Lori Mora

Official Writer
739


Membuat resolusi setiap kali memulai tahun yang baru jadi sangat penting. Karena resolusi bisa jadi acuan untuk tetap membuat kita fokus mencapai sesuatu yang kita harapkan sepanjang tahun. Bukan hanya dalam hal membangun hubungan yang baik dengan orang lain, tapi resolusi juga berguna untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Gak lagi mengulangi kesalahan dan memulai sesuatu yang lebih baik ke depan.

Beberapa hal di bawah ini bisa kamu buat jadi list dalam resolusi pengelolaan keuanganmu di tahun 2020.

8. Dorong dirimu untuk terus maju

Memotivasi diri untuk melakukan sesuatu yang lebih di tahun baru gak akan pernah muncul tanpa adanya dorongan dari sesuatu yang kamu cintai. Misalnya, pasangan atau anak. Bagi yang sudah berkeluarga mungkin akan lebih mudah termotivasi oleh orang-orang yang dikasihinya. Tapi untuk para single, motivasi untuk maju bisa didapatkan dari persaingan dengan rekan atau teman dan juga dari pola pikir yang sudah diubah.

9. Habiskan lebih sedikit uang

Semua orang pasti suka kalau punya tabungan banyak. Salah satu dari banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa berhemat adalah konsisten mengatur pengeluaran.

Cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan mengevaluasi kembali pengeluaran setiap bulan. Lalu pangkaslah pengeluaran-pengeluaran yang gak penting.

10. Siap pindah kerja dengan gaji yang lebih tinggi?

Gaji yang lebih tinggi bisa membantumu merasa lebih aman secara finansial, punya lebih banyak tabungan dan bisa melunasi utang lebih cepat. Kalau kamu merasa di tahun ini gaji dari pekerjaanmu masih sangat kurang mencukupi, pikirkanlah untuk berani pindah kerja.

Carilah pekerjaan dengan pendapatan yang lebih baik. . Cobalah dari sekarang menemukan jenis pekerjaan yang tepat.

11. Buat tujuan keuangan jangka panjangmu

Kita bekerja tentu bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menabung uang yang banyak. Lebih dari itu, kita juga perlu punya rencana keuangan jangka panjang. Apakah kamu sudah punya tujuan untuk keuanganmu di masa depan? Kalau belum, mulailah dari sekarang!

Tujuan keuangan jangka panjang bisa bermacam-macam. Diantaranya bisa untuk dana pensiun, dana pendidikan anak, dana kesehatan, dana sekolah/kuliah, maupun dana menikah. Saat kamu punya tujuan, maka kamu akan lebih fokus untuk mengejar dan mendapatkan uang yang kamu butuhkan.

12. Catat semua pengeluaran bulanan

 Mencatat semua pengeluaran bulanan akan membantu mengatur keuangan lebih baik. Ini adalah resolusi keuangan yang paling sederhana yang bisa kamu aplikasikan di tahun 2020 ini.

Di jaman serba teknologi ini, kamu bisa memakai beberapa aplikasi untuk mencatat pengeluaranmu. Dan ini bisa jadi acuan untuk mengatur keuangan setiap bulannya.

13. Bayar utang

Kalau kamu ingin cepat terbebas dari beragam ikatan utang atau kredit, maka temukanlah solusi untuk mendapatkan uang ekstra untuk membayarnya. Kembali lagi ke poin nomor 1, kalau memungkinkan berinvestasilah untuk sesuatu yang ada di tanganmu.

14. Temukan kerjaan sampingan

Mengambil kerjaan sampingan juga akan sangat membantu keuanganmu. Entah itu pekerjaan jangka pendek atau panjang, keuanganmu akan sangat terbantu.

Entah apapun latar belakangmu, ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu ambil. Misalnya, jadi penjaga daycare untuk bayi dan balita, pengasuh anjing, penjaga toko, pengurus rumah dan sebagainya.

15. Bayar pajak lebih dini

Awal tahun adalah masa dimana semua wajib pajak perlu melaporkan pajaknya. Membayar pajak juga adalah bagian dari pengaturan keuangan. Semakin cepat kamu membayar pajak maka akan semakin baik.

Siap mencoba sesuatu yang baru di tahun ini? Jangan ragu! Yuk mulai dengan iman dan keyakinan kalau akan selalu ada jalan bagi yang mau berusaha untuk menjadi lebih baik.

Sumber : Moneyunder30.com | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7250

Banner Mitra Juni Week 1-2