Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
432


Dua hari belakangan ini, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan kabar kejahatan seorang pemuda asal Jawa Barat bernama Reynhard Sinaga. Pria kelahiran Jambi, 19 Februari 1983 akhirnya didakwa seumur hidup oleh pengadilan Machester, Inggris setelah terbukti melakukan 159 kasus perkosaan, yang 48 diantaranya telah melaporkan tindakan kejahatannya kepada pihak kepolisian.

Kasus ini bahkan telah menjadi kasus pemerkosaan dengan jumlah korban terbanyak sepanjang sejarah peradilan Kerajaan Inggris.

Namun, tampaknya Reynhard seolah tak menyesali perbuatan kejinya itu. Seperti diberitahukan bahwa selama menjalani persidangan, pria yang sudah tinggal di Inggris sejak tahun 2007 ini justru tampak biasa-biasa saja dan bahkan kerap tersenyum.

Karena itulah para ahli menduga Reynhard mengalami dua penyakit ini:

1. Psikopat

Dari setiap jawaban, tanda dan gerak tubuh yang ditunjukkan Reynhard selama persidangan, seorang penyidik bernama Inspektur Detektif Zed Ali menduga pria ini mengalami penyakit psikopat.

Dia meyakini hal tersebut dari sikap Reynhard yang seolah tidak merasa bersalah atas tindakannya.

Penyakit psikopat sendiri adalah penyakit kejiwaan yang dicirikan dengan sifat egosentris dan antisosial. Penderita biasanya sering menggunakan kepribadian palsu untuk berinteraksi dengan orang lain. Mereka bahkan bisa dengan nekad melakukan kejahatan dengan cara yang sangat misterius karena itu mereka penderita psikopat kerap disebut sebagai pembunuh berdarah dingin. Psikopat juga bisa melakukan tindakan pemerkosaan yang keji dan menyiksa orang lain yang tak bersalah dengan cara yang sadis.

Dalam ilmu kedokteran, psikopat adalah suatu gangguan kepribadian dimana penderita menunjukkan tanda-tanda seperti lebih antisosial, impulsif, mengabaikan aturan umum dan tidak punya perasaan takut dan bersalah.

Beberapa tanda lain seseorang menderita psikopat adalah:

- Pintar berbicara dan suka tebar pesona

- Pintar berbohong dan meyakinkan orang lain

- Berpikir dengan licik dan manipulatif

- Tidak bisa merasakan emosi seperti manusia pada umumnya

- Jadi korban pelecehan atau bully di masa kecil

Untuk mengetahui apakah seseorang menderita psikopat, bisa dilakukan dengan menjalani serangkaian tes Diagnostid and Statistical Manual of Mental Disorders, Fifth Edition (DSM-5). Tes ini sendiri sudah tersedia di Amerika Serikat.

Baca Juga:

Tidak Bermain Buat Anak Jadi Psikopat

Psikopat dan Hilangnya Perasaan Bersalah

2. Necrophilia

Seorang seksolog Profesor Dr dr Wimpie Pangkahila SpAnd, FAACS, menduga kalau Reynhard juga kemungkinan mengalami gangguan jiwa necrophilia.

Hal ini ditandai dari tindakannya yang membius korban lebih dulu dan setelah tak sadarkan diri, dia baru melakukan aksinya.

Necrophilia sendiri adalah kelainan seks dimana seseorang terdorong bercinta dengan jenazah. dr Wimpie Pangkahila menyebut kalau ini adalah sejenis gangguan kejiwaaan pada diri seseorang.

Ada tiga jenis necrophilia, diantaranya:

- Necrophilia homicide dimana pelaku membunuh korban lalu memperkosanya

- Necrophilia regular yaitu pelaku hanya memakai jasad seseorang untuk memenuhi kepuasan seksualnya.

- Necrophilia fantasy yaitu pelaku hanya berfantasi melakukan hubungan intim dengan mayat.

Walaupun Reynhard tidak melakukan pembunuhan atau menargetkan jasad sebagai objeknya, namun ciri-ciri yang dilakukannya tergolong pada necrophilia. Karena dia mencoba untuk membuat korbannya tak sadarkan diri lebih dulu.

Biasanya penyakit ini kebanyakan dialami oleh kaum pria. Dan untuk sembuh dari penyakit yang satu ini, penderita harus menjalani perawatan psikopatologi yang sesuai. Salah satunya terapi kognitif.

Tindakan kejahatan luar biasa ini, kini jadi sejarah kelam peradilan di Inggris. Tentu saja hal ini berdampak besar bagi nama baik Indonesia. Apalagi bagi mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan dan tinggi di negara tersebut. Karena itu, mari jadikan kasus ini sebagai satu peringatan penting yang patut diketahui semua anak muda Indonesia. Dan juga terlebih supaya setiap orang bisa lebih waspada dan berjaga-jaga dan gak jadi salah satu korban dari seorang penderita kelainan seperti Reynhard Sinaga.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hendriawan Purnama 21 January 2020 - 22:30:41

Sodom

0 Answer

shierly halim 21 January 2020 - 10:16:15

contact us

0 Answer

Enda Napitupulu 19 January 2020 - 12:18:53

Bolehkan kita bekerja di lembaga syariah?

1 Answer


Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

sea_regardz 16 January 2020 - 10:12:26
Shalom bapak/ibu terkasih. Mohon sekali doa-doany... more..

Banner mitra januari 4


7265

Banner solusi talks