#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus, Rasul Yakobus Murid Yang Jadi Martir Pertama

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus, Rasul Yakobus Murid Yang Jadi Martir Pertama

Puji Astuti Official Writer
3158

Tahukah kamu kalau dari ke dua belas rasul, Yakobus anak Zebedeus merupakan orang pertama yang tewas sebagai martir, dan merupakan satu-satunya rasul yang kematiannya di catat di dalam kitab Perjanjian Baru (Kis 12:2)?

Menarik bukan? Yuk kita baca pembahasan tentang Rasul Yakobus yang dibuat oleh JC Channel ini.

Nama Yakobus atau Lakobus berasal dari   Bahasa Yunani, sedangkan dalamBahasa Ibrani berasal dari akar kata Ya’qov atau yang kita sebut Yakub, yang artinya “penipu”. Nama Yakobus kemudian diberi makna baru, yaitu : Tuhan melindungi.

Selain itu, Yakobus adalah salah satu murid pertama Yesus, bersama dengan Simon Petrus dan Yohanes (Lukas 5:2-11). Yakobus bersama saudaranya Yohanes saat itu sedang menjala ikan, Yesus memanggil mereka untuk mengingkutinya (Matius 4:21-22) dan segera mereka meninggalkan perahu dan ayah mereka.

Dari keluarga berkecukupan dan juga adalah sepupu Yesus

Yakobus dan Yohanes berasal dari desa di sekitar Danau Galilea, dan berdasarkan referensi di Markus 1:20 dimana ayahnya memiliki pekerja menunjukkan bahwa keluarga Yakobus dan Yohanes tergolong berkecukupan.

Yang lebih menarik adalah Yakobus adalah kakak kandung Yohanes dan bahwa kedua murid Yesus ini adalah saudara sepupu Yesus, karena Salome ibu mereka adalah saudara Maria, ibu Yesus.

Yakobus adalah salah satu murid Yesus yang bersemangat dan ambisius. Beberapa hal yang dicatat Alkitab yang menunjukkan karakter   Yakobus adalah :

1# Yakobus berambisi dan berani meminta kepada Yesus untuk duduk disisinya saat Dia memerintah sebagai Raja nanti dan menyanggumi akan meminum cawan penderitaan Yesus. (Markus 10: 35-37)

2# Meminta izin kepada Yesus untuk meminta api turun dari langit untuk memusnahkan sebuah desa di Samaria yang tidak mengijinkan mereka lewat (Lukas 9:51-56)

3# Yakobus bersama dengan Simon Petrus dan Yohanes menjadi saksi mata penting pelayanan dan mukjizat yang dilakukan Yesus, antara lain adalah kebangkitan anak Yairus, Yesus dimuliakan dan mengalami perubahan wajah di atas bukit, menjelang penyalibannya,.

4# Yakobus bersama Yesus ketika di bukit Zaitun ketika Yesus berdoa. Yakobus adalah salah satu murid bersama dengan Petrus dan Yohanes yang diajak lebih jauh untuk berdoa bersamanya (Markus 14:33).

Sekalipun Yakobus memiliki temperamen yang meledak-ledak dan kasar, hal itu tidak menghalangi Yesus untuk menjadikannya salah satu murid terdekat-Nya. Karena sikap ambisiusnya, Yesus mengajarkan perumpamaan bahwa mereka yang ingin menjadi yang terbesar di dalam Kerajaan Allah harus menjadi hamba bagi sesamanya dan menempatkan mereka di atas kebutuhan dan keinginannya sendiri.

Bukan hanya Yakobus yang ditegus karena ambisinya itu, namun para murid yang lain juga ditegur Yesus karena cemburu kepada Yakobus.

Baca juga : 

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus dan Kematian Mereka, Rasul Petrus

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus dan Kematian Mereka, Rasul Andreas

Bagaimana kematian Yakobus?

Sekalipun tidak dituliskan dalam kitab Kisah Para Rasul ataupun catatan kuno, namun Yakobus di percaya memberitakan Injil ke wilayah Hispania. Dia melakukan perjalanan ke wilayah Galisia, Spanyol; Guimares, Partugal; dan Rates (sekarang Povoa de Varzim, Portugal).

Dipercaya, Yakobus adalah rasul pertama yang mati demi imannya, karena dia adalah salah satu murid Yesus yang paling vokal saat itu. Yakobus adalah satu-satunya rasul yang kematiannya dicatat di Alkitab, selain Yudas Iskariot. Ia tewas di tangan Raja Herodes dengan cara di penggal sekitar tahun 44 Masehi. Yang ironis, satu-satunya rasul yang mati karena usia tua adalah saudaranya, yaitu Yohanes.

Apakah Rasul Yakobus adalah yang menulis kitab Yakobus?

Jawabannya adalah bukan. Kitab Yakobus dipercaya ditulis oleh Yakobus, saudara Yesus yang baru percaya kepada Yesus setelah kebangkitan-Nya. Selain itu kitab Yakobus dipercaya ditulis setelah tahun 45 Masehi, pada saat itu Yakobus anak Zebedeus sudah menjadi martir.

Apakah kamu diberkati dengan artikel di atas? Cari tahu tentang   Fakta Alkitab lainnya di akun YouTube JC Channel ya, dengan KLIK DISINI. 

Baca juga : 

#FaktaAlkitab – Siapakah Sebenarnya Orang Farisi Itu?

 

#FaktaAlkitab – Terowongan Air Rahasia Raja Hizkia

Sumber : JC CHANNEL

Ikuti Kami