Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
915


Jelang Natal, Serangan Teroris di Kenya dan Somalia Meningkat Sebabkan Belasan Orang Tewas

Belasan orang Kristen tewas dibunuh pada 6 Desember 2019 lalu saat dalam perjalanan karena bus mereka diserang oleh kelompok teroris Al-Shabaab di Kenya, demikian berita yang dirilis sebuah lembaga pengamat persekusi terhadap orang Kristen.

Tempat terjadinya penyergapan

Polisi menyatakan bahwa sekelompok orang bersenjata menyergap sebuah bus yang berangkat dari Nairobi dengan tujuan ke Mandera, sebuah wilayah dekat perbatasan Somalia.

Menurut penuturuan Kamandan Polisi wilayah Wajir, Stephen Ngetich kepada wartawan, teroris memberhentikan bus diantara kota Kutulo dan Wargadud, yang merupakan wilayah Wajir. Kemudian penumpang bus dipisahkan, dimana orang non-lokal kemudian di eksekusi di tempat.

Jumlah korban masih simpang siur

Jumlah korban hingga saat ini masih belum jelas, karena ada berbagai pernyataan, salah satunya dari kantor presiden yang menyatakan bahwa total korban ada delapan orang sedangkan kantor berita AFP menyatakan 10 orang, dimana sebagian besar adalah anggota polisi.

Kelompok teroris Al-Shabaab adalah sebuah kelompok jihad yang sudah bertahun-tahun melakukan pemberontakan untuk menumbangkan pemerintah Somalia, mereka mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. Al-Shabaab menyatakan bahwa korban yang mereka bunuh adalah “agen mata-mata dan pegawai pemerintah.”

Baca juga : 

Orang Kristen Dieksekusi Mati di Somalia

Masuk Nominasi Oscar, Film Ini Kisahkan Persaudaraan Kuat Antarumat Beragama di Kenya. Wajib Nonton!

Menurut Morning Star New,  di dalam bus tersebut terdapat 56 orang penumpang saat kejadian penyerangan. Saksi mata menyatakan bahwa ada 11 orang Kenya yang dipisahkan dari penumpang. Saat penumpang dari etnis Somalia naik ke bus kembali, ke 11 orang tersebut diberondong peluru.

Berdasarkan data dari International Christian Concern (ICC ) setidaknya ada 9 orang Kristen tewas dan 2 orang lainnya masih hilang dan dipercaya telah tewas juga. Korban tersebut adalah Athanus Kiti, Enos Odhiambo, Kelvin Mandela, Wisely Meli, Tikane Kasale, Leonard Mukanda, Francis Mbuvi, Rodgers Machuka, dan Anchari Okerosi.

Dua orang korban adalah guru dari gereja Injili, tiga orang beragama Katolik dan seorang lagi adalah dokter dari gereja Afrika Inland Church. Sedangkan data dari korban lainnya masih belum diungkap.

Presiden Kenya mengutuk serangan berdarah itu

Meresponi insiden ini Presiden Kenya Uhuru Kenyatta mengutuk dan meminta agar pihak keamanan untuk memburu para pelaku.

“Pemerintah tidak akan membiarkan tindakan kekerasan oleh kelompok criminal termasuk tersangka teroris, karena sudah merupakan tugas serius pemerintah untuk melindungi kehidupan dan harta benda masyarakat Kenya,” demikian rilis berita dari Juru Bicara Kepresidenan.

“Kepala negara selanjutnya mengirimkan peringatan keras dan pengingat kepada elemen-elemen sesat yang beroperasi di dalam dan di luar perbatasan nasional kita dan tindakannya yang membahayakan warga Kenya yang tidak bersalah, sehingga segala upaya akan dilakukan untuk menetralisir ancaman tersebut,” demikian tegasnya.

Serangan teror kembali terjadi di ibu kota Somalia

Selain serangan terhadap bus tersebut, pada Selasa (11/12/2019) lalu sebuah hotel di ibu kota Somalia, Mogadishu juga mengalami serangan mematikan. Setidaknya tiga warga sipil dan dua orang tantara tewas. Serangan tersebut dilakukan oleh lima pria bersenjata, yang melumpuhkan pihak keamanan hotel dan menyerbu hotel kelas atas bernama SYL Hotel tersebut.

Polisi memperingatkan bahwa serangan dari kelompok teroris Al-Shabaab tersebut kemungkinan masih bisa terjadi lagi, untuk itu semua pihak diminta untuk waspada. 

Baca juga : 

Salut! 20 Pekerja Kristen Di Kenya Diselamatkan Sekelompok Muslim dari Serangan Teroris
Akibat Pindah Agama, Orang ini Disiksa Kelompok Al-Shabaab Somalia

Sumber : Christianpost.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hendriawan Purnama 21 January 2020 - 22:30:41

Sodom

0 Answer

shierly halim 21 January 2020 - 10:16:15

contact us

0 Answer

Enda Napitupulu 19 January 2020 - 12:18:53

Bolehkan kita bekerja di lembaga syariah?

1 Answer


[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

Banner mitra januari 4


7264

Banner mitra januari 4