Banjir Melanda, Wapres Ma’ruf Amin Instruksikan Rumah Ibadah Jadi Posko Menolong Korban

Banjir Melanda, Wapres Ma’ruf Amin Instruksikan Rumah Ibadah Jadi Posko Menolong Korban

Puji Astuti Official Writer
854

Bencana banjir melanda wilayah Jabodetabek, menyebabkan belasan korban jiwa meninggal dunia dan ribuan warga kehilangan tempat tinggal. Pemerintah menginstruksikan agar masyarakat bergotong-royong untuk membantu sesama yang terkena bencana banjir, temasuk menggunakan tempat-tempat ibadah sebagai posko bencana banjir.

"Tempat-tempat ibadah seperti masjid, gereja, atau lainnya di daerah Jabodetabek bisa dimanfaatkan dan digunakan untuk menolong para korban bencana tersebut," deikian pernyataan Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, Kamis (2/1/2020) lalu.

Hal ini sudah dilakukan di berbagai daerah di berbagai wilayah Jabodetabek, sebagai contoh menarik adalah posko bantuan di Kawasan Wijaya, Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru Jakarta Selatan dimana ada dua posko yang tidak berjauhan yang dibuat oleh FPI dan satunya adalah posko dari Gereja Santapan Rohani Indonesia.

Posko FPI sendiri terletak di dekat Halte Wijaya I, dan sekitar 500 meter dari lokasi tersebut berdiri posko Gereja Santapan Rohani Indonesia.

Menurut Lurah Petogogan, Sarwanto seperti yang dikutip oleh CNNIndonesia.com,  ada sekitar 154 warga mengungsi di gereja hingga Kamis siang lalu, namun sorenya mereka sudah kembali ke rumah karena airnya sudah surut.

Sarwanto juga mengungkapkan bahwa bantuan untuk warga juga melimpah, “Sudah banyak bantuan, lebih dari cukup. Ada dari warga, dari Wakapolri, dari Polres Jaksel, semua ada menumpuk gitu. Nanti kita bagikan.”

Hingga Jumat pagi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat setidaknya ada 43 orang meninggal akibat banjir di Jabodetabek, Lebak dan Banten.

Seperti yang diinstruksikan oleh Wapres Ma’ruf Amin, yuk kita bergotong-royong saling menolong korban banjir, tanpa melihat latar belakangnya. Tunjukkan kasihmu dan ulurkan tanganmu untuk membantu mereka yang membutuhkan. 

Baca juga :

Banjir Mengepung Jakarta, Siapkah Gereja Jadi Posko Bantuan?



Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami