggap bukan termasuk olahraga. Tapi penelitian melaporkan kalau berkebun adalah aktivitas olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti mencabut rumput, menanam dan menggunakan alat berkebun merupakan bentuk aerobik ringan dimana otot bisa terlatih dan membuatnya menjadi lebih fleksible.

3. Menulis

Hobi menulis terbukti salah satu penyembuh luka. Duduk di meja dengan laptop atau kertas dan pena bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik, termasuk memperbaiki memori, menurunkan tingkat stress dan memberi tidur nyenyak.

Beberapa penelitian juga menemukan kalau menulis tentang pengalaman atau kisah mereka sendiri sangat membantu pasien kanker sembuh dari penyakit mereka, menurunkan tingkat stress dan meningkatkan kekuatan fisik.

Yang paling luar biasa, menulis adalah alat yang hebat untuk mengekspresikan diri. Sementara menulis jurnal tentang trauma bisa bersifat katarsis.

Baca Juga: Kopi Susu Bisa Bikin Obesitas, Menkes Terawan Anjurkan Millenial Konsumsi Kopi Ini...

4. Bermain dan mendengar Musik

Bermain dan mendengar musik juga bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik.

Di tahun 2013, Medical News Today melaporkan ulasan tentang musik dan penyakit neurokimia.

Studi itu menyebutkan bahwa musik bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tingkat stress dan kecemasan dan mengurangi depresi.

Di antara pasien yang menunggu operasi, mendengarkan musik ternyata lebih efektif dalam mengurangi kecemasan daripada obat-obatan yang diresepkan dan mendengarkan dan bermain musik dikaitkan dengan penurunan kadar kortisol hormon stress yang lebih rendah.

5. Memelihara hewan peliharaan

Hewan peliharaan bisa jadi sahabat baik. Mereka bisa membantu kita menjadi lebih sehat.

Menurut CDC, memelihara hewan peliharaan gak hanya membuat kita aktif olahraga, tapi juga terdorong untuk menikmati alam luar dan bersosialisasi dengan orang lain.

Selain itu, memelihara hewan peliharaan bermanfaat untuk:

  • Menurunkan tekanan darah
  • Menurunkan kolesterol
  • Menurunkan trigliserida
  • Menyeimbangkan emosi

Faktanya, mereka yang memelihara anjing terbukti bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Jadi, apa salah satu hobi yang sering kamu lakukan? Apakah salah satu dari lima hobi di atas? Yuk jadi kesehatan kita dengan melakukan beberapa hal-hal positif.

Sumber : Medical News Today | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami