Ini Alasan Pentingnya Renungkan Perjalanan Karirmu di Akhir Tahun Ini…

Ini Alasan Pentingnya Renungkan Perjalanan Karirmu di Akhir Tahun Ini…

Lori Official Writer
997

Apa yang biasanya kamu renungkan menjelang akhir tahun? Apakah merenungkan perjalanan karirmu masuk dalam daftar?

Selain keluarga dan hubungan dengan orang yang kita sayangi, karir adalah bagian penting dalam kehidupan kita. Inilah yang jadi alasan kenapa kita perlu merenungkan perjalanan karir kita di akhir tahun ini, entah itu mensyukuri semua hal yang terjadi sepanjang tahun maupun memikirkan kembali rencana karir 5 tahun ke depan.

Proses evaluasi  penting untuk mengukur posisi dimana kita berada sampai saat ini dan apakah kita mengalami pertumbuhan atau kemandetan. Kalau ternyata kita menemukan banyak hal yang membuat kita lebih merosot, itu artinya kamu perlu berpikir soal apa yang perlu berjalan maju.

Mungkin kamu juga sudah merasakan kalau ternyata kamu gak ingin tetap berada di pekerjaan kamu sekarang, dengan posisi yang sama, gaji yang sama dan hal yang sama selama bertahun-tahun. Jadi, merenungkan kembali perjalanan karir bisa jadi momen untuk mendorong dirimu menghadapi tantangan dan tanggung jawab yang lebih. Mengevaluasi karir akan sangat membantu memahami apakah kamu berada di jalur yang tepat atau harus mencari peluang lain di tempat lain.

Selain itu, merenungkan kembali perjalanan karirmu membantu untuk menemukan apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidupmu.

Selama setahun ini, kamu bisa saja sedang berada di tempat yang membuatmu pasif. Kamu mungkin berpikir kalau gak ada juga gunanya untuk melakukan perubahan apapun atau kamu sudah mulai merasa nyaman dengan tempat kerjamu. Tapi dengan mengambil waktu sejenak dan memikirkan kembali perjalanan karirmu, bisa jadi memunculkan sesuatu yang sudah kamu lewatkan selama bertahun-tahun.

Tanyakan ke dirimu sendiri beberapa pertanyaan ini:

1. Apa hal terbesar yang mau aku capai dalam karirku di tahun ini?

2. Apa hal lain yang ingin aku capai?

3. Apa arti kesuksesan bagiku?

4. Apa hal besar yang ingin aku capai?

Dimana kamu melihat dirimu dalam tiga atau enam bulan dan di akhir tahun berikutnya?

Yakinilah kalau kamu akan bahagia dan puas dengan karir yang kamu pilih di tahun mendatang.

Jadi, pikirkanlah kembali dimana posisimu di awal tahun ini. Setelah itu pikirkanlah masa depanmu. Entah itu dimana kamu harus menabung untuk cicilan rumah, membeli mobil dan sebagainya. Atau kamu bisa memikirkan kembali apa hari yang sebenarnya cukup ideal bagimu untuk bekerja.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah memvisualisasikannya. Bisakah kamu melihat dirimu di masa depan? Kamu harus bisa melihatnya, apapun yang ingin kamu capai lakukanlah itu. Semua hal yang sudah kamu pelajari bisa kamu gunakan untuk membentuk karirmu di masa depan. Ini berarti kamu bisa memulai tahun yang baru dengan motivasi , fokus dan semangat yang maksimal.

Dan yang lebih penting, serahkanlah semua rencanamu kepada Tuhan. Karena bagaimanapun manusia hanya bisa berencana tapi Tuhan yang membuatnya jadi.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami