Lori Mora

Official Writer
710


Liburan adalah momen yang paling ditunggu oleh banyak orang. Jalan-jalan ke tempat baru, keliling kota, dan menikmati kuliner keliling yang dijajakan akan jadi salah satu hal yang banyak dilakukan. Tapi makan sembarangan justru akan menyebabkan masalah pencernaan.

Nah, supaya liburan berjalan lancar tanpa harus diganggu oleh sakit perut karena pola makan sembarangan, yuk ikutin beberapa tips ini.

Pastikan untuk memilih makanan yang sehat dan yang gak sehat

Makan memang hal yang menyenangkan. Apalagi kalau ketemu dengan jajanan enak dan bahkan murah. Sayangnya, jajanan pinggir jalan sangat berisiko menyebabkan sakit perut. Bisa jadi karena kurang bersih atau kurang steril.

Karena itu penting untuk memilah mana makanan yang sehat dan gak sehat untuk dimakan.

Atau untuk mengurangi hasrat jajan sembarangan, akan sangat baik untuk membawa bekal seperti buah segar yang jauh lebih sehat.

Hindari makanan yang memproduksi banyak gas

Ada beberapa makanan yang patut dihindari saat sedang menikmati liburan, diantaranya makanan yang mengandung asam dan beberapa produk susu hasil permentasi.

Akan lebih baik mengkonsumsi makanan yang aman di lambung, seperti sayur-sayuran hijau, buah, maupun oatmeal.

Atau saat kamu bepergian dengan memakai mobil, sediakanlah minuman dingin di dalam box pendingin khusus. Lalu buatlah stock yogurt atau minuman segar untuk menemani perjalananmu. Yogurt sendiri adalah minuman yang berfungsi untuk menjaga usus tetap baik. Karena mengandung bakteri baik.

Dan untuk menghindari makanan-makanan manis yang bisa meningkatkan kalori bawalah cokelat hitam sebagai cemilan selama perjalanan.


Baca Juga: 5 Fakta yang Kamu Belum Tahu Soal Pizza, Penasaran Kan?


Bawa makanan ringan dan air putih

Cobalah untuk memakan makanan yang tinggi protein, serat dan kaya nutrisi.

Misalnya, telur rebus, apel, dan juga yogurt. Cara ini akan sangat membantu menjaga kadar gula darah, menjaga supaya perut gak mudah lapar, dan mengontrol selera lidah.

Selain itu, cobalah untuk memilih tempat makan yang bersih untuk menghindari serangan bakteri yang bisa menyebabkan sakit perut. Dan yang gak kalah penting adalah tetap terhidrasi sepanjang hari dengan banyak minum air.

“Air bisa menyegarkanmu, membantu pencernaan berjalan dengan lancar, membantu fungsi organ dan meredakan rasa lapar. Pastikan untuk menambah asupan air, terutama jika kamu bepergian dengan pesawat yang sering menyebabkan dehidrasi,” kata Colette Heimowitz, seorang ahli gizi Atkins Nutritionals.

Atau saat kamu sedang berada di bandara, banyaklah minum air. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak kafein untuk menjaga energi. Pastikan juga untuk makan lebih sedikit untuk menjaga kondisi perut tetap aman selama perjalanan. 

Sumber : Health.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7252

Banner Mitra Juni Week 1-2