Masuk Nominasi Oscar, Film Ini Kisahkan Persaudaraan Kuat Antarumat Beragama di Kenya. Wajib Nonton!

Entertainment / 27 January 2018

Kalangan Sendiri

Masuk Nominasi Oscar, Film Ini Kisahkan Persaudaraan Kuat Antarumat Beragama di Kenya. Wajib Nonton!

Lori Contributor
3312

Film WatuWote: All of Us, yang diluncurkan untuk pertama kalinya di kota Nairobi, Kenya berhasil mendapatkan satu tiket menuju ajang perfilman Hollywood, Akademi Oscar dengan kategori Film Pendek Bergenre Akting.

Film berdurasi 22 menit memang diangkat dari kisah nyata serangan teroris yang terjadi di sebuah bus menuju Mandera, kota kecil di timur laut Kenya (berbatasan dengan Somalia) yang terjadi pada bulan Desember 2015 lalu. Serangan yang dilakukan oleh kelompok teroris Al-Shabaab ini dilakukan untuk menargetkan orang-orang Kristen Kenya. Untungnya, aksi itu berhasil digagalkan para penumpang Muslim yang menolak untuk mengikuti perintah kelompok teroris itu.

Untuk menyelamatkan orang-orang Kristen yang ada diantara penumpang bus tersebut, mereka yang Muslim justru berusaha melindungi mereka.

Peristiwa ini terjadi tepat menjelang Natal. Bus yang berisi 100 orang itu rencananya hendak menuju ke perbatasan dekat Somalia dan Ethopia. Rute itu memang cukup rawat. Sehingga setiap bus diberikan pengamanan dari pihak kepolisian. Sayangnya saat itu pihak berwenang tak bisa mengawal bus dan dibiarkan bepergian sendiri. Saat itulah kelompok teroris mengambil kesempatan untuk menyerang dan menghabisi orang-orang Kristen yang ada di dalam bus.

Saat mulai diancam, para penumpang Muslim, yang kebanyakan diantaranya wanita, justru menolak perintah kelompok itu. Mereka pun mulai memberikan wanita Kristen jilbab supaya tak mudah dikenali.

Para wanita itu justru mengancam kelompok teroris tersebut dengan mengatakan, “Kalau kalian mau membunuh kami, bunuh saja. Tidak ada orang Kristen di sini.”

Merasa tak tega membunuh semua penumpang, kelompok teroris itupun akhirnya pergi. Tapi seorang pria yang hendak melarikan diri dan sopir bus tewas ditembak.

Kisah mengerikan ini pun menginspirasi penggiat film mengangkat kisah ini ke layar kaca. Namun tak diduga, film pendek yang berisi kuatnya persaudaraan antar umat beragama di Kenya. Meskipun mereka berbeda agama, tapi para penumpang bus itu merasa harus saling melindungi sebagai saudara. Tindakan inilah yang dinilai harus disebarluaskan kepada dunia lewat film Watu Wote.

Buat kamu yang penasaran banget, buruan makanya nonton filmnya ya. 

Baca juga : 

Orang Kristen Dieksekusi Mati di Somalia

Akibat Pindah Agama, Orang ini Disiksa Kelompok Al-Shabaab Somalia

Sumber : Daily Mail/Cbn
Halaman :
1

Ikuti Kami