Tidak Bermain Buat Anak Jadi Psikopat

Psikologi / 5 March 2009

Kalangan Sendiri

Tidak Bermain Buat Anak Jadi Psikopat

Puji Astuti Official Writer
5085

Anda mungkin pernah mendengar tentang seorang siswa yang menembak mati 10 orang temannya di Finlandia barat pada tahun 2008 lalu. Menurut penelitian yang dilakukan pada 26 narapidana yang melakukan pembunuhan sadis, hal tersebut rata-rata dipicu karena dibesarkan di sebuah keluarga yang sering menganiaya, dan mereka memiliki waktu yang sangat sedikit untuk bermain. Penelitian ini dilakukan oleh Texas Tower University.

Stuart Brown seorang asisten professor dari fakultas kedokteran Baylor College di Houston, melakukan interview terhadap 6000 orang tentang masa kecilnya. Hasilnya mereka yang memiliki kesempatan untuk bermain dan berimajinasi pada masa kecilnya, ketika bertumbuh dewasa menjadi seseorang yang bahagia dan baik.

Tiga hal yang harus digaris bawahi bagi para orang tua tentang pentingnya bermain adalah :

  • Bermain dengan bebas menurut para ilmuwan sangat penting dalam pengembangan kemampuan social anak, mengurangi stress, dan membangun kemampuan kognitif anak seperti kemampuan untuk menemukan jalan keluar suatu permasalahan.
  • Permainan dimana anak bisa bereksplorasi dengan bebas lebih berdampak dari pada suatu permainan yang sudah diatur.
  • Anak-anak dan hewan yang tidak pernah bermain atau kurang bermain pada waktu mudanya bertumbuh menjadi pribadi yang keras dan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri secara sosial.

Bagi orang tua, saatnya Anda memberi perhatian lebih pada anak-anak. Jangan memenuhi jadwal anak Anda dengan terus belajar, beri mereka kesempatan untuk bermain sehingga mereka bisa bertumbuh menjadi seorang pribadi yang lebih baik.

Sumber : Sciam.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami