9 Kebiasaan Belanja di Hari Natal yang Bikin Bangkrut Keuangan, Salah Satunya Kejar Diskon

9 Kebiasaan Belanja di Hari Natal yang Bikin Bangkrut Keuangan, Salah Satunya Kejar Diskon

Lori Official Writer
771

Natal bikin bangkrut keuangan? Jangan salah, cara kamu penghabiskan uang bisa jadi masalahnya. Apalagi berhubung dengan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi selama akhir tahun, mulai dari beli kado, beli baju baru, dan belanja kebutuhan untuk perayaan Natal dan Tahun Baru.

Dari pengalaman banyak orang yang mengalami kebangkrutan di momen liburan Natal, ternyata rata-rata dari mereka mengaku kehabisan uang karena beberapa alasan ini loh!

#1 BELI KADO BUAT SEMUA ORANG

Natal memang identik dengan kado. Gak ada salahnya kalau kamu memberikan kado ke semua orang.

Tapi yang jadi masalahnya adalah kado yang bagaimana yang kamu kasih? Apakah kamu berpikir memberikan kado dengan harga yang mahal? Mungkin inilah salah satu alasan kenapa kamu bangkrut.

Pikirkanlah cara lain yang lebih terjangkau untuk menghadiahi semua orang. Misalnya, membuatkan kue untuk dimakan bersama atau membuatkan kartu ucapan Natal dengan tulisan tangan sendiri.

#2 BELANJA TANPA RENCANA

Gagal menetapkan anggaran liburan adalah kesalahan keuangan yang fatal.

Mudah sekali untuk mengeluarkan uang untuk hal-hal yang gak perlu dan hal inilah yang akan membuat uang kita lebih mudah habis.

Karena itu, buatlah daftar anggaran lebih dulu sebelum mengeluarkan uang. Pastikan untuk hanya fokus mencatat hal-hal yang penting saja.

#3 BELANJA BERLEBIHAN BUAT DIRI SENDIRI

Bagi kaum wanita, khususnya, sangat mudah untuk menyenangkan diri sendiri dengan belanja. Waktu pergi ke mall dan ketemu barang-barang menarik, tanpa pikir panjang mereka pasti akan langsung membelinya.

Tapi tahukah kamu, belanja berlebihan hanya akan menguras keuangan. Bukannya untuk dialokasikan ke hal-hal yang lebih penting, uang justru hanya habis untuk sesuatu yang gak terlalu penting.

#4 BELANJA BARANG MAHAL

Apa kamu salah satu orang yang suka belanja barang-barang mahal?

Sebagian orang bisa jadi impulsif membeli barang dengan harga mahal tanpa mempertimbangkan kondisinya dari berbagai sisi.

Punya uang bukan berarti harus mendorongmu untuk membeli barang mewah tanpa memikirkan harga. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana kamu mengalokasikan uang untuk hal-hal yang lebih penting selama musim Natal.

#5 KEBIASAAN MEMBANDINGKAN HARGA

Membandingkan harga dari satu toko ke toko lain hanya akan menghabiskan waktu dan juga tenaga. Apalagi kamu gak akan pernah bisa mendapatkan harga terbaik jika hanya mengandalkan apa yang kamu lihat saja.

Toko-toko biasanya akan memasang harga bersaing. Sehingga kamu bukannya mendapat harga yang lebih murah, tapi sebaliknya membeli dengan harga yang cukup mahal.

Membandingkan harga barang sebelum membelinya memang baik. Tapi akan lebih mudah melakukannya lewat online. Ada banyak barang yang sama yang bahkan dijual dengan harga yang relatif murah. Jadi, bisa lebih menghemat pengeluaranmu.


Baca Juga:

Begini Cara Tepat Rayakan Natalan di Kantor. Fokusnya Harus Tetap ke Yesus Ya!

Sering Bangkrut Karena Belanja? Ini 4 Penyebab Kita Sering Berbelanja Secara Impulsif


#6 BELANJA BARANG-BARANG PROMO DAN TERBARU

Kita adalah orang yang mudah sekali terbujuk dengan promo. Padahal bisa dibilang promo hanyalah strategi marketing untuk meningkatkan penjualan sebuah produk.

Jadi, kalau pun ada banyak promo yang ditawarkan di masa-masa Natal ini cobalah untuk menahan diri.

Karena penjual hanya ingin menjebakmu untuk mengeluarkan uang lebih banyak.

#7 MEMAKAI BERAGAM KARTU DEMI DAPATKAN DISKON

Apa kamu tergiur dengan banyaknya tawaran cashback atau bunga nol rupiah lewat kartu kredit atau debitmu?

Tanpa sadar kamu hanya akan menghabiskan uang hanya untuk mengejar cashback bukan memenuhi kebutuhanmu.

#8 TAKUT KEHILANGAN BARANG YANG DISUKAI

Jujur kadang aku juga terjebak dalam kebiasaan ini.

Ada banyak dari kita yang merasa takut kehilangan barang yang sudah terlanjur kita sukai. Kita takut barang itu gak lagi ada walaupun sebenarnya harganya cukup mahal.

Karena dorongan itulah, kita mau mengeluarkan berapapun untuk mendapatkannya.

#9 BELANJA LEBIH UNTUK MENDAPAT LEBIH BANYAK

Promo beli dua gratis satu akan membuat siapapun tergoda untuk belanja. Tapi benarkah barang yang ditawarkan adalah kebutuhan penting?

Kebanyakan dari kita hanya ingin mendapat lebih banyak barang daripada mendapat manfaatnya sepenuhnya. Jadi gak heran kalau banyak dari kita yang mulai menyesal karena terlalu banyak membeli barang yang bahkan gak pernah dipakai.

Banyak orang yang melakukan kesalahan keuangan. Tapi bukan berarti kesalahan itu gak bisa diperbaiki. Jadi sebelum terlanjur, yuk atur keuanganmu dengan baik. Sebisa mungkin simpanlah lebih banyak untuk hal yang jauh lebih penting.

Sumber : Usnews.com | Jawaban.com

Ikuti Kami