Lori

Official Writer
756


Apa kamu pernah dengar kota Batu Petra?

Belakangan nama ini jadi terkenal lantaran sejarahnya yang unik.

Kota Batu Petra, dalam bahasa Yunani, yang artinya batu adalah sebuah situs arkeologi yang berlokasi di Amman, Yordania. Tempat ini terkenal karena bangunannya yang terbuat dari bebatuan.

Bangunan bersejarah ini diperkirakan dibangun pada tahun 312 sebelum masehi. Sebelumnya ini adalah ibu kota Nabath. Lalu dinyatakan lenyap dan ditemukan kembali pada tahun 1812 oleh Johann Ludwig Burckhardt asal Swiss. Sejak saat itulah, kota yang dikenal dengan sebutan mawar merah ini jadi pusat destinasi wisata para turis. Dan sejak 2007 lalu dinobatkan sebagai 7 keajaiban dunia oleh Situs Warisan Dunia UNESCO.

Letak Batu Petra

Bangunan bebatuan ini terletak di dataran rendah di antara Gunung Harun yang membentuk sayap timur Wadi Arab, lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba, dengan ketinggian kurang lebih 800-1396 meter di atas permukaan laut. Dari kota Yordania, kota batu Petra berjarak 200 kilometer, yang bisa ditempuh dalam waktu 3 jam dengan mobil.

Petra sendiri tersembunyi di antara bebatuan dan tebing bertingkat dengan pasokan air yang sangat baik. Tempat itu hanya bisa dikunjungi melalui celah sempit di pegunungan dari arah barat daya atau timur melalui sebuah canyon dengan panjang kurang lebih 1.5 kilometer dan kedalaman 200 meter dengan celah sempit sebagai akses utamanya.

Berdasarkan sejarahnya, di Gunung Harunlah Musa memakamkan kakaknya Harun. Seperti kisah dalam Alkitab, Harun turut serta mendampingi Musa membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Saat dalam perjalanan menuju ke tanah perjanjian, Harun dan Musa tiba di wilayah Yordania dan disanalah akhir hidup Harun.

Arsitektur yang Dikagumi Wisatawan

Kemegahan dan arsitekturnya menjadikan kota Petra menjadi kesukaan para wisatawan.

Pahatan-pahatan di berbagai sudut dinding bebatuannya menjadi keunikan tersendiri. Kota ini bahkan dijadikan sebagai benteng pertahanan dari para musuh.

Di sana juga terdapat sebuah teater yang bermuatan 4000 orang.

 Gak heran jika arsitektur bebatuan Petra bernuansa Romawi karena kota ini memang bekas jajahan bangsa Romawi.

Di sinilah gereja pertama dibangun pada tahun 600 masehi.

Tips Wisata ke Kota Petra

Bagi yang ingin menjelajah kota Petra, perlu mempersiapkan waktu yang banyak. Mulailah di pagi-pagi benar, sekitar pukul 5-6 pagi. Sumber air yang sulit memaksa setiap pengunjung untuk membawa air dan makanan secukupnya.

Kedua, mengingat lokasinya berada ditengah gurun pasir yang panas dan berdebu, pakailah pakaian tertutup. Di sepanjang gurun pengunjung bisa menikmati pemandangan indah gurun.

Ketiga, siapkan stamina karena dibutuhkan tenaga yang banyak untuk menjelajahi semua situs kota Petra.

Terakhir, jangan lupa untuk tetap ramah dan menjaga kelestarian warisan dunia ini. Buat yang sudah ke sana, kamu patut bersyukur karena tempat ini memang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7236

Kanan Agustus