Lori Mora

Official Writer
611


Pizza adalah salah satu makanan ala barat yang banyak digelari di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Salah satu ciri khas dari pizza yang banyak digemari adalah baluran kejunya yang begitu menggoda. Bukan hanya bisa dinikmati dengan satu rasa, tapi pizza juga bisa dibuat dengan beragam rasa. Inilah dalah satu keuntungannya.

Selain itu, kamu perlu tahu 5 fakta tentang pizza ini. Penasarankan?

Fakta 1: Pizza adalah makanan orang miskin

Orang-orang Neopilta di Italia dengan bangga menyampaikan kalau mereka menciptakan pizza, tapi mungkin lebih akuratnya lagi, mereka menyempurnakannya. Pizza yang sebelumnya hanyalah tepung yang dibakar di atas loyang bulat, kini dipadu dengan topping beraneka ragam dan ide ini hidangkan ini terus diwariskan sampai sekarang.

Di abad ke-6 SM, tentara Persia memakan roti pipih dengan keju dan kurma. Tapi orang-orang Napoli adalah orang pertama yang menaruh tomat di atas ropi tersebut.

Yang paling mengejutkannya adalah pizza pada awalnya adalah makanan untuk orang miskin, karena dianggap murah, mengenyangkan dan bisa dijadikan bekal saat dalam pelarian.

Di Italia, kata pizza mengacu pada apapun yang dibuat dan diremas dengan tangan.

Fakta 2: Pizza margherita tidak melambangkan negara Italia

Ceritanya, pizza ini menjadi terkenal di luar Napoli pada tahun 1889 saat seorang tukang roti setempat bernama Raffaele Espisito membuat tiga jenis pizza untuk Ratu Margherita dan suaminya Raja Umberto I, saat dalam perjalanan ke Italia. Ratu pun suka dengan versi pizza yang dibalur dengan topping keju, tomat, kemangi dan mozzarella. Kebetulan pula warnanya menyerupai bendera Italia. Karena hal itulah Esposito akhirnya menamai pizza tersebut dengan nama Margherita dan sampai hari ini pizza tersebut masih bisa dinikmati di restoran pizza di Naples tempat pizza itu dibuat.

Sayangnya, seorang sejarawan pizza Scott Wiener membantah kebenaran cerita tersebut. Dia menyampaikan kalau cerita itu hanyalah taktik pemasaran saja.

Fakta 3: Pizza di Amerika berbeda dengan pizza di Italia

Pizza mulai muncul di Amerika pada tahun 1800-an. Hari ini, pizza bahkan menjadi salah satu makanan yang paling populer ketiga di Amerika. Tapi faktanya, pizza di Amerika ternyata tidak sama dengan pizza di Italia. Salah satu perbedaannya adalah terletak di bagian kerak pizza dimana pizza Italia cenderung lebih tipis dan tidak begitu menonjolkan topping.

Sementara Amerika telah menciptakan beragam jenis pizza termasuk New York, pizza dengan irisan tipsi besar yang bisa dilipat, di Chicago pizza dibuat dengan bagian kerak yang tebal.

Fakta 4: Pizza Hawaii dibuat oleh orang Kanada

Pembuat pizza Hawaii pertama adalah seorang Kanada yang berasal dari Yunani. Namanya Sam Panopoulos. Dia pindah di usia 20 tahun ke Kanada. Di sana dia memutuskan untuk menaruh ham dan nanas di atas pizza di salah satu restoran di Ontario. Akhirnya pizza itu pun menjadi tren di masa itu dan sampai sekarang.

Fakta 5: Pizza dijadikan sebagai ritel bisnis

Untuk pertama kalinya Chuck E Cheese memakai pizza sebagai lahan untuk bisnis, dimana pizza ini dijual murah, dibuat dengan adonan sederhana dan saus yang enak.

Seperti diketahui, pizza adalah hidangan gurih dari Italia yang dibuat menyerupai roti bundar dan pipih. Roti ini dipanggang dan biasanya dilumuri dengan saus tomat serta keju dan bahan tambahan lainnya. Keju yang dipakai untuk hal ini adalah mozzarella atau keju pizza.

Menyambut perayaan Natal kali ini, banyak keluarga yang pastinya akan memilih menyantap pizza sebagai hidangan jamuan makan. Ada begitu banyak pilihan yang bisa kalian coba. Silahkan mencicipinya dengan penuh cinta.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7252

Banner Mitra Juni Week 1-2