Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Bersembunyi Dibalik Tameng Pelayanan, Apakah Kita Juga Melakukannya? Sumber : CBN.com

10 March 2019

 534
[Daily Devotional]

Bersembunyi Dibalik Tameng Pelayanan, Apakah Kita Juga Melakukannya?

Markus 8:36

Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya.

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 70; Markus 14; Bilangan 23-24

Aku berdiri di belakang meja yang melayani makanan, melirik ke mata seorang wanita yang belum pernah kutemui. Tetapi aku  tahu bahwa pengalaman kami akan selamanya mengubah efektivitasku dalam pelayanan. Ini bukan momen yang membanggakan ketika kamu menemukan, setelah bertahun-tahun dalam pelayanan Kristen, kamu tidak sungguh-sungguh melayani dalam nama Yesus.

Sampai beberapa hari sebelum malam yang menentukan itu, aku pikir aku sedang memberitakan Injil hanya dengan melayani kebutuhan fisik orang lain. Kemudian Tuhan mulai bertanya kepadaku apakah aku sedang bersembunyi di balik sendok sup, atau apakah aku  benar-benar memberikan pada orang-orang yang aku layani sajian yang utuh dari apa yang telah diberikan kepadaku?

Selama enam tahun sebelum itu saya menjalankan sebuah pelayanan yang "melayani" orang-orang pensiunan di komunitas dengan rumah mobil. Kami melakukan ratusan pekerjaan, menyediakan makanan dan transportasi, dan memiliki banyak peluang untuk membangun hubungan. Dilihat dari penampilan luar, saya adalah gambaran yang baik seorang pelayanan Kristen. Tetapi sekarang Tuhan memimpin saya untuk memeriksa berapa banyak saya berbagi sesuatu yang penting dan abadi dengan orang-orang itu.

Membantu orang dengan kebutuhan fisik adalah sesuatu yang alami bagi saya, tetapi memperhatikan kebutuhan yang jauh lebih penting bagi jiwa mereka? Melihat wanita ini mendekatiku malam itu, saya sampai pada kesimpulan yang meresahkan bahwa meskipun saya pikir telah melakukan pekerjaan Tuhan, dengan hanya memperhatikan kebutuhan yang saya lakukan dengan rasa nyaman,sebenarnya  saya tidak melakukan pekerjaan Tuhan. Saya bersembunyi di balik sendok, dan meringkuk di balik kuas cat. Saya telah memberi orang-orang apa yang dibutuhkan secara jasmani, tetapi karena rasa takut saya telah mengabaikan apa yang dibutuhkan jiwa mereka. "Apa gunanya bagi orang...?" Saya bisa memberi mereka bukan hanya pelayanan saya, tetapi dompet saya dan bahkan  "seluruh dunia", dan saya tidak akan menawarkan apa yang benar-benar mereka butuhkan.

Jadi saya berdiri di sana, bertanya-tanya apakah saya akan bersembunyi di balik ide lama saya tentang pelayanan Kristen atau keluar dari zona nyaman saya. Pertanyaan itu berlebihan, karena saya tahu pilihan sudah dibuat. Sebelum wanita ini bisa memilih kue apa, saya bertanya apakah saya bisa berdoa untuknya. Meskipun kami belum pernah bertemu, dia mengulurkan tangannya kepada saya dan kemudian seperti pintu air terbuka. Dia menceritakan kepada saya sebuah kisah yang akan sering kamu dengar di jalanan, dan saya berdoa. Kemudian dia menuntun saya melintasi tempat parkir untuk berdoa bagi suaminya juga. Ketika ketakutan saya berlalu malam itu, saya harus berbagi, benar-benar berbagi, apa yang sebenarnya penting bagi beberapa orang.

Menurut definisinya, iman berarti pindah dari ketidaknyamanan ke sebuah tempat yang tidak diketahui. Dapatkah kita membayangkan menjadi salah satu murid yang mengikuti Yesus ketika Dia pergi dari seorang pelacur ke orang yang kerasukan setan? Apakah kita ingin terlihat bersama pria yang berhubungan dengan orang-orang terbuang ini dan menjadikan-Nya sebagai Gembala kita? Akankah "nyaman" menggambarkan kehidupan kita bersama Yesus?

Mengikuti Yesus membutuhkan iman. Iman berarti meletakkan kenyamanan hari ini di tempat sampah untuk membuat ruang untuk mengunduh masa depan yang tidak pasti. Ketika kita mengikuti Yesus maka kita akan menderita patah hati karena melayani mereka yang akan mengecewakan kita, cemoohan orang-orang yang menentang kita, dan serangan tanpa henti dari orang yang ingin membuat kita keluar jalur. Itu semua adalah bagian dari proses pemangkasan yang menuntun kita untuk berbuah di Kerajaan Surga di bumi ini. Jika pelayanan Kristen nyaman, karena begitu banyak yang mencoba untuk mempertahankannya hari ini - seperti yang saya coba lakukan untuk mempertahankannya - maka itu bukan jenis pelayanan yang kita baca di manapun dalam Alkitab.

Banyak orang yang mengaku tidak percaya sama sekali pada Yesus juga melakukan perbuatan baik untuk mereka yang membutuhkan. Itu tidak sulit. Apa yang membedakan kita, dan apa yang tidak nyaman, yaitu dengan membawa pesan Injil yang menjadi motivasi kami untuk melayani. Kata-kata tanpa perbuatan gagal, seperti halnya perbuatan tanpa pesan. Seperti yang dikatakan Swanson dan Rusaw di The Externally Focused Church, "Perbuatan baik membuka jalan di mana kabar baik mengalir."

Yesus datang kepada kita dalam kata dan perbuatan. Begitulah cara Dia menunjukkan kepada kita kepenuhan cinta Allah dan membenarkan klaimnya sebagai Gembala yang Baik bagi kita. Pada akhirnya, Dia juga akan menghakimi kita berdasarkan kata-kata dan perbuatan kita.

Mulai sekarang, saya akan melakukan semua atau saya lebih baik tinggal di rumah. Tidak ada lagi yang bersembunyi di balik sendok sup dan berpikir kalau saya sedang melayani ketika saya menahan apa yang benar-benar "menguntungkan orang" lain. Kita perlu berbicara dan menjadi prajurit yang baik jika kita ingin benar-benar bermanfaat bagi mereka yang Dia berikan kepada kita. Bersama-sama, pelayanan kami dan pesan yang kami sampaikan memberikan sesuatu yang berharga yang dunia tidak bisa tawarkan.

Hak Cipta © 2014 oleh Michael Wolff. Digunakan dengan izin.

Sumber : CBN.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :
Bee Rambe 23 April 2019 - 01:54:31

artis

0 Answer

Carmel Lita 19 April 2019 - 14:19:30

Mohon doanya untuk ayah kami Ignatius Budi agar bi.. more..

1 Answer

fuamu 18 April 2019 - 14:26:35

bila pohon tumbang ke selatan atau ke utara

0 Answer


Kalvin Kristianto 24 March 2019 - 06:35:58
Shaloom, Minta doa-doanya saudara sekalian, terunt... more..

Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7243

Mision Trip