Lori Mora

Official Writer
869


Bagi para single, liburan adalah momen untuk melakukan hal-hal menyenangkan. Mungkin ada yang udah planning jalan-jalan ke luar negeri, pulang kampung, belanja-belanja atau ikut setumpuk acara-acara akhir tahun bareng teman.

Ada kalanya, sederet rencana liburan ini membuat kita malahlupa sama kebiasaan kita berdoa atau membaca Alkitab. Apa kamu pernah ngalamin momen ini?

Ya, liburan bisa jadi masa dimana kita makin jauh dari Tuhan. Bahkan buat berdoa aja kita suka lupa. Pastinya ini gak baik dong sama pertumbuhan rohani kita. Padahalkan, harusnya di musim liburan inilah kita perlu pertolongan Tuhan untuk selalu ada menjagai kita dan menolong kita dimana dan kemanapun kita berada.

Nah, buat para single yang merasa sulit untuk tetap membangun hubungan yang intim sama Tuhan selama liburan, kamu perlu melakukan 5 hal ini:

1. Buat jadwal baca Alkitab

Kedengarannya memang simple, tapi embaca Alkitab secara teratur setiap hari akan jadi PR besar. Khususnya buat single yang berencana mau jalan-jalan ke tempat baru.

Tapi gimanapun, kamu harus memaksa diri kamu untuk membaca Alkitab secara teratur setiap hari. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat jadwal rutin baca Alkitab setiap hari. Hal yang paling mudah adalah dengan mendengar versi audio Alkitab di ponselmu. Atau bacalah satu perikop ayat Alkitab saat dalam perjalanan. Palingan kamu hanya butuh 5 menit untuk melakukannya.

2. Fokus ke orang lain

Liburan bisa membuat kita fokus hanya ke diri kita sendiri. Kita hanya akan memuaskan keinginan dan rencana kita. Dan hal inilah yang akan membuat kita meninggalkan Tuhan di belakang.

Tapi saat kita fokus ke orang lain, kita sedang melayani Tuhan juga (1 Petrus 4: 10, Galatia 5: 13).

Bahkan saat dalam perjalanan liburan, di tempat baru, pun kamu bisa fokus melayani orang lain. Entah ngobrol dengan orang lain atau membantu seseorang yang butuh pertolongan.

3. Dengar musik rohani kapanpun

Musik rohani bisa membuat kita tetap terkoneksi dengan Tuhan.  Karena itu, dimana dan kemanapun kamu pergi cobalah untuk mendengar musik, entah lewat ponsel maupun kamu dengar di mobil.

Atau kalau kamu gak suka dengar musik, carilah beberapa podcast yang berisi renungan rohani atau pembahasan Alkitab.

Baca Juga: Ternyata Banyak Single Keluar dari Komunitas Gereja Karena 4 Alasan Ini Loh!

4. Ambil waktu untuk berdoa

Gak ada alasan untuk tidak peka mendengar Roh Kudus saat kamu sudah hidup di dalam Tuhan. Karena itu selalu ambil waktu untuk berdoa ketika ada sesuatu yang menggerakka hatimu. Atau kalau kamu terlalu sibuk, itu adalah waktu yang tepat untuk berdiam dan berdoa.

5. Rencanakan liburanmu dengan sengaja

Mengikuti keinginan orang lain ke semua orang hanya akan menguras tenaga dan pikiranmu. Dengan menyisihkan waktu selama 30 menit, untuk menyisihkan prioritas liburan akan sangat membantumu untuk lebih santai dalam menjalani liburan.

Intinya, kesibukan hanya akan membuat kita gak fokus. Kita perlu bersyukur kepada Tuhan untuk semua yang sudah Dia berikan buat kita. Bahkan saat dalam liburan, Dia gak akan pernah berhenti melakukan hal-hal yang besar atas hidup mu. Karena itu, tetaplah membangun hubungan baik dengan Tuhan selama liburan ini. Bahkan dalam kondisi yang begitu sibuk, tetaplah luangkan waktu untuk berdoa, baca firman Tuhan dan melayani orang lain.

Sumber : Relevantmagazine.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7250

Banner Mitra Juni Week 1-2